Assalamu'alaykum ... Ihkwah Fillah ! | Members area : Register | Sign in
Market | Advertise | Contact us | Donasi Pendidikan
  •  

    Sholat Sesuai Sunnah Rasul

    {[['']]}
    Silahkan Sebarkan Artikel Silahkan Print Artikel PDF
    بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ الرَّحِيم

    SHOLAT  SESUAI SUNNAH RASULULLAH


    Isra Mikraj adalah dua bagian dari perjalanan yang dilakukan oleh Muhammad dalam waktu satu malam saja. Kejadian ini merupakan salah satu peristiwa penting bagi umat Islam, karena pada peristiwa ini Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi wa Sallam mendapat perintah untuk menunaikan salat lima waktu sehari semalam.

    Isra Mikraj terjadi pada periode akhir kenabian di Makkah sebelum Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam hijrah ke Madinah.  Isra Mi’raj terjadi pada tahun pertama sebelum hijrah, yaitu antara tahun 620-621 M.

    Peristiwa Isra Mikraj terbagi dalam 2 peristiwa yang berbeda. Dalam Isra, Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi wa Sallam “diberangkatkan” oleh Allah SWT dari Masjidil Haram hingga Masjidil Aqsa. Lalu dalam Mi’raj Nabi Muhammad SAW dinaikkan ke langit sampai ke Sidratul Muntaha yang merupakan tempat tertinggi. Di sini Beliau mendapat perintah langsung dari Allah SWT untuk menunaikan salat lima waktu.
    Bagi umat Islam, peristiwa tersebut merupakan peristiwa yang berharga, karena ketika inilah salat lima waktu diwajibkan, dan tidak ada Nabi lain yang mendapat perjalanan sampai ke Sidratul Muntaha seperti ini. Walaupun begitu, peristiwa ini juga dikatakan memuat berbagai macam hal yang membuat Rasullullah SAW sedih.

    Ini adalah sebuah film gaya dokumenter pendidikan yang mengajarkan dasar-dasar Shalat. Berisikan berikut ini :
    • Perjalanan Malam (Isra ‘wal Mi’raj-) Kisah Perjalanan Malam Ajaib dimana Shalat adalah diwahyukan kepada Nabi Muhammad (saw) dari Allah (swt).
    • Kebersihan Umum (Taharah) Muhammad (saw) mengatakan kebersihan yang merupakan salah satu bagian dari iman.
    • Para Wudhu (Wudhu) Sebuah prasyarat shalat adalah mencuci bagian-bagian tubuh seperti yang diperintahkan oleh Allah (SWT) dan diajarkan oleh Nabi Muhammad (saw).
    • Wudhu kering (Tayammum) Jika air tidak tersedia maka orang mungkin melakukan wudhu kering.
    • Mandi (Mandi) Mandi diperlukan dengan cara yang diajarkan oleh Nabi Muhammad (saw) dalam keadaan tertentu.
    • Shalat (As-Shalah) Semua orang perlu tahu tentang doa termasuk :    Pentingnya Shalat, meninggalkan Shalat, prasyarat Shalat, dua Rak’at dari Sholat, langkah demi langkah panduan untuk melakukan tiga & empat raka’at Shalat dan periahal umum tentang Shalat.
    • Manfaat Medis & Shalat, Wudhu Dunia medis secara terus-menerus menemukan manfaat yg menakjubkan dari Shalat dan wudhu.

    Segala puji bagi Allah (SWT) Pencipta segala yang ada


    Al-Isra:1

    Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda [kebesaran] Kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Melihat. (1)

    Al-Baqarah:256

    Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Ia mendapat pahala [dari kebaikan] yang diusahakannya dan ia mendapat siksa [dari kejahatan] yang dikerjakannya. [Mereka berdo’a]: “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami tersalah.
    Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang yang sebelum kami.
    Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. Beri ma’aflah kami; ampunilah kami; dan rahmatilah kami. Engkaulah Penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir” (286)

