54. Al Matiin ( المتين ) Yang Maha Kokoh


Artinya :

Dzat yang sangat kokok, yaitu Dia sangat kokok dan berkekuatan yang tidak pernah luntur. Kokok diatas segala-galanya diseluruh kekuasaanNya.

 
ALLAH adalah Maha Sempurna dalam kekuatan dan kekukuhan NYA. Kekuhan dalam prinsip sifat2 nya, tidak akan Allah melemahkan suatu sifatnya, sebagaimana manusia... Maha Sempurna ALlah dari sifat manusiawi. Allah juga maha kukuh dalam kekuatan kekuatannya oleh karena itu Sifat AL Matin adalah kehebatan perbuatan yang sangat kokoh dari kekuatan yang tidak ada taranya.

Kekukuhan Allah yang memiliki rahmat dan azab terbukti ketika Allah memberika rahmat NYA kepada hamba hamba NYA tidak ada apapun yang dapat menghalangi rahmat ini untuk tiba kepada sasarannya

Demikian juga tidak ada kekuatan yang dapat mencegah pembalasan NYA. Kemurkaan dan azab NYA akan mengenai sasaran tanpa meleset sedikitpun atau sekali pun.

Seorang hamba harus mengharapkan agar semua kebaikan dan keindahan datng dari ALLAH dan hanya takut kepada azab ALLAH. Dengan demikian semua rasa takut yang lain hilang dari hati hamba hambanya yang telah tertambat kepada Tuhan mereka.

Hamba al matin adalah hamba yang dikaruniai dan diberikan oleh Allah mengetahui rahasia sifat kekuatan dan kekukuhan ALlah yang meliputi segala Kekuatan. Hal tersebut membuatnya berpegang teguh pada tali agamanya dan tidak ada sesuatupun yang dapat membuatnya berpaling. Tidak ada kesuliatan yang melelahkannya dan tidak ada yang dapat memisahkannya dari Yang Maha Benar, dan dalam membela kebenaran tiak ada seorangpun yang dapat mengancam atau membuatnya diam.

Seorang hamba yang menemukan kekuatan dan kekukuhan ALlah akan membuatnya menjadi manusia yang tawakal. memiliki kepercayaan dalam jiwanya dan tidak merasa rendah di hadapan manusia lain, ia akan selalu merasa rendah di hadapan ALLAH SWT,  Hanya Allah yang maha mennilai, oleh karena itu, Allah melarang manusia bersikap atau merasa lebih dari saudara nya karena hanya Allah yang Maha Mengetahui baik buruknya seorang hamba. Allah juga menganjurkan manusia bersabar.. karena Allah Maha tahu apa yang terbaik untuk hamba NYA karena kekuatan dan kekukuhan NYA yang tidak terhingga .. tidak terbayangkan oleh manusia yang lemah dan tidak memiliki daya upaya.
Share on Google Plus

About Admin

Khazanahislamku.blogspot.com adalah situs yang menyebarkan pengetahuan dengan pemahaman yang benar berdasarkan Al-Qur'an dan As-Sunnah dengan pemahaman generasi terbaik dari para sahabat Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam beserta pengikutnya.
    Blogger Comment

1 komentar:


Terima Kasih Telah Berkunjung di khazanahislamku.blogspot.com

Berikan Komentar dengan Penuh ETIKA untuk kita Diskusikan bersama