Kenapa Hari Jum’at Begitu Penting Dalam ISLAM ?

Segala puji bagi Allah . 

Jumat memiliki banyak fitur yang membedakan dan kebajikan yang Allah telah berikan kepada hari ini dan bukan orang lain .

Diriwayatkan bahwa Abu Hurairah dan Hudzaifah ( ra ) berkata: Rasulullah ( salallahu ‘alaihi wasalam) berkata : ” Allah memimpin orang-orang yang datang sebelum kita jauh dari hari Jumat . Orang-orang Yahudi memiliki hari Sabtu, dan orang-orang Kristen memiliki Minggu. Kemudian Allah membawa kita dan Allah menuntun kita sampai Jumat . Jadi ada Jumat, Sabtu dan Minggu , dan dengan demikian mereka akan mengikuti kami di hari kiamat . Kami adalah yang terakhir dari orang di dunia ini tetapi kami akan menjadi yang pertama pada hari kiamat , dan kami akan dihisab terlebih dahulu sebelum Ummat lain nya. “ HR. Muslim , 856 .

Al – Nawawi mengatakan :

Al – Qadhi berkata : Maknanya jelas adalah bahwa itu adalah wajib bagi mereka untuk menghormati hari Jumat tapi ini tidak dinyatakan dengan jelas , masalah ini diserahkan kepada penalaran mereka sendiri … Tapi mereka tidak berhasil untuk bekerja keluar dan Allah tidak membimbing mereka untuk itu . Itu diperintahkan jelas pada ummat ini , dan tidak diserahkan kepada penalaran mereka sendiri , sehingga mereka diberkahi dengan itu … Diriwayatkan bahwa Moosa memerintahkan Jumat atas mereka dan mengatakan kepada mereka tentang kebajikan , tetapi mereka membantah dengan dia dan berpendapat bahwa Sabtu adalah lebih baik , dan dikatakan kepadanya , ‘ Biarkan mereka menjadikannya . ‘ Al – Qadhi mengatakan : jika ada perintah yang jelas , mereka berdebat dengan dia tidak akan berlaku , melainkan akan telah mengatakan kepadanya bahwa mereka akan terhadap perintah . Saya katakan : mungkin bahwa yang jelas diperintahkan kepada mereka namun mereka membantah apakah itu adalah sesuatu yang mereka harus mematuhi atau mereka bisa mengubahnya ke hari lain , mereka memutuskan untuk mengubahnya ke hari lain dan mereka keliru sangat demikian .

Kedatangannya sebagai tidak mengherankan bahwa Jumat secara khusus diperintahkan kepada mereka dan mereka pergi melawan itu.

Al -Hafidz berkata : Bagaimana bisa sebaliknya ketika mereka adalah orang-orang yang mengatakan, “Kami mendengar dan kami taat ” ?

Diriwayatkan dari Aws bin Aws bahwa Nabi ( salallahu alaihi wasalam ) berkata : ” Yang terbaik dari hari-hari Anda adalah hari Jumat . Pada hari itu Adam ( saw ) diciptakan , pada hari itu ia meninggal , pada hari itu sangkakala akan ditiup dan pada hari itu semua ciptaan akan pingsan . Jadi hari jum’at memberikan banyak berkah kepada ku, karena berkat Anda akan diperlihatkan kepadaku . ” Mereka berkata , ” Wahai Rasulullah , bagaimana berkat-berkat kita kepada Anda akan ditampilkan kepada Anda ketika Anda telah berubah menjadi debu ? ” Dia berkata , ” Allah telah melarang bumi untuk mengkonsumsi tubuh para nabi , damai atas mereka . “

Diriwayatkan oleh Abu Dawud , 1047 ; dishahihkan oleh Ibnu al- Qayyim dalam komentarnya pada Sunan Abi Dawud , 4/273 ; dishahihkan oleh Al-Albani dalam Shahih Abi Dawud , 925 .

Diriwayatkan bahwa Abu Hurairah ( ra ) berkata: Rasulullah ( salallahu alaihi wasalam ) berkata : ” Hari terbaik dimana matahari terbit adalah hari Jumat . Di atasnya Adam diciptakan , di atasnya ia dirawatkan tinggal di surga dan di atasnya ia diusir darinya . “ HR. Muslim , 1410.

Hadits ini mencakup beberapa alasan mengapa Jumat dianggap sebagai khusus.

Al – Nawawi mengatakan :

Al – Qadhi ‘ Iyaad mengatakan : Arti jelas adalah bahwa kebajikan ini tidak berarti bahwa Jumat dianggap sebagai istimewa karena Adam diusir pada hari Jumat dan kiamat akan dimulai pada hari Jumat . Melainkan dimaksudkan untuk menjelaskan apa peristiwa penting terjadi dan akan berlangsung pada hari ini , sehingga orang akan membuat sebagian besar hari ini untuk melakukan amal saleh , sehingga untuk mencapai rahmat Allah dan menangkal hukuman -Nya . Ini adalah pandangan al- Qadhi . Abu Bakr ibn al-’ Arabi mengatakan dalam bukunya al- fi Syarh Ahwadhi al- Tirmidzi : Semua peristiwa ini baik dan menambah kebajikan Jumat. Pengusiran Adam dari surga adalah alasan mengapa keturunannya dan rasul , para nabi , orang-orang benar dan awliya ‘ ada. Dia tidak diusir dari seperti itu , melainkan itu untuk suatu tujuan , maka ia akan kembali ke sana . Berkenaan dengan Hour dimulai pada hari Jumat , alasannya adalah agar pahala dapat dipercepat untuk para nabi , orang-orang percaya dalam kebenaran , awliya ‘ dan lain-lain , dan kehormatan mereka dan status yang tinggi mungkin menjadi nyata . Ini hadits poin untuk kebaikan Jumat dan status yang tinggi dalam kaitannya dengan hari-hari lain .

