•  

    Balasan Bagi Orang Yang Zina, Dusta Dan Sombong

    {[['']]}
    Silahkan Sebarkan Artikel Silahkan Print Artikel PDF
    بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ الرَّحِيم

     قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « ثَلاَثَةٌ لاَ يُكَلِّمُهُمُ اللَّهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ

    وَلاَ يُزَكِّيهِمْ وَلاَ يَنْظُرُ إِلَيْهِمْ وَلَهُمْ عَذَابٌ أَلِيمٌ شَيْخٌ زَانٍ وَمَلِكٌ كَذَّابٌ وَعَائِلٌ

    مُسْتَكْبِرٌ » رواه مسلم.

     Dari Abu Hurairah Radiyallahu anhu, sesungguhnya Rasulullah S.A.W. bersabda : “Tiga orang yang Allah enggan berbicara dengan mereka pada hari kiamat kelak. (Dia) tidak sudi memandang muka mereka, (Dia) tidak akan membersihkan mereka daripada dosa (dan noda). Untuk mereka disiapkan siksa yang sangat pedih. (Mereka ialah ): Orang tua yang berzina, Penguasa yang suka berdusta dan fakir miskin yang takabur.”(H.R. Muslim)

     
    Hadits yang mulia di atas menjelaskan tentang sikap Allah swt terhadap tiga komunitas manusia yang melakukan pelanggaran moral yang cukup berat.
    Orang tua yang berzina, sangatlah wajar manakala Allah swt memberikan azab yang berat karena usai tua merupakan kesempatan emas yang Allah berikan kepada hambaNya. Namun sayangnya kesempatan ini tidaklah digunakan untuk memperbaiki diri dan bertaubat kepadaNya, tapi justru digunakan untuk menodai perjalanan hidupnya dengan berzina.
    Penguasa yang suka berdusta, penguasa adalah orang yang secara finansial relatif mapan, namun di tengah kondisi ekonomi yang berkecukupan itu justru terkadang kehilangan sifat qana’ah dan muncul sifat tamak terhadap dunia yang efeknya ia akan berbuat apa saja untuk menumpuk harta.
    Orang miskin sombong, kesombongan adalah ekspresi negatif dari seseorang yang tidak mengenal Allah dan dirinya. Setiap makhluk Allah dilarang untuk memakai baju kesombongan termasuk para fuqara’.

    Fiqh Hadits

    1. Ancaman yang dahsyat dari Allah terhadap orang tua yang berzina, pemimpin yang dusta dan orang miskin yang sombong.
    2. Allah tidak akan berbicara, melihat dan membersihkan dosa kepada tiga komunitas manusia tersebut.
    3. Keharusan bagi seorang muslim untuk menghindari dan membentengi diri dari dosa zina, dusta dan sombong.

    0 komentar:

    Poskan Komentar


    Terima Kasih Telah Berkunjung di http://khazanahislamku.blogspot.com/

    Berikan Komentar dengan Penuh ETIKA untuk kita Diskusikan bersama

    Next Prev home
     

    About Khazanah Islam Ku

    Assalamualaikum Wr. Wb.

    Kami membuat blog ini adalah sebagai wahana komunikasi bertukar pikiran dengan para pembaca, menciptakan suatu media untuk berbagi artikel, cerita, tips dan lain-lain agar lebih bermanfaat sebagaimana telah diriwayatkan dari Abu Hurairah Radhiyallahu’anhu bahwa Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam bersabda,

    “Apabila seorang anak Adam meninggal, maka akan terputus amalannya kecuali tiga perkara : shadaqoh jariyah, atau ilmu yang bermanfaat, atau anak shalih yang mendoakan kepadanya”.

    “Barang siapa menempuh suatu jalan untuk menuntut ilmu maka Allah akan memudahkan baginya jalan menuju surga.” (HR. Muslim).