04. Al Quddus ( القدوس ) Yang Maha Suci

Artinya :

Dzat yang maha Quddus (suci) dari segala sifat, yang disifatkan oleh orang-orang kafir musyrik kepadaNya. Sebab sifatNya tidak sama dengan sifat ciptaanNya.

DIA lah yang maha suci, jauh dari segala cacat, kekurangan kelemahan, kelalaian dan kesalahan.

Al Quddus adalah setara dengan sifat Mukhalafah li al hawadist. Dialah Pencipta yang tidak sama dengan Mahluk. Inilah sifat yang menunjukkan bahwa Allah tidak menyerupai segala sesuatu.

Al Quddus, adalah kesucian yang hanya dimiliki oleh Allah, sehingga zat, sifat, nama, firman, perbuatan dan keadilan NYA Mahasuci dari segala kekurangan. Tidak ada yang menyerupai NYA dalam sifat maupun perbuatan NYA bahkan mahluk NYA yang paling sempurna pun. Mahluk yang paling sempurna tetap memiliki kekurangan dalam esensi, sifat, perbuatan, keputusan atau ucapannya sebab mereka fana, sedangkan Allah yang Maha Sempurna dan Maha Suci bersifat kekal, tidak terikat ruang-waktu. Allah telah berada sebelum adanya ruang dan waktu.

Orang beriman yang memahami dan merasakan kesucian Ilahi ini akan memuji Allah karena kesempurnaan Nya dan akan ingat untuk tidak menisbahkannya kepada Allah sifat kekurangan dan ketidak sempurnaan.

Unyuk memiliki perasaan Al Quddus dalam diri kita sendiri, kita harus melindungi pemahaman dan pengetahuan kita mengenai segala sesuatu dari kemungkinan terbelenggu pada pengamatan dan kesan yang diperoleh melalui indra, karena hal ini tidak akan membawa kita keluar dari alam hewani. Di samping itu, pengetahuan yang layak bagi manusia bukanlah produk imaginasi kita. Orang harus membersihkan mang dengan menghilangkan keragu raguan. Iman merupakan sebuah keseluruhan adanya satu saja keraguan akan merusaknya. 

Orang harus berusaha membersihkan ibadahnya dan shalatnya dengan keikhlasan. Ikhlas dalam shaat adalah menegakkan shalat hanya karena Allah semata, bukan karena tujuan atau faedah yang lain. Jika tidak demikian sholat itu sendiri menjadi syirik, yang merupakan dosa yang tidak terampuni karena menyekutukan Allah. Orang harus berupaya membersihkan hatinya dengan meninggalkan perilaku yang buruk. Hati kita adalah laksana rumah Allah.

Hamba yang Al quddus adalah orang yang hatinya telah dibersihkan dan disucikan, dan tidak ada sesuatu didalamnya kecuali Allah. Hati yang hanya terisi oleh Allah suci dari segala sesuatu yang lain, manifestasi nama Ya Quddus, Yang Maha Sucihanya muncul dihati yang bersih seperti yang terdapat pada hadis Qudsi berikut : "Aku tidak tertampung di langit dan bumi namun aku tertampung dalam hati hamba Ku yang beriman"

Insya Allah jika orang yang memiliki hati yang bersih sering menyebut Al Quddus setiap hari, maka Insya Allah hatinya akan terbebas dari semua pikiran dan perhatian yang menimbulkan kesulitan, kekhawatiran, dan penderitaan bagi diri kita sendiri.
_____________________________________________________________________________________

QS. Al-Hashr [59] : 23

هُوَ ٱللَّهُ ٱلَّذِى لَآ إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ ٱلْمَلِكُ ٱلْقُدُّوسُ ٱلسَّلَٰمُ ٱلْمُؤْمِنُ ٱلْمُهَيْمِنُ ٱلْعَزِيزُ ٱلْجَبَّارُ ٱلْمُتَكَبِّرُ ۚ سُبْحَٰنَ ٱللَّهِ عَمَّا يُشْرِكُونَ

Dialah Allah Yang tiada Tuhan selain Dia, Raja, Yang Maha Suci, Yang Maha Sejahtera, Yang Mengaruniakan Keamanan, Yang Maha Memelihara, Yang Maha Perkasa, Yang Maha Kuasa, Yang Memiliki segala Keagungan, Maha Suci Allah dari apa yang mereka persekutukan.

QS. Al-Jumu`ah [62] : 1

يُسَبِّحُ لِلَّهِ مَا فِى ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَمَا فِى ٱلْأَرْضِ ٱلْمَلِكِ ٱلْقُدُّوسِ ٱلْعَزِيزِ ٱلْحَكِيمِ

Senantiasa bertasbih kepada Allah apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Raja, Yang Maha Suci, Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.

Share on Google Plus

About Admin

Khazanahislamku.blogspot.com adalah situs yang menyebarkan pengetahuan dengan pemahaman yang benar berdasarkan Al-Qur'an dan As-Sunnah dengan pemahaman generasi terbaik dari para sahabat Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam beserta pengikutnya.
    Blogger Comment

0 komentar:

Post a Comment


Terima Kasih Telah Berkunjung di khazanahislamku.blogspot.com

Berikan Komentar dengan Penuh ETIKA untuk kita Diskusikan bersama