Artikel
ini adalah kelanjutan dari artikel sebelumnya, yang berjudul “JANGAN SOMBONG JIKA SUDAH ‘MENGAKU’ SALAFI”.
Sombong terhadap orang lain adalah termasuk perkara yang dibenci
Syari’at. Banyak ayat dan hadits yang memerintahkan manusia agar
menjauhi sikap yang tercela ini. Jika seorang muslim saja wajib menjauhi
sikap sombong kepada seseorang, apalagi jika dia seorang Salafi? Dimana
dia dituntut untuk mengikuti manhajnya para Salafush Shalih dalam
beragama, termasuk aqidah maupun adab dan akhlaqnya. Begitu halnya sikap
kepada seekor anjing, hendaknya seorang Salafi menghindari sikap
sombong walaupun kepada seekor anjing.
Salah satu sifat rendah diri seorang imam yang pantas dicontoh adalah
apa yang dilakukan oleh tokoh pembesar madzhab syafi’i Abu Ishaq
asy-Syirazi -rahimahullah-. Pada suatu hari beliau berjalan di suatu
jalan umum bersama para sahabatnya. Ketika sedang berjalan, tiba-tiba
beliau berpapasan dengan seekor anjing. Lalu pemiliknya mengusir anjing
itu (sebagai bentuk penghormatan untuk beliau). Melihat perlakuan orang
itu, beliau melarangnya dan mengatakan: ”Biarkanlah anjing itu, tidakkah
engkau mengerti bahwa jalan ini adalah milik bersama, untukku dan untuk
anjing itu ?!” (Majmu’ Syarh al-Muhadzdzab, jilid 1, hlm. 6).
Ada sebuah ungkapan yang berbunyi:
مَنْ ظَنَّ أَنَّهُ خَيْرٌ مِنَ الْكَلْبِ فَالْكَلْبُ خَيْرٌ مِنْهُ
Barangsiapa yang menyangka bahwa dia lebih baik daripada anjing, maka anjing lebih baik daripada orang itu.
Ungkapan tersebut biasa dipakai oleh orang-orang Shufi. Makna ungkapan tersebut adalah:
Al-’Allâmah Zakariya bin Muhammad al-Anshari asy-Syafi’i t (wafat 926 H) pernah ditanya tentang perkataan sebagian orang sufi:
Barangsiapa yang menyangka bahwa dia lebih baik daripada anjing, maka anjing lebih baik daripada orang itu.
Kemudian beliau menjawab: ”Maknanya yaitu, tidak sepantasnya bagi
siapapun menyangka bahwa ia lebih baik daripada anjing, dan tidak pula
sepadan dengannya, karena akhir dari urusan kehidupan orang itu tidak
diketahui, apakah ia akan tinggal selamanya di neraka ataukah tidak?
Sekiranya tidak kekal di neraka, apakah ia akan diadzab ataukah tidak?
Kapan saja orang itu menyangka demikian (yaitu merasa lebih tinggi,
lebih baik dan utama dari anjing secara mutlak, pen), maka anjinglah
yang lebih baik darinya. Hal itu karena anjing itu tidak mukallaf (tidak
terbebani untuk menjalankan syari’at) dan tidak mendapatkan adzab.
Allâhu a’lam”. (al-I’lâm wa al-Ihtimâm bi Jam’ Fatâwâ Syaikh al-Islam
Abu Yahya Zakariya al-Anshari, dikumpulkan oleh Ahmad Ubaid).
Masih seputar tentang anjing. Ada seorang kafir yang menghina seorang
muslim yang berjenggot. Orang kafir itu berkata ”Mana yang lebih utama,
jenggot itu ataukah ekor anjing?”
Orang muslim yang bijak dan sabar tersebut menjawab: ”Apabila jenggot
ini akan berada di surga, maka ia lebih baik daripada ekor seekor
anjing. Akan tetapi apabila jenggot ini akan berada di neraka, maka ekor
seekor anjing lebih utama dari jenggot ini.”
