Balasan Bagi Orang Yang Zina, Dusta Dan Sombong

 قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « ثَلاَثَةٌ لاَ يُكَلِّمُهُمُ اللَّهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ

وَلاَ يُزَكِّيهِمْ وَلاَ يَنْظُرُ إِلَيْهِمْ وَلَهُمْ عَذَابٌ أَلِيمٌ شَيْخٌ زَانٍ وَمَلِكٌ كَذَّابٌ وَعَائِلٌ

مُسْتَكْبِرٌ » رواه مسلم.

 Dari Abu Hurairah Radiyallahu anhu, sesungguhnya Rasulullah S.A.W. bersabda : “Tiga orang yang Allah enggan berbicara dengan mereka pada hari kiamat kelak. (Dia) tidak sudi memandang muka mereka, (Dia) tidak akan membersihkan mereka daripada dosa (dan noda). Untuk mereka disiapkan siksa yang sangat pedih. (Mereka ialah ): Orang tua yang berzina, Penguasa yang suka berdusta dan fakir miskin yang takabur.”(H.R. Muslim)

 
Hadits yang mulia di atas menjelaskan tentang sikap Allah swt terhadap tiga komunitas manusia yang melakukan pelanggaran moral yang cukup berat.
Orang tua yang berzina, sangatlah wajar manakala Allah swt memberikan azab yang berat karena usai tua merupakan kesempatan emas yang Allah berikan kepada hambaNya. Namun sayangnya kesempatan ini tidaklah digunakan untuk memperbaiki diri dan bertaubat kepadaNya, tapi justru digunakan untuk menodai perjalanan hidupnya dengan berzina.
Penguasa yang suka berdusta, penguasa adalah orang yang secara finansial relatif mapan, namun di tengah kondisi ekonomi yang berkecukupan itu justru terkadang kehilangan sifat qana’ah dan muncul sifat tamak terhadap dunia yang efeknya ia akan berbuat apa saja untuk menumpuk harta.
Orang miskin sombong, kesombongan adalah ekspresi negatif dari seseorang yang tidak mengenal Allah dan dirinya. Setiap makhluk Allah dilarang untuk memakai baju kesombongan termasuk para fuqara’.

Fiqh Hadits

  1. Ancaman yang dahsyat dari Allah terhadap orang tua yang berzina, pemimpin yang dusta dan orang miskin yang sombong.
  2. Allah tidak akan berbicara, melihat dan membersihkan dosa kepada tiga komunitas manusia tersebut.
  3. Keharusan bagi seorang muslim untuk menghindari dan membentengi diri dari dosa zina, dusta dan sombong.
Share on Google Plus

About Admin

Khazanahislamku.blogspot.com adalah situs yang menyebarkan pengetahuan dengan pemahaman yang benar berdasarkan Al-Qur'an dan As-Sunnah dengan pemahaman generasi terbaik dari para sahabat Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam beserta pengikutnya.
    Blogger Comment

0 komentar:

Post a Comment


Terima Kasih Telah Berkunjung di khazanahislamku.blogspot.com

Berikan Komentar dengan Penuh ETIKA untuk kita Diskusikan bersama