68. As Shamad ( الصمد ) Yang Maha Dibutuhkan, Tempat Meminta


Artinya :

Dzat yang maha menjadi tempat bergantung, yaitu Dia tempat bergantung dan bersandar semua makhlukNya, sebagaimana manusia segala sesuatunya telah bersandar kepadaNya.
 
ALLAH adalah pemenuh semua kebutuhan mahluknya. DIA lah satu satunya penolong, tempat memohon bantuan, dan ketika manusia dapat membebaskan dirinya dari semua kesultian dan penderitaan dan mendaat semua yang dibutuhkannya melalui rahmat nama ini. Adanya sifat Al Shomad lah pertanda Allah membagikan kekayaan yang tidak habis habisnya kepada seluruh mahluk sesuai dengan kebutuhan mereka.

Allah yang memenuhi semua kebutuhan selalu ada dan mengetahui semua kebutuhan mahluk NYA sebelum mahluk tersebut mengetahui kebutuhannya. Allah memenuhi semua kebutuhan maluknya sebagai mana mestinya, bukan dengan cara yang kita inginkan bagaimana seharusnya kebutuhan itu terpenuhi. Manusia harus menyadari kebutuhannya dan memohon kepada NYA agar semua kebutuhannya terpenuhi, namun ia harus bersyukur atas cara yang di pandang NYA cocok untuk memenuhi nya. Hal tersebut dikarenakan Allah Maha Mengetahui, Pemurah, Penyayang dan Pemenuh semua Kebutuhan. Allah akan lebih mencintai hamba NYA yang taat dari pada yang lalai dan mencintai hamba NYA yang bersyukur dari pada yang tidak bersyukur.

Ya Rabb, Engkaulah Yang Maha Dibutuhkan dan menjadi tujuan, Tuhan yang menguatkan dan yang memberi nikmat bagi semua keinginan. Aku hadapkan wajahku kepada MU sehingga aku berlari menuju MU, semoga aku bertemu dengan MU dengan risalah ke esaan MU. Jadikan aku hanya bersandar kepada MU.

Ya Rabb, pancarkan hati kamu dengan cahaya Al Shamad, liputi hati kami dengan cahaya MU yang maha Luhur dan Agung, jadikanlah totalitas kami hanya kepada MU, sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu.


(Allah yang Memenuhi semua kebutuhan selalu ada, mengetahui kebutuhanmu sebelum engkau mengetahuinya, memenuhi kebutuhanmu sebagaimana mestinya, bukan dengan cara yang kau kira bagaimana seharusnya kebutuhan itu terpenuhi)
Share on Google Plus

About Admin

Khazanahislamku.blogspot.com adalah situs yang menyebarkan pengetahuan dengan pemahaman yang benar berdasarkan Al-Qur'an dan As-Sunnah dengan pemahaman generasi terbaik dari para sahabat Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam beserta pengikutnya.
    Blogger Comment

0 komentar:

Post a Comment


Terima Kasih Telah Berkunjung di khazanahislamku.blogspot.com

Berikan Komentar dengan Penuh ETIKA untuk kita Diskusikan bersama