Orang kafir itu pun segera mengatakan: ”Asyhadu alla ilâha illallah wa
asyhadu anna Muhammadan Rasulullâh (Saya bersaksi bahwa tiada ilâh yang
berhak diibadahi dengan benar kecuali Allah dan bahwasanya Muhammad
adalah utusan Allah).”
Segala puji bagi Allah, akhirnya ia memeluk agama Islam dan termasuk
orang-orang yang komitmen dalam menjalankannya. Semoga Allah memberi
kita semua ketegaran dan istiqamah dalam memegang satu-satunya agama
yang haq dan mulia ini. (Majalah Adz-Dzakhiirah Al-Islamiyyah Ed 48,
hal. 55-58).
- Sahabat Abu Hurairah meriwayatkan bahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam telah bersabda:
بَيْنَمَا رَجُلٌ يَمْشِي فَاشْتَدَّ عَلَيْهِ الْعَطْشُ فَنَزَلَ
بِئْرًا فَشَرِبَ مِنْهَا ثُمَّ خَرَجَ فَإِذَا هُوَ بِكَلْبٍ يَلْهَثُ
يَأْكُلُ الثَّرَى مِنَ الْعَطْشِ فَقَالَ: لَقَدْ بَلَغَ هَذَا مِثْلُ
الَّذِي بَلَغَ بِـي. فَمَلَأَ خُفَّهُ ثُمَّ أَمْسَكَهُ بِفِيهِ ثُمَّ
رَقى فَسَقَى الْكَلْبَ فَشَكَرَ اللهُ لَهُ فَغَفَرَ لَهُ. قَالُوا: يَا
رَسُولَ اللهِ، إِنَّ لَنَـا فِي الْبَهَائِمِ أَجْرًا؟ قَالَ: فِي كُلِّ
كَبِدٍ رَطبَةٍ أَجْرٌ
Ketika tengah berjalan, seorang laki-laki mengalami kehausan yang sangat. Dia turun ke suatu sumur dan meminum darinya. Tatkala ia keluar tiba-tiba ia melihat seeokor anjing yang sedang kehausan sehingga menjulurkan lidahnya menjilat-jilat tanah yang basah. Orang itu berkata: “Sungguh anjing ini telah tertimpa (dahaga) seperti yang telah menimpaku.” Ia (turun lagi ke sumur) untuk memenuhi sepatu kulitnya (dengan air) kemudian memegang sepatu itu dengan mulutnya lalu naik dan memberi minum anjing tersebut. Maka Allah berterima kasih terhadap perbuatannya dan memberikan ampunan kepadanya.” Para sahabat bertanya: “Wahai Rasullulah, apakah kita mendapat pahala (bila berbuat baik) pada binatang?” Beliau bersabda: “Pada setiap yang memiliki hati yang basah maka ada pahala.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim).
- Dalam hadits lain Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda:
“Dahulu ada seekor anjing yang berputar-putar mengelilingi sumur,
anjing tersebut hampir-hampir mati karena kehausan, kemudian hal
tersebut dilihat oleh salah seorang pelacur dari bani israil, ia pun
mengisi sepatunya dengan air dari sumur dan memberikan minum kepada
anjing tersebut, maka Allah pun mengampuni dosanya.” (HR Bukhari
Muslim).
- عُذِّبَتِ امْرَأَةٌ فِى هِرَّةٍ سَجَنَتْهَا حَتَّى مَاتَتْ ،
فَدَخَلَتْ فِيهَا النَّارَ ، لاَ هِىَ أَطْعَمَتْهَا وَلاَ سَقَتْهَا إِذْ
حَبَسَتْهَا ، وَلاَ هِىَ تَرَكَتْهَا تَأْكُلُ مِنْ خَشَاشِ الأَرْضِ
متفق عليه
“Ada seorang wanita yang disiksa karena seekor kucing, wanita itu mengurung seekor kucing hingga mati, akibatnya wanita itupun masuk ke neraka. Tatkala wanita itu mengurung kucing, ia tidak memberinya makan, tidak juga memberinya minum, tidak juga ia membiarkannya pergi mencari makanan sendiri dengan menangkap serangga.” (Muttafaqun ‘alaih).
