Fakta-fakta Kucing

Tentang Toxoplasma pada kucing. Toxoplasma pada kucing terjadi karena adanya makhluk-makhluk mikro organik pada tubuh kucing. Nah, umumnya kucing yang mengalami ini adalah kucing yang tinggal di daerah kotor dan makananya pun makanan kotor. Seperti tempat sampah, TPA, dan sebagainya. Toxoplasma jarang terjadi pada kucing yang tinggal di lingkungan bersih dan diberi makan dengan makanan yang baik


Sudah sepantasnya kita bertanya pada diri kita sendiri, sudahkah kita membersihkan lingkungan kita? Jika tidak, akan muncul berbagai wabah. seperti malaria dan juga toxoplasma.

Anjing haram? Bukannya yang haram itu babi, darah, bangkai dan daging hewan yang menyembelihnya tidak disebutkan nama Allah di dalamnya? Menurut hadist kita diperbolehkan makan daging yang diburu oleh anjing pemburu. Tetapi Islam melarang untuk memeliharanya di dalam rumah. Karena anjing terbiasa sembarangan saat membuang kotoran, berbeda dengan kucing yang menimbun kotorannya, dan oleh terkenal karena kebersihannya (meskipun mereka takut air, tetapi mereka selalu membersihkan diri dan merawat diri mereka sendiri dengan menjilati bulu-bulunya secara rutin. Kadangkala kucing memuntahkan semacam hairball atau gulungan rambut yang terkumpul di dalam perutnya. Kucing termasuk hewan yang sangat bersih. Mereka sering merawat diri dengan menjilati rambut mereka. Saliva atau air liur mereka adalah agen pembersih yang kuat, walau dapat menimbulkan alergi pada manusia).

Kucing (Felis silvestrid-catus), terutama kucing rumah adalah salah satu hewan predator paling hebat di dunia. Kucing ini mampu membunuh dan atau memakan beberapa ribu species, mengalahkan kucing besar (seperti singa, harimau, dan sejenisnya) yang hanya mampu memangsa kurang dari 100 species. Namun karena ukurannya terbilang kecil, maka tidak berbahaya bagi manusia.

Kucing adalah hewan dengan penampilan kalem, cool, cuek, bahkan terlihat manja. Tetapi dalam penampilannya yang manis tersebut, kucing adalah hewan pemberani dan cekatan. Dalam beberapa kejadian diceritakan, kucing berani berhadapan dengan hewan yang ukuran tubuhnya bahkan lebih besar dari ukuran tubuhnya sendiri dan juga lebih berbahaya, seperti misalnya anjing, beruang, ular cobra, hiu air, dan sebagainya.

Karnivora Sempurna. Kucing memiliki gigi yang bekerja efektif seperti gunting dan saluran pencernaan yang khusus. Hal tersebut menjadikannya sebagai karnivora sempurna. Tidak seperti beruang atau anjing yang terkadang melahap buah-buahan, akar-akaran, atau madu, kucing hanya mau memakan daging.

Kucing telah berasosiasi dengan kehidupan manusia sekurangnya sejak 3500 tahun yang lalu. Ketika itu orang Mesir kuno telah menggunakan kucing untuk mengusir hama tikus dan hewan pengerat lainnya dari hasil panen mereka. Namun, percaya atau tidak, di dunia ini hanya terdapat 1% populasi kucing di dunia yang termasuk galur murni atau kucing ras. Sisanya adalah kucing hasil pencampuran dari berbagai ras atau biasa yang kita sebut sebagai kucing kampung. Karena itu, kucing ras termasuk kucing yang paling sering dicari dan mahal harganya.

Kucing dapat melihat cahaya yang sangat terang. Namun apabila cahaya yang ada terlalu sedikit, kucing akan menggunakan kumisnya untuk membantu menentukan arah. Kucing dapat mendeteksi perubahan angin sekecil apapun, membuat mereka dapat mengetahui letak benda-benda di sekitarnya tanpa harus melihat.

Mereka adalah hewan penyendiri. Setiap kucing memiliki daerahnya sendiri-sendiri. Mereka menandai daerahnya dengan cara mengencingi untuk meninggalkan baunya. Bila ada kucing yang masuk ke wilayah kucing lain, biasanya akan terjadi perkelahian. Namun selalu ada daerah netral bagi mereka, di mana mereka dapat saling berpapasan tanpa harus bertarung.

Hard Life. Kucing di daerah urban modern.

