05. As Salaam ( السلام ) Yang Maha Memberi Kesejahteraan

Artinya :

Dzat yang menjamin keselamatan terhadap seluruh alam semesta. Jadi makhluk manapun akan dijamin keselamatannya oleh Allah SWT dan tidak ada satupun yang dapat mengusiknya.

Dalam al Quran Allah berfirman bahwa Tuhan Yang Maha Pengasih mengirimkan salam atau rasa damai, rahmat, perlindungan, keselamatan, dan penghormatan kepada orang yang beriman di dalam surga (Surat 36 : Yasin, 57). Dalam ayat ini Allah Al Rahiim menganugerahkan kepada orang beriman perlundungan dan kebahagiaan di surga yang dicita citakan. Dialah yang menyelamatkan hamba hamba yang beriman dari semua mara bahaya dengan memberikan kepada mereka rasa damai, kasih sayang dan keselamatan di akhirat. Al Salam adlaah keterbebasan dari semua kekurangan, kesalahan, bahaya dan kesulitan. Dalam hal ini, ia setara dengan nama Al Quddus tetapi ia berkaitan dengan masa yang akan datang. Nama ini juga mengandung arti bahwa orang yang mengamalkannya secara terus menerus tidak terputus tidak melemah akan menuju ke abadian. Allah adalah tempat berlindung mahlukNya dari segala kejahatan. Tidak ada perbuatan Tuhan yang bertujuan menyakiti Mahluk NYA meskipun pada saat sakit atau kesulitan yang kita perbuat sendiri, mungkin saja kita mengira bahwa penderitaan ktia merupakan kehendak Nya. Jika lengan kita menderita penyakit dan harus diamputasi, sangat jarang orang menyadari bahwa kehilangan tangana itu akan menyelamatkan nyawanya. Pada setiapa penderitaan ada rahmat yang tersembunyi.

Didalam hati orang orang yang mendapatkan rasa damai dan perlindungan Al Salam beriman dan bergantung kepada Allah dalam urusan mereka dan mengetahui bahwa dengan keagungan nama itu mereka akan terhindar dari semua bahaya dan kesulitan. Ketika diselamatkan oleh seseorang dari mara bahaya.mereka memandang kepada Penyelamat yang sesungguhnya, meskipun mereka berterima kasih kepada pihak yang menjadi perantara. Ada peribahasa turki yang mengatakan "janganlah bersandar kepada sebatang pohon yang akan menjadi kering dan tumbang, Janganlah bergantung pada manusia karena mereka akan menjadi tua dan mati ". Orang yang bergantung pada Allah, Al Salam Penyelamat tidak akan pernah panik. Kekuatan Allah akan menampakkan diri pada orang itu sebagai sikap pemberani orang beriman. Inilah manifestasi Al Salam.

Sabar juga merupakan manifestasi Al Salam. Allah berfirman "Tidaklah Ku uji hamba Ku dengan penderitaan, baik melalui  keluarga nya atau anak anaknya dan dia menghadapinya dengan sangat sabar dan beriman kepada KU kecuali Aku akan merasa malu menimbang amalnya atau melihat catatan amalnya di hari kiamat"

Abdu Al Salam adalah orang yang telah membersihkan hatinya dari rasa benci, iri hati, khianat dan dendam. Dia mampu menjaga semua anggota tubuhnya dari melakukan perbuatan yang salah dan haram, dan telah menyelamatkan dirinya dari menjadi budak hawa nafsu nya. Jika dia telah mencapai tingkatan tersebut, Allah akan melindunginya dari semua kesulitan, kekurangan dan aib.
____________________________________________________________________________________
QS. Al-Hashr [59] : 23

هُوَ ٱللَّهُ ٱلَّذِى لَآ إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ ٱلْمَلِكُ ٱلْقُدُّوسُ ٱلسَّلَٰمُ ٱلْمُؤْمِنُ ٱلْمُهَيْمِنُ ٱلْعَزِيزُ ٱلْجَبَّارُ ٱلْمُتَكَبِّرُ ۚ سُبْحَٰنَ ٱللَّهِ عَمَّا يُشْرِكُونَ

Dialah Allah Yang tiada Tuhan selain Dia, Raja, Yang Maha Suci, Yang Maha Sejahtera, Yang Mengaruniakan Keamanan, Yang Maha Memelihara, Yang Maha Perkasa, Yang Maha Kuasa, Yang Memiliki segala Keagungan, Maha Suci Allah dari apa yang mereka persekutukan.
Share on Google Plus

About Admin

Khazanahislamku.blogspot.com adalah situs yang menyebarkan pengetahuan dengan pemahaman yang benar berdasarkan Al-Qur'an dan As-Sunnah dengan pemahaman generasi terbaik dari para sahabat Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam beserta pengikutnya.
    Blogger Comment

0 komentar:

Post a Comment


Terima Kasih Telah Berkunjung di khazanahislamku.blogspot.com

Berikan Komentar dengan Penuh ETIKA untuk kita Diskusikan bersama