29. Al `Adl العدل = Yang Maha Adil


Artinya :

Dzat yang maha adil, yaitu dia maha adil dalam memberikan hukuman pada hambanya yang bersalah, tanpa pilih kasih, sehingga tidak ada pihak yang dirugikan.

DIALAH Yang Memiliki keadilan yang bersifat Mutlak. Keadilan lawan dari kezaliman yang menyebabkan penderitaan, kerusakan dan sakit hati, sedangkan keadilan menjamin adanya kedamaian keseimbangan, kesetaraan dan keselarasan. Allah yang Maha Adil adalah musuh orang orang yang zalim. Dia akan membenci orang orang yang mendukung kezaliman. Adil adalah kemuliaan dan pertanda kebaikan seorang muslim.

Apa yang di perbuat Allah adalah sesuatu yang adil, karena Allah Maha Melihat yang telah dan akan terjadi di kemudian hari yang nyata atau yang tersembunyi. Disamping itu, dialah yang Maha Mengetahui, Yang Maha Pengasih, Yang Maha Penyayang, semua yang diciptakan NYA adalah untuk membuat kita lebih bersyukur atas segala yang kita miliki dan yang terjadi kepada diri kita. Allah mengetahui apa yang terbaik bagi mahluk NYA, dan hanya Allah yang mengetahui nasib kita, perwujudan dari nasib itu adalah keadilan NYA.

Selain nama indah Allah al 'Adil kita harus belajar menajadi orang yang lebih bersyukur, tawakkal kepada Allah dan ridha atas segala ketentuannya, berserah diri kepada NYA yaitu menerima tanpa prasangka atau keluhan nasib nasib yang nampak kurang baik. Insya Allah keadilan Allah akan terungkap kepada kita.

Hamba yang memiliki sifat al adil adalah orang yang senantiasa memperlakukan ketentuan terhadap dirinya apa apa yang ingin diberlakukannya kepada orang lain. Tindakannya tidak dilakukan atas dasar rasa marah, dendam atau kepentingan dirinya sendiri dan perbuatannya tidak pernah merugikan orang lain. Dia bertindak dan berbuat sesuai hukum Allah dan memberikan hak hak orang lain sesuai dengan hak yang mereka miliki, implikasinya adalah keadilan harus ditegakkan baik kepada musuh musuh yang kita miliki.

Share on Google Plus

About Admin

Khazanahislamku.blogspot.com adalah situs yang menyebarkan pengetahuan dengan pemahaman yang benar berdasarkan Al-Qur'an dan As-Sunnah dengan pemahaman generasi terbaik dari para sahabat Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam beserta pengikutnya.
    Blogger Comment

0 komentar:

Post a Comment


Terima Kasih Telah Berkunjung di khazanahislamku.blogspot.com

Berikan Komentar dengan Penuh ETIKA untuk kita Diskusikan bersama