- “Barangsiapa yang tidak belas kasih niscaya tidak dibelaskasihi” [HR Al-Bukhari ; 5997, Muslim : 2318].
- ارحموا من فى الاض ير حمكم من فى السماء
“Kasihanilah siapa yang ada di bumi ini, niscaya kalian dikasihani oleh yang ada di langit” [HR At-Tirmdzi : 1924].
- Dari sahabat Abdullah bin Ja’far, dia berkata: Nabi Shallallahu
‘alaihi wa sallam pernah masuk pada suatu kebun dari kebun-kebun milik
orang Anshar untuk suatu keperluan. Tiba-tiba di sana ada seekor unta.
Ketika unta itu melihat Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam maka ia
datang dan duduk di sisi Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam
keadaan berlinang air matanya. Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam
bertanya, “Siapa pemilik unta ini?” Maka datang (pemiliknya) seorang
pemuda dari Anshar. Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
“Tidakkah kamu takut kepada Allah dalam (memperlakukan) binatang ini
yang Allah menjadikanmu memilikinya?! Sesungguhnya unta ini mengeluh
kepadaku bahwa kamu meletihkannya dengan banyak bekerja.” (HR. Abu Dawud
dll, Asy-Syaikh Al-Albani menshahihkannya dalam Ash-Shahihah no. 20).
- Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam pun telah bersabda
berkenaan dengan kuda : “Kuda itu ada tiga macam. Kuda bagi seseorang
menjadi pahala, kuda bagi seseorang menjadi pelindung dan kuda bagi
seseorang menjadi dosa. Adapun kuda yang mendatangkan pahala adalah kuda
seseorang yang dipangkal untuk fisabilillah, ia banyak berdiam di
padang rumput atau di taman. Maka apa saja yang dimakan oleh kuda itu
selama dipangkal di padang rumput atau di taman itu, maka pemiliknya
mendapat pahala-pahala kebajikan. Dan sekiranya ia meninggalkannya lalu
mendaki satu atau dua tempat tinggi, maka jejak dan kotorannya menjadi
pahala-pahala kebajikan baginya. Maka dari itu kuda seperti itu menjadi
pahala bagi pemiliknya. Kuda yang diikat oleh seseorang karena ingin
menjaga kehormatan diri (tidak minta-minta) dan ia tidak lupa akan hak
Allah Subhanahu wa Ta’ala pada leher ataupun punggung kuda itu, maka
kuda itu menjadi pelindung baginya. Dan kuda yang diikat (dipangkal)
oleh seseorang karena kebanggaan, riya dan memusuhi orang-orang Islam,
maka kuda itu mendatangkan dosa baginya” [HR Al-Bukhari : 2371]
- Adalah sahabat Umar bin Al-Khaththab radhiyallahu anhu ketika
beliau mengetahui ada seorang mengangkut barang menggunakan unta yang
melebihi kemampuan binatang tersebut, maka Umar sebagai penguasa memukul
orang tersebut sebagai bentuk hukuman. Beliau menegurnya dengan
mengatakan, “Mengapa kamu mengangkut barang di atas untamu sesuatu yang
dia tidak mampu?” (Atsar ini diriwayatkan oleh Ibnu Sa’d).
- Adalah sahabat Abud Darda radhiyallahu anhu dahulu punya unta yang
dipanggil Dimun. Apabila orang-orang hendak meminjamnya, maka ia
berpesan untuk tidak membebaninya kecuali sekian dan sekian (yakni batas
kemampuan unta) karena unta itu tidak mampu membawa yang lebih dari
itu. Maka ketika kematian telah datang menjemput Abud Darda, beliau
berkata: “Wahai Dimun, janganlah kamu mengadukanku besok (di hari
kiamat) di sisi Rabbku, karena aku tidaklah membebanimu kecuali apa yang
kamu mampu.” (Lihat Ash-Shahihah, 1/67-69).
