06. Al Mu`min ( المؤمن ) Yang Maha Memberi Keamanan

Artinya :

Dzat yang Maha mengamankan kepada semua makhluknya, sehingga tidak satupun makhluk yang bisa mengganggu makhluk yang dalam keamanan Allah.


DIA lah pemancar cahaya iman kedalam hati.

Dialah Penolong, Pelindung orang orang yang meminta perlindungan kepada NYA. Iman adalah benteng yang melindungi seseorang dari segala bahaya; oleh karena itu, ia merupakan karunia terbesar Allah. Tidak adanya rasa takut didalam hati orang yang beriman berkaitan erat dengan derajat keimanannnya.

Kita semua mempunya musuh yang selalu berusaha menyusahkan, mengganggu ketenangan dan menyesatkan kita. Musuh kita yang paling jahat adalah hawa nafsu kita sendiri dan setan yang terkutuk. Sesudah itu penguasa zalim, tukang fitnah dan orang orang yang dengki. Jika seseorang berkata, " aku berlindung kepada Allah" berarti dia berlindung kepada sifat Al Mu'min. Dia tidak pernah menolak orang yang berlindung kepada NYA. Tetapi untuk beriman kepada Al Mu'min orang pertama tama harus memiliki Iman. Dalam Islam ada tiga derajat keimanan seseorang :

  1. Menyatakan keimanan kita dengan ucapan sehingga orang lain mendengar bahwa kita beriman kepada Allah, kepada Rasul NYA dan kepada kebenaran dari semua yang dikatakan dan dilakukannya
  2. Menyatakan dengan perbuatan, dengan mengerjakan hal hal yang dihalalkan dan menjauhi hal hal yang diharamkan
  3. Menyatakan dengan hati kita kepercayaan yang teguh tanpa keraguan sedikitpun terhadap kebenaran risalah Nabi.
 
Yang terpenting adalah keimanan dalam hati. Jika hal itu tidak ada (mudah mudahan Allah selalu melindungi agar hal tersebut tidak terjadi pada diri kita) maka orang tersebut  digolongkan kepada kaum kafir (= asal kata "covered" atau yang tertutupi). Jika orang tersebut menyatakan keimanannya dengan ucapan sedangkan hatinya tidak bersama Allah maka dia adala pendusta. Barang siapa berpura pura ber iman, maka dia munafik. Akan tetapi jika seseorang beriman di dalam hatinya namun karena suatu alasan tidak dapat menyatakannya atau berbuat sesuai dnegan keimanannya itu maka dia tetap beriman.

Jagalah iman kita dan perbuatan kita selalu sebagai orang yang beriman, itulah manifestasi Al Mu'min. Jadilah orang yang dapat melindungi orang lain. Jadilah orang yang tidak menolak memberikan pertolongan kepada orang orang yang meminta perlindungan dari kita, niscaya kita akan merasakan Al Mu'min.

Abdu Al Mu'min adalah hamba Allah yang dilindungi Allah dari segala malapetaka, penderitaan dan hukuman. Kekayaan, kehormatan dan kehidupan orang lain selamat dan dijaga oleh hamba Allah yang didalam dirinya nama Al Mu'min di manifestasikan. Selalu memohonlah perlindungan kepada NYA ketika menghadapi kekerasan atau bahaya, karena Allah Maha Mengabulkan semua doa kita.
______________________________________________________________________________________ 
QS. Al-Hashr [59] : 23
 
هُوَ ٱللَّهُ ٱلَّذِى لَآ إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ ٱلْمَلِكُ ٱلْقُدُّوسُ ٱلسَّلَٰمُ ٱلْمُؤْمِنُ ٱلْمُهَيْمِنُ ٱلْعَزِيزُ ٱلْجَبَّارُ ٱلْمُتَكَبِّرُ ۚ سُبْحَٰنَ ٱللَّهِ عَمَّا يُشْرِكُونَ

Dialah Allah Yang tiada Tuhan selain Dia, Raja, Yang Maha Suci, Yang Maha Sejahtera, Yang Mengaruniakan Keamanan, Yang Maha Memelihara, Yang Maha Perkasa, Yang Maha Kuasa, Yang Memiliki segala Keagungan, Maha Suci Allah dari apa yang mereka persekutukan.
Share on Google Plus

About Admin

Khazanahislamku.blogspot.com adalah situs yang menyebarkan pengetahuan dengan pemahaman yang benar berdasarkan Al-Qur'an dan As-Sunnah dengan pemahaman generasi terbaik dari para sahabat Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam beserta pengikutnya.
    Blogger Comment

0 komentar:

Post a Comment


Terima Kasih Telah Berkunjung di khazanahislamku.blogspot.com

Berikan Komentar dengan Penuh ETIKA untuk kita Diskusikan bersama