Mengapa Banyak Yang Berhijab Warna Hitam?

Salah satu warna hijab terbaik adalah hitam, karena merupakan warna hijab yang paling tidak menggoda dan tidak menimbulkan syahwat bagi yang melihat. Warna hitam juga memiliki dalil dari hadits-hadits sehingga salah besar orang yg melarang hijab hitam karena menganggap sama dgn yahudi atau syiah. Kalaupun syiah atau yahudi banyak yg memakai warna hitam juga maka itu tidak masalah, dan muslimah tetap tidak perlu menghindari warna hitam. Warna putih pun juga bisa sama dengan agama lain, begitu juga warna-warna lain.
Adapun warna hitam untuk (jilbab) para wanita maka telah datang dalam hadits Ummu Salamah –radhiallahu 'anhaa- ia berkata,

Tatkala turun firman Allah (Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka) maka keluarlah para wanita dari kaum Anshoor, seakan-akan di atas kepala-kepala mereka ada pakaian seperti burung-burung gagak" (HR Abu Dawud)

Ummu Salamah menyamakan kain khimar yang ada di atas kepala-kepala para wanita yang dijadikan jilbab dengan burung-burung gagak dari sisi warna hitamnya.

Dalil lain yang menunjukan akan bolehnya warna hitam bagi para wanita adalah hadits Ummu Kholid, ia berkata

Nabi diberikan baju-baju, diantaranya ada khomiisoh kecil yang berwarna hitam. Maka nabipun berkata, "Menurut kalian kepada siapakah kita berikan kain ini?". Orang-orang pada diam, lalu Nabi berkata, "Datangkanlah kepadaku Ummu Kholid !", maka didatangkanlah Ummu Kholid dalam keadaan diangkat (karena masih kanak-kanak, lihat Umdatul Qoori 31/473-pent), lalu Nabipun mengambil kain tersebut dengan tangannya lalu memakaikannya kepada Ummu Kholid (HR Al-Bukhari)

catatan:
Jilbab syar'i tidak harus berwarna hitam. Yang penting adalah warna-warna yg secara umum tidak menggoda pria, tidak menimbulkan syahwat, dan tidak menarik perhatian (pamer keindahan).
Share on Google Plus

About Admin

Khazanahislamku.blogspot.com adalah situs yang menyebarkan pengetahuan dengan pemahaman yang benar berdasarkan Al-Qur'an dan As-Sunnah dengan pemahaman generasi terbaik dari para sahabat Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam beserta pengikutnya.
    Blogger Comment

0 komentar:

Post a Comment


Terima Kasih Telah Berkunjung di khazanahislamku.blogspot.com

Berikan Komentar dengan Penuh ETIKA untuk kita Diskusikan bersama