    Al-Najm:11-18

    Hatinya tidak mendustakan apa yang telah dilihatnya. (11)
    Maka apakah kamu [musyrikin Mekah] hendak membantahnya tentang apa yang telah dilihatnya? (12)
    Dan sesungguhnya Muhammad telah melihat Jibril itu [dalam rupanya yang asli] pada waktu yang lain, (13)
    [yaitu] di Sidratil Muntaha. (14)
    Di dekatnya ada surga tempat tinggal, (15)
    [Muhammad melihat Jibril] ketika Sidratulmuntaha diliputi oleh sesuatu yang meliputinya. (16)
    Penglihatannya [Muhammad] tidak berpaling dari yang dilihatnya itu dan tidak [pula] melampauinya. (17)
    Sesungguhnya dia telah melihat sebahagian tanda-tanda [kekuasaan] Tuhannya yang paling besar. (18)

    Kebersihan,  Al-Baqarah:222

    Mereka bertanya kepadamu tentang haidh. Katakanlah: “Haid itu adalah kotoran”. Oleh sebab itu hendaklah kamu menjauhkan diri dari wanita di waktu haidh;
    dan janganlah kamu mendekati mereka, sebelum mereka suci Apabila mereka telah suci, maka campurilah mereka itu di tempat yang diperintahkan Allah kepadamu.
    Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang taubat dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri. (222)

    Wudhu,  Al-Maidah:6

    Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan shalat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku, dan sapulah kepalamu dan [basuh] kakimu sampai dengan kedua mata kaki, dan jika kamu junub maka mandilah, dan jika kamu sakit atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air [kakus] atau menyentuh perempuan, lalu kamu tidak memperoleh air, maka bertayamumlah dengan tanah yang baik [bersih]; sapulah mukamu dan tanganmu dengan tanah itu.
    Allah tidak hendak menyulitkan kamu, tetapi Dia hendak membersihkan kamu dan menyempurnakan ni’mat-Nya bagimu, supaya kamu bersyukur. (6)
    Nabi (saw) berkata,
    Allah tidak menerima doa dari orang yang telah dibatalkan wudhu sampai ia melakukan hal itu lagi” (Bukhari, Muslim)
    Nabi (saw) mengatakan,
    Kunci surga adalah doa dan doa adalah kunci untuk kebersihan (Wudhu)“  (Tirmidzi)

    NIAT

    Nabi (saw) berkata,
    Hadiah dari perbuatan tergantung pada niat, dan seseorang akan mendapatkan penghargaan sesuai dengan apa yang dia berniat ..” (HR Bukhari dan Muslim)
    Mereka harus memiliki ketetapan hati yang jelas, Pikiran, dan Berfokus pada menyempurnakan wudhu murni dalam rangka junjungan mereka,

    Mengatakan BISMILAH
    Mencuci tangan, 3x
    Mencuci mulut, 3x
    Mencuci hidung, 3x
    Mencuci wajah, 3x
    Mencuci janggut, 3x
    Mencuci lengan, 3x
    Menyeka Kepala,
    Mencuci kaki, 3x


    Nabi (saw) mengatakan,
    Jika satu selesai (dan sempurna) wudhu dan kemudian berkata: Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah, orang yang tidak memiliki pasangan, dan bahwa Muhammad adalah hamba dan Utusannya. delapan gerbang surga akan dibuka untuk dia dan dia bisa masuk melalui pintu gerbang ia ingin” (Muslim)

    Ash-hadu an laa ilaha ill-allah, wahdahu la sharika lah wa ash-hadu anna Muhammadan abduhu wa rasuluh


    SEMOGA BERMANFA’AT  –  ALHAMDULILLAH


    0 komentar:

    Poskan Komentar


    Terima Kasih Telah Berkunjung di http://khazanahislamku.blogspot.com/

    Berikan Komentar dengan Penuh ETIKA untuk kita Diskusikan bersama

    Prev Next home
     

    About Me

    Assalamu'alaykum.

    Pengunjung dari kota

    Situs Khazanah Islam Ku yang menyajikan artikel islami sesuai dengan Al-Qur'an dan As-Sunnah. In Sya Allah.
    Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda:
    إني قد تركت فيكم شيئين لن تضلوا بعدهما كتاب الله وسنتي
    "Sesungguhnya aku telah tinggalkan untuk kalian dua pedoman yang kalian tidak akan tersesat setelahnya: kitabullah dan sunnahku"
    (HR.Al-Hakim dalam Al-Mustadrak (1/172), dari Abu Hurairah Radhiallahu Anhu. Disahihkan Al-Albani dalam Shaih Al-jami’: 2937)

    Jazakumulloh Khoiron Katsir.

    Recent Comments