26. Al Samii` ( السميع ) Yang Maha Mendengar


Artinya :

Dzat yang maha mendengar, yaitu bisa mendengar atau mendengarkan baik itu suara yang keras atau suara yang lirih. Bahkan bisa mendengar suara hati hambaNya yang tidak bisa didengar oleh makhluk-makhlukNya yang lain.

DIALAH Yang Maha mendengar semua yang terucap, yang terlintas dalam pikiran, yang dirasakan oleh hati, berdesirnya dedaunan ketika ditiup angin, langkah langkah yang dibuat oleh semut ketika mereka bergerak. Tidak ada yang menghalangi Nya untuk mendengarkan segala sesuatu yang terjadi pada mahluk NYA meskipun banyak suara yang diperdengarkan serta doa doa yang dipanjatkan. Doa doa dari hati yang terdalam baik yang diucapkan atau tidak diucapkan semua didengar dan mendapatkan tempat yang akan dipenuhi NYA suatu saat kelak cepat atau lambat.

Al Sami yang Maha Mendengar adalah sifat kesempurnaan karena lawan katanya adalah ketulian yang merupakan sifat kekurangan. Kesempurnaan terdiri atas dua hal yaitu yang mutlak dan yang relatif. Kesempurnaan mutlak tidak tergantung pada alat, keadaan atau batasan. Dialam semesta ini, sejak awal hingga akhir nanti, dari satu sisi ke sisi yang lain, tanpa terputus, sejumlah bunyi dan suara yang nyaris tanpa akhir bermunculan. Semua didengar oleh yang Maha Mendengar, satu persatu pada saat yang sama dan dengan amat sangat jelas nya. Hal ini tidaklah akan sia sia, karena semua di catat oleh Allah, dimengerti oleh Allah, dipenuhi NYA semua kebutuhan, dan diberikan pembetulan dari hal hal yang penuh kesalahan.

Hamba yang memiliki sifat al sami' adalah mereka yang mendengar dan melihat kebenaran Allah dnegan mata dan telinga seperti yang difirmankan oleh Allah SWT dalam satu hadis Qudsi "tidaklah seorang hambaKU mendekati KU dengan terus menerus bersikap taat, kecuali Aku akan mencintainya dan jika Aku mencintainya maka Aku akan menjadi telinga nya yang dengannya dia mendengar, menajdi lidahnya dengan mana dia berbicara, dan menjadi tangannya dengan mana dia menggenggam".

Semoga Allah SWT selalu memberikan ampunan NYA dan membimbing kita dalam menggerakkan pendengaran, lidah, tangan dan kaki kita untuk melangkah ke jalan yang penuh dengan ridho NYA. AMIN.

Share on Google Plus

About Admin

Khazanahislamku.blogspot.com adalah situs yang menyebarkan pengetahuan dengan pemahaman yang benar berdasarkan Al-Qur'an dan As-Sunnah dengan pemahaman generasi terbaik dari para sahabat Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam beserta pengikutnya.
    Blogger Comment

0 komentar:

Post a Comment


Terima Kasih Telah Berkunjung di khazanahislamku.blogspot.com

Berikan Komentar dengan Penuh ETIKA untuk kita Diskusikan bersama