45. Al Waasi` ( الواسع ) Yang Maha Luas



Artinya :

Dzat yang maha luas, yaitu Dia sangat luas kekuasaanNya, berikut luas dalam segala-galanya. Keluasan kekuasaan Allah ini tidak terbatas, sebagaimana kekuasaan-kekuasaan yang dimiliki oleh raja-raja.

DIA lah yang memiliki segala sifat yang Maha Luas baik pengetahuan NYA, Rahmat NYA, kekuasaan NYA, kemurahan NYA dan sifat sifat indah lainnya yang tidak terbatas. Al Wasi juga ditafsirkan sebagai kelapangan Allah yang tidak bertepi. Orang orang zalim dan berdosa laksana setitik kotoran didalam luasnya samudra kesabaran Allah.

Allah Al Wasi dapat dilihat dari keragaman yang tidak terbatas pada mahluk NYA. Keluasan Allah yang mencakup segalanya dicerminkan dari adanya tingkat pengetahuan orang, tingkat atau manfaat yang dilakukan orang untuk sesama manusia, orang orang yang berperangai lemah lembut, penyabar dan sifat adilnya.

Sifat sifat NYA yang luas, pengetahuan NYA  juga meliputi keluasan yang tidak terbatas dan menyeluruh. Tidak ada yang dapat di sembunyikan dari NYA, kekuasaan NYA juga mencakup segala galanya, tidak ada yang dapat terhindar dari segala kekuasaannya. Rahmat Nya yang tidak berbatas membuat orang yang akan berpaling kepada NYA tidak akan kecewa, karena dia bersifat sangat Penyabar yang tidak dapat di ukur dalam perintah perintah NYa dan juga sangat pemaaf sehingga janganlah berputus asa.
Share on Google Plus

About Admin

Khazanahislamku.blogspot.com adalah situs yang menyebarkan pengetahuan dengan pemahaman yang benar berdasarkan Al-Qur'an dan As-Sunnah dengan pemahaman generasi terbaik dari para sahabat Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam beserta pengikutnya.
    Blogger Comment

0 komentar:

Post a Comment


Terima Kasih Telah Berkunjung di khazanahislamku.blogspot.com

Berikan Komentar dengan Penuh ETIKA untuk kita Diskusikan bersama