30. Al Lathiif ( اللطيف ) Yang Maha Lembut


Artinya :

Dzat yang maha lemah lembut, yaitu Dia yang sangat lemah lembut terhadap hamba-hambaNya yang selalu taat, sehingga diberi pahala yang tak ternilai harganya.

DIALAH Yang Maha Lembut, Halus, Baik, Indah. Dialah yang mengetahui bagian yang paling kecil dari keindahan.Dialah pencipta keindahan dan pemberi keindahan kepada hamba hamba NYA karena dialah yang MAHA INDAH. Keindahannya yang paling halus tersembunyi dalam rahasia keindahan jiwa, pikiran, kebijaksanaan dan cahaya Ilahi. Didalamnya seala sesuatu saling berselaras satu sama lain. Namun hati yang tidak memiliki cahaya indah ma'rifat Allah bagaikan seekor lebah tanpa madu, hanya memiliki racun yang menyengat.

Jika kita membuka mata hati kita dan berusaha melihat manifestasi al lathif, maka yang mungkin terlihat adalah kabut kesunyian dalam hingar bingarnya aktifitas dunia, kadang merupakan rahmat yang lembut didalam azab NYA yang keras. Berbahagialah orang yang dapat melihatnya karena didalamnya tidak ada keraguan, kebingungan dan keputusasaan.

Hamba yang memiliki sifat al lathif dalam dirinya adalah orang yang mata batinnya terbuka dalam melihat keindahan yang bersifat batiniah. Dia akan menunjukkan terutama kepada orang orang yang beriman keluasan rahmat Allah yang dicurahkan kepada mahluk NYA, dan membimbing mereka untuk bersyukur. Ucapan dan perbuatannya lemah lembut dan indah. Usaha usahanya seperti hujan di musim semi, dimana hujan yang jatuh di saat itu menumbuhkan bunga bunga yang indah dan bagaikan matahari yang menyinari setiap sudut kehidupan manusia.
Share on Google Plus

About Admin

Khazanahislamku.blogspot.com adalah situs yang menyebarkan pengetahuan dengan pemahaman yang benar berdasarkan Al-Qur'an dan As-Sunnah dengan pemahaman generasi terbaik dari para sahabat Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam beserta pengikutnya.
    Blogger Comment

0 komentar:

Post a Comment


Terima Kasih Telah Berkunjung di khazanahislamku.blogspot.com

Berikan Komentar dengan Penuh ETIKA untuk kita Diskusikan bersama