76. Al Baathin ( الباطن ) Yang Maha Ghaib


Artinya :

Dzat yang maha batin (gaib), yaitu Dia tidak bisa dilihat dengan indra mata kita. Akan tetapi bisa dilihat dengan mata hati. Sebagaimana yang dikatakan oleh semua ahli tasawwuf.


Allah Maha Tersembunyi. Jika ada mahluk maka pastilah ada sang Pencipta (Khalik). Namun untuk benar benar mengenal sang Pencipta adalah sesuaty yang mustahil bagi sang Mahluk karena keterbatasannya, baik pengetahuan, pemikiran dan pemahaman. Allah yang Maha tinggi adalah zat yang kekal, tanpa awal dan tanpa akhir serta tdak terbatas. Pengetahuan dan kekuatan NYA tidak akan pernah pudar dan habis. Karena ketidak terbatasan itulah ALlah menjadi tersembunyi karena ALlah tidak dapat di duga dan ketidak terbatasan Dzat NYA.

Rasulullah SAW memerintahkan kita untuk merenungkan sifat2 Allah dan merlarang ktia berfikir lebih jauh dari itu. Hanya Allah yang mengetahui Dzat NYA dan kita tidak mempunyai kemampuan untuk memikirkannya. Untuk membukan hatis seseorang agar menerima manifestasi nama ini, keadaan batin dan lahir seorang mukmin haruslah sama. Dan pada saat yang sama dia harus menjauhkan diri dari berupaya menemukan dosa orang lain.

Rasulullah bersabda " ALlah tidak akan melihat pada paras lahirmu tetapai melihat kepada perbuatan mu yang tersembunyi dan kepada hatimu"

Ya ALlah ampunilah dosaku yang nampak maupun yang tersembunyi, jagalah aku dan keluargaku dari dosa dosa yang akan datang dan ampunilah dosa dosa kami, Ya Allah jadikanlah keluarga kami memilki perilaku yang selaras dengan akhlakul karimah Rasulullah dan dapat mematuhi seluruh hukum NYA agar dapat membantu mewujudkan keselamatan dan perdamaian bagi umat manusia. AMin ya Rabbal Alamin.
Share on Google Plus

About Admin

Khazanahislamku.blogspot.com adalah situs yang menyebarkan pengetahuan dengan pemahaman yang benar berdasarkan Al-Qur'an dan As-Sunnah dengan pemahaman generasi terbaik dari para sahabat Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam beserta pengikutnya.
    Blogger Comment

0 komentar:

Post a Comment


Terima Kasih Telah Berkunjung di khazanahislamku.blogspot.com

Berikan Komentar dengan Penuh ETIKA untuk kita Diskusikan bersama