Diriwayatkan bahwa Abu Lubaabah ibn ‘ Abd al- Mundzir berkata: Nabi ( damai dan berkah Allah besertanya ) berkata : ” Jumat adalah penguasa hari , dan yang terbesar dari mereka sebelum Allah . Hal ini lebih besar sebelum Allah dari pada hari Adha dan hari Fitri. Ia memiliki lima karakteristik : pada hari ini Allah menciptakan Adam , di atasnya Dia mengirim Adam ke bumi , di atasnya Allah menyebabkan Adam mati , di atasnya ada waktu ketika seseorang tidak meminta Allah untuk apa pun kecuali Dia memberikannya kepada dia, selama dia tidak meminta apa-apa haram , dan di atasnya Hour akan dimulai. Tidak ada malaikat yang dekat dengan Allah , tidak ada surga, tidak ada bumi , tidak ada angin , tidak ada gunung dan ada laut yang tidak takut Jumat. “

Diriwayatkan oleh Ibnu Majah , 1084 ; digolongkan sebagai hasan oleh Syekh al – Albani dalam Shahih al- Jami ‘ , no. 2279

Al – Sanadi mengatakan :

” Mereka takut Hari Jum’at” berarti mereka takut terjadinya kiamat . Hal ini menunjukkan bahwa semua makhluk sadar akan hari dan mereka tahu bahwa hari kiamat akan datang pada hari Jumat .

Keutamaan hari ini meliputi :

1 – Di atasnya adalah Salaat al- Jumu’ah ( shalat Jumat ) , yang merupakan yang terbaik dari doa .
Allah berfirman ( interpretasi artinya ) :

” Hai orang yang beriman ( Muslim ) ! Bila panggilan diproklamasikan untuk shalat ( shalat ) pada Jumat ( shalat Jum’at ) , datang ke mengingat Allah [ bicara Jumu'ah agama ( Khutbah ) dan shalat ( doa ) ] dan meninggalkan dari bisnis ( dan setiap hal lain ) . Itu lebih baik untuk Anda jika Anda tidak tahu tapi ! “
[ al - Jumu'ah 62:9 ]

Muslim ( 233 ) meriwayatkan dari Abu Hurairah ( ra ) bahwa Rasulullah ( SAW ) berkata: ” shalat lima waktu dan dari satu Jumu’ah ke yang berikutnya adalah kafarat untuk apa pun dosa datang di antara mereka , selama seseorang tidak melakukan dosa besar . “

2 – Berdoa Fajr berjamaah pada hari Jumat adalah doa terbaik yang Muslim dapat berdoa selama seminggu . Diriwayatkan bahwa Ibnu ‘ Umar berkata: Rasulullah ( SAW ) berkata : ” . Doa terbaik kepada Allah adalah shalat Fajar , Jumat berjamaah “
 
Diriwayatkan oleh al- Baihaqi di Shu’ab al – Eemaan , dishahihkan oleh Al – Albani dalam Shahih al- Jami ‘ , 1119
 
Salah satu fitur khusus dari shalat Fajar pada hari Jumat adalah bahwa itu adalah Sunnah untuk membacakan surat Al – Sajdah di raka’at pertama dan surat Al – Insaan di kedua.
 
Diriwayatkan dari Abu Hurairah ( semoga Allah senang dengan dia ) bahwa Nabi ( damai dan berkah Allah besertanya ) digunakan untuk membaca dalam shalat Fajar di hari Jumat Alif Laam – Mim – Tanzeel ( surat Al – Sajdah ) di pertama raka’at dan Hal ata ‘ ala’l – insaan heenun min al- dahr lam yakun shay’an madhkooran ( surat Al – Insaan ) di kedua.
Diriwayatkan oleh al – Bukhari , 851 , Muslim , 880 .
 
Al – Hafidz Ibnu Hajar mengatakan :

Dikatakan bahwa alasan mengapa dua surat ini dibacakan karena mereka menyebutkan penciptaan Adam dan apa yang akan terjadi pada hari kiamat , karena yang akan terjadi pada hari Jumat .

3 – Siapapun yang meninggal pada siang hari atau malam Jumat , Allah akan melindunginya dari percobaan kuburan.

Diriwayatkan bahwa Abdullah bin ‘ Amr berkata: Rasulullah ( damai dan berkah Allah besertanya ) berkata : “Tidak ada Muslim yang meninggal selama hari Jumat atau malam Jumat kecuali Allah akan mengharamkan dia dari persidangan kubur . “

Diriwayatkan oleh al- Tirmidzi , 1074 ; dishahihkan oleh Al – Albani dalam al- hukum yang berlaku Janaa’iz , p . 49 , 50
Ini adalah beberapa kebajikan Jumat. Kami meminta Allah untuk membantu kita untuk menyenangkan Dia.

Dan Allah tahu yang terbaik.
Share on Google Plus

About Admin

Khazanahislamku.blogspot.com adalah situs yang menyebarkan pengetahuan dengan pemahaman yang benar berdasarkan Al-Qur'an dan As-Sunnah dengan pemahaman generasi terbaik dari para sahabat Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam beserta pengikutnya.
    Blogger Comment

0 komentar:

Post a Comment


Terima Kasih Telah Berkunjung di khazanahislamku.blogspot.com

Berikan Komentar dengan Penuh ETIKA untuk kita Diskusikan bersama