Istiqamah dan Do’a Memohon Keteguhan Iman dan Kebulatan Tekad


Apa kaitannya antara keimanan dan keistiqomahan? Orang yang beriman kepada Allah, untuk senantiasa meneguhkan din dalam keimanan dan keistiqomahan. Tidak terpisahnya jasad ini kecuali dalam keadaan ridho dan diridhoi Allah. Di atas jalan kebenaran.
Saat Sufyan bin Abdillah bertanya kepada Rasulullah, `Ya Rasulullah, katakanlah kepadaku suatu ungkapan tentang Islam, dimana aku tidak akan lagi menanyakannya kepada seseorangpun selain engkau’. Maka Rasulullah menjawab;
“Katakanlah, aku beriman kepada Allah, kemudian beristiqomahlah.” (HR. Muslim).
Istiqomah adalah teguh dan lurus di atas jalan kebenaran dengan melaksanakan perintah-perintah-Nya dan menjauhi larangan-larangan-Nya. Istiqomah juga dapat diartikan orang-orang yang beramal hanya semata-mata untuk Allah dengan penuh keikhlasan.

 
Orang yang istiqomah adalah orang yang tidak takut akan kematian dan tidak bersedih hati saat kematian itu datang. Kematian adalah pintu untuk bertemu dengan Allah, Dzat yang sangat ia cintai. Sementara meninggalkan dunia berarti Allah telah mencukupkan urusannya di dunia. Allah mengganti yang lebih baik dengan surga di akherat dengan segala kenikmatan dan kesenangan yang belum pernah terbayang dan berlintas dalam pikiran dan hati manusia.
Allah berfirman;
“Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan: “Rabb kami ialah Allah” kemudian mereka meneguhkan pendirian mereka, maka malaikat akan turun kepada mereka (dengan mengatakan): “Janganlah kamu merasa takut dan janganlah kamu merasa sedih; dan bergembiralah kamu dengan (memperoleh) jannah yang telah dijanjikan Allah kepadamu” Kamilah Pelindung-pelindungmu dalam kehidupan dunia dan di akhirat; di dalamnya kamu memperoleh apa yang kamu inginkan dan memperoleh (pula) di dalamnya apa yang kamu minta.” (Fushilat [ 41]: 30 – 31)
Inilah akhir keimanan yang istiqomah di jalan Allah. Berdiri tegak di atas kebenaran. Tunduk dan patuh terhadap perintah Allah serta penuh kepasrahan dan keikhlasan semata-mata mencari kerindhoaan-Nya. Allah swt. Berfirman:
“Hai orang-orang yang beriman, bertaqwalah kepada Allah sebenar-benar taqwa kepada-Nya; dan janganlah sekali-kali kamu mati melainkan dalam keadaan beragama Islam.” (Ali Imran [3]: 102)
Jika Allah memberikan panjang usianya, maka usianya penuh manfaat dan barokah. Jika Allah mematikan, maka kernbalinya dalam keadaan husnul khotimah. Allah ridho dan iapun ridho terhadap-Nya. Shalat mengantarkan seseorang untuk senantiasa gemar beramal, penuh keikhlasan, dengan keteguhan, kesungguhan dan keistiqomahan.
Dari Syaddad bin Aus radhiyallahu ‘anhu berkata: “Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa salam mengajarkan kepada kami beberapa kalimat doa untuk kami baca dalam shalat kami atau selesai shalat kami, yaitu:
اللهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ الثَّبَاتَ فِي الْأَمْرِ، وَأَسْأَلُكَ عَزِيمَةَ الرُّشْدِ، وَأَسْأَلُكَ شُكْرَ نِعْمَتِكَ، وَحُسْنَ عِبَادَتِكَ، وَأَسْأَلُكَ قَلْبًا سَلِيمًا، وَلِسَانًا صَادِقًا، وَأَسْتَغْفِرُكَ لِمَا تَعْلَمُ، وَأَسْأَلُكَ مِنْ خَيْرِ مَا تَعْلَمُ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا تَعْلَمُ “

Ya Allah, aku memohon kepada-Mu keteguhan dalam perkara (keimanan), aku memohon kepada-Mu tekad bulat yang benar, aku memohon kepada-Mu rasa syukur atas nikmat-Mu dan ibadah dengan baik kepada-Mu, aku memohon kepada-Mu hati yang bersih dan lisan yang jujur. Aku memohon ampunan-Mua atas (dosa-dosaku) yang Engkau pasti mengetahuinya, aku memohon kepada-Mu dari kebaikan yang Engkau pasti mengetahuinya dan aku berlindung kepada-Mu dari keburukan yang Engkau pasti mengetahuinya.” (HR. Ahmad no. 17133, Tirmidzi no.3407, An-Nasai no. 1304, Ibnu Hibban no. 935, Ath-Thabarani no. 7157 dan lain-lain. Syaikh Syu’aib al-Arnauth berkata: Hadits hasan dengan banyaknya sanadnya)
Share on Google Plus

About Admin

Khazanahislamku.blogspot.com adalah situs yang menyebarkan pengetahuan dengan pemahaman yang benar berdasarkan Al-Qur'an dan As-Sunnah dengan pemahaman generasi terbaik dari para sahabat Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam beserta pengikutnya.
    Blogger Comment

0 komentar:

Post a Comment


Terima Kasih Telah Berkunjung di khazanahislamku.blogspot.com

Berikan Komentar dengan Penuh ETIKA untuk kita Diskusikan bersama