- Al-Imam Ibnu Muflih dalam kitabnya ‘Al-Adab Asy-Syar’iyah (jilid 3)
menyebutkan pembahasan tentang makruhnya berlama-lama memberdirikan
binatang tunggangan dan binatang pengangkut barang melampaui
kebutuhannya. Hal ini berdasarkan hadits Nabi (yang artinya): “Naikilah
binatang itu dalam keadaan baik dan biarkanlah ia dalam keadaan bagus,
serta janganlah kamu jadikan binatang itu sebagai kursi.” (HR. Ahmad
dll, dan dishahihkan oleh Asy-Syaikh Al-Albani t dalam Shahih Al-Jami’).
Maksudnya, janganlah salah seorang dari kalian duduk di atas punggung
binatang tunggangan untuk berbincang-bincang bersama temannya, dalam
keadaan kendaraan itu berdiri seperti kalian berbincang-bincang di atas
kursi. Namun larangan dari berlama-lama di atas punggung binatang ini
bila tidak ada keperluan. Sedangkan bila diperlukan seperti di saat
perang atau wukuf di padang Arafah ketika haji maka tidak mengapa.
(Faidhul Qadir 1/611).
- Mar’i Al-Hanbali berkata: “Wajib atas pemilik binatang untuk
memberi makanan dan minumannya. Jika dia tidak mau memberinya maka
dipaksa (oleh penguasa) untuk memberinya. Bila dia tetap menolak atau
sudah tidak mampu lagi memberikan hak binatangnya maka ia dipaksa untuk
menjualnya, menyewakannya, atau menyembelihnya bila binatang tersebut
termasuk yang halal dagingnya. Diharamkan untuk mengutuk binatang,
membebaninya dengan sesuatu yang memberatkan, memerah susunya sampai
pada tingkatan memudharati anaknya, memukul dan memberi cap pada wajah,
serta diharamkan menyembelihnya bila tidak untuk dimakan.”
- Sebagian ahli fiqih menyebutkan bahwa apabila ada kucing buta
berlindung di rumah seseorang, maka wajib atas pemilik rumah itu untuk
menafkahi kucing itu karena ia tidak mampu pergi.
- Ibnu As-Subki berkata ketika menyebutkan tukang bangunan yang biasa
menembok dengan tanah dan semisalnya: “Termasuk kewajiban tukang
bangunan untuk tidak menembok suatu tempat kecuali setelah memeriksanya
apakah padanya ada binatang atau tidak. Karena kamu sering melihat
kebanyakan pekerja bangunan itu terburu-buru menembok, padahal terkadang
mengenai sesuatu yang tidak boleh dibunuh kecuali untuk dimakan,
seperti burung kecil dan semisalnya. Dia membunuh binatang tadi dan
memasukannya ke dalam lumpur tembok. Dengan ini ia telah berkhianat
kepada Allah l dari sisi membunuh binatang ini.”
- Asy-Syaikh Abu Ali bin Ar-Rabbal berkata: “Apa yang disebutkan
tentang (bolehnya mengurung burung dan semisalnya) hanyalah bila padanya
tidak ada bentuk menyiksa, membikin lapar dan haus meski tanpa sengaja.
Atau mengurungnya dengan burung lain yang akan mematuk kepala burung
yang sekandang, seperti yang dilakukan oleh ayam-ayam jantan (bila)
berada di kurungan, sebagiannya mematuk sebagian yang lain sampai
terkadang yang dipatuk mati. Ini semua, menurut kesepakatan ulama,
adalah haram.” (Lihat Arba’un Haditsan fit Tarbiyati wal Manhaj hal.
32-33 karya Dr. Abdul Aziz As-Sadhan).
Referensi :
- Lima Faidah Penting Seputar Anjing, oleh Abu Ashim Muhtar Arifin Lc.
- Kitab Minhajul Muslim, Edisi Indonesia Konsep Hidup Ideal Dalam Islam,
Penulis Syaikh Abu Bakar Jabir Al-Jaza’iri, Penerjemah Musthofa Aini,
Amir Hamzah, Penerbit Darul Haq
- Menyayangi Binatang, oleh Al-Ustadz Abu Muhammad Abdulmu’thi, Lc.
- dan lainnya.
0 komentar:
Post a Comment
Terima Kasih Telah Berkunjung di khazanahislamku.blogspot.com
Berikan Komentar dengan Penuh ETIKA untuk kita Diskusikan bersama