15. Al Qahhaar ( القهار ) Yang Maha Memaksa


Artinya :

Dzat yang maha memaksa, yaitu memaksakan kehendakNya terhadap makhlukNya tanpa terkecuali dan tidak bisa lagi dihalang-halangi oleh siapapun.
 
 DIALAH yang Maha Mengalahkan, yang menguasai seluruh ciptaan NYA dari luar dan dari dalam kekuatan NYA yang tidak terkalahkan.  Tidak ada sesuatu yang dapat menghindar dari NYA. Berapa banyak alam, manusia dan bangsa yang telah dibinasakan oleh Allah.

Allah mengimbangi sifat al Qahhar dengan sifat al Latif. Keduanya saling mengisi satu sama lain. Dia juga telah menciptakan sebab dan sarana yang memisahkan kekuatan hukuman NYA yang dahsyat dengan kelembutan cinta Nya. Dia telah menciptakan sarana keimanan, kebaikan, keadilan, kasih sayang, kedermawanan, kebijaksanaan dan sifat sifat indah lainnya yang disinari oleh al Latif. Dia telah menciptakan sebab sebab kedurhakaan, kekafiran, kesombongan, kezaliman, kemunafikan yang dicerminkan oleh kegelapan azab NYA.

Hamba yang memiliki sifat al qahhar adalah orang yang diberi kekuatan untuk membasmi kezaliman. Kezaliman terbesar yang diderita manusia bersumber dari hawa nafsu kita yang memerintahkan kejahatan, dan abd al Qahhar mampu menundukkan si zalim itu. Tidak ada yang dapat mempengaruhi atau mengalahkannya. Orang seperti itu sangat kuat menegakkan kebenaran.
Share on Google Plus

About Admin

Khazanahislamku.blogspot.com adalah situs yang menyebarkan pengetahuan dengan pemahaman yang benar berdasarkan Al-Qur'an dan As-Sunnah dengan pemahaman generasi terbaik dari para sahabat Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam beserta pengikutnya.
    Blogger Comment

0 komentar:

Post a Comment


Terima Kasih Telah Berkunjung di khazanahislamku.blogspot.com

Berikan Komentar dengan Penuh ETIKA untuk kita Diskusikan bersama