14. Al Ghaffaar ( الغفار ) Yang Maha Pengampun

 
Artinya :

Dzat yang maha memberi ampun, yaitu memberikan ampunan kepada hamba-hambaNya yang banyak dosanya, tetapi dengan satu syarat yaitu tidak boleh diulangi.

Allah memperlihatkan kebaikan dan keindahan, dan menyembunyikan keburukan. Dosa adalah buruk. Tobat merupakan kesadaran atas keburukan yang dilakukan terhadap orang lain maupun terhadap diri sendiri, bersamaan dengan usaha mengubah hal yang buruk atau setidak tidaknya menyembunyikannya.

Allahlah yang menerima taubat dan memberi maaf. Jika kita berbuat dosa dengan merusak keserasian yang  terdapat di dalam diri kita, yang mungkin saja merupakan dosa paling besar, tetapi kita sadar memohon dan meminta pertolongan Allah untuk tidak mengulangi perbuatan semacam itu, jika kita memohon dengan meneteskan air mata karena malu dan meminta ampunan Allah al Ghaffar niscaya Allah akan mengampuni kita dan bahkan mungkin mengubah dosa kita menjadi amal yang baik.

Orang yang berdosa tidak ubahnya seperti orang miskin yang jatuh kedalam saluran pembuangan air. Apakah yang harus dilakukannya ?. Jika dia menyadari keadaan dirinya, maka dia tentu akan bersegera membersihkan diri nya. Taubatlah yang dapat membersihkan diri dari segala kekotoran yang ada pada hati kita. celakalah orang yang tidak melihat dan merasakan bau busuk di dalam batinnya. 

Tobat adalah hal yang amat personal setiap hamba dengan Sang Khaliq, tidak perlu ada orang lain yang mendengar, bahkan ia mungkin tidak perlu diucapkan. Allah Maha Mengetahui segala lintasan yang ada didalam hati kita. Namun, tobat juga harus disertai dengan niatan yang kuat untuk tidak mengulangi perbuatan dosa yang pernah dilakukan. Tanda diterimanya tobat kita dan dimaafkan oleh Allah al Ghaffar adalah bahwa Dia tidak akan mengijinkan kita untuk mengulangi perbuatan dosa itu lagi.

Hamba yang memiliki sifat al ghaffar adalah orang yang diberi sifat pemaaf, yang menyembunyikan dan menutupi kesalahan orang lain, memiliki rasa belas kasihan untuk tidak menganggap kesalahan sebagai kesalahan. Orang seperti itu mengamalkan cara ini kepada orang orang yang telah diampuni oleh Allah yang Maha Pengampun. 

Rasulullah bersabda " barang siapa memaafkan dan menutupi kesalahan orang lain, niscaya Allah akan mengampuninya dan menyembunyikan dosa nya pada hari kiamat"

Share on Google Plus

About Admin

Khazanahislamku.blogspot.com adalah situs yang menyebarkan pengetahuan dengan pemahaman yang benar berdasarkan Al-Qur'an dan As-Sunnah dengan pemahaman generasi terbaik dari para sahabat Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam beserta pengikutnya.
    Blogger Comment

0 komentar:

Post a Comment


Terima Kasih Telah Berkunjung di khazanahislamku.blogspot.com

Berikan Komentar dengan Penuh ETIKA untuk kita Diskusikan bersama