Kucing biasanya memiliki berat badan antara 2,5 hingga 7 kg dan jarang melebihi 10 kg, kecuali diberi makan berlebih, si pussy bisa mencapai berat badan 23 kg. Dalam penangkaran, kucing dapat hidup selama 15 hingga 20 tahun, dimana kucing tertua pernah diketahui berusia 36 tahun! Kucing liar yang hidup di lingkungan urban modern hanya mampu hidup selama 2 tahun atau bahkan kurang dari itu.
Di kota-kota di Eropa dan Amerika kucing terbukti lebih banyak membunuh daripada singa dan sejenisnya itu terbukti benar, meskipun mereka sudah diberi makan di rumah-rumah, keberadaan mereka tetap menjadi masalah karena mereka tetap saja membunuh burung-burung liar, dan kebanyakan hanya untuk bersenang-senang saja. Pernah melihat mereka bermain-main dengan buruannya bukan??! Seperti tikus atau cicak contohnya.

Di Australia kucing rumahan juga menjadi masalah tersendiri, karena mereka memakan anak-anak hewan berkantung (marsupial) yang masih kecil-kecil. Di sana ada petugas yg kerjanya berburu kucing di pedalaman, mereka membawa senapan pemburu seperti layaknya disini orang berburu babi atau burung, para petugas tersebut akan menembaki kucing-kucing itu jika keberadaan mereka memasuki habitat area marsupial setempat oleh karena dikhawatirkan dapat memusnahkan koloni marsupial tersebut nantinya.

Kucing menyukai benda-benda hijau seperti rumput. Dan mereka juga suka makan rumput. hal tersebut adalah sesuatu yang alami yang tidak harus dikhawatirkan. Mereka makan rumput untuk meredakan sakit perut, batuk, dan untuk meredakan peradangan pada tenggorokan mereka.

1 diantara 4 rumah di Amerika mempunyai kucing.

25% pemilik kucing mem-blow dry kucing mereka sesudah memandikannya. Apakah anda termasuk yang 25% ini?

Mereka menunjukkan kepercayaan mereka kepada pemilik mereka dengan mendengkur atau berguling di punggung mereka.

Dalam kerajaan binatang, IQ kucing hanya dapat dilewati oleh monyet dan simpanse.

"Ternyata kucing itu bermimpi dan mengigau juga, dan kalau kentut baunya asem banget, bisa bunyi pula, suka iseng makanin serangga seperti kecoak, tapi abis itu dimuntahin, bisa diajarin buang kotoran di kamar mandi, kalo dari kecil dibecandain terus gedenya jadi hiperaktif, kalo ga suka dicakar, jangan pernah becandain pake tangan, sampe dia gede ga akan pernah selamet tuh tangan, kucing manja suka ngenyotin selimut, kucing gede gak selalu pemberani, kadang harus nganterin dia boker di luar kalo malem kalo dia udah mulai meong2 kebelet tapi ga mau kluar rumah..."

Bagaimana solusinya agar kucing suka makan apa saja (misalnya nasi atau sayuran )?? Bisa saja, tetapi nasi dan sayurannya (bukan sayur yang berkuah) harus diurap/dicampur dengan ikan asin/ikan goreng dengan merata. Sayurnya akan dimakan sedikit, untuk sumber serat. Coba anda lihat kalo kucing sedang ada di rerumputan, kadang dia makan sedikit rumput, biasanya kucing yang begini udah merasakan ada problem dipencernakannya.

Tahu kah anda jika kucing kesayangan anda tidak bisa mencerna susu sapi untuk manusia dengan baik karena mengandung laktosa? Ya, perut kucing tidak dapat mencerna laktosa dengan baik, maka dari itu sebaiknya kucing kita beri susu khusus untuk kucing atau paling tidak susu bayi yang bebas laktosa.

Kucing langka. Memang jenis kucing kampung adalah yang paling banyak, tetapi ada juga jenis kucing yang sangat langka bahkan terancam kepunahan di muka bumi. Hanya terdapat sekitar 250 ekor kucing mirip musang di Malabar, Asia yang berjuang dari kepunahan. Kucing Iriomote, ditemukan di kepulauan Jepang Iriomotejima, dengan jumlah kurang dari 100 ekor.

Kucing juga memiliki perasaan. Video yang berkisah tentang seekor kucing yang sangat sedih ketika melihat kekasih atau mungkin kawannya yang meninggal dunia (yang mungkin bisa jadi tertabrak mobil), dan dengan setia menunggu di depan jasadnya, berusaha membangunkan jasad kekasih/kawannya dengan harapan bisa hidup kembali. Tetapi apa daya dia tak bisa hidup kembali, lalu seseorang berusaha membawa jasad itu untuk di kubur di tempat yang layak. Sungguh... seekor kucing pun mempunyai rasa sayang dan setia kepada kawan/kekasihnya. Tapi terkadang manusia (bahkan mungkin diantara kita sendiri) bisa begitu mudah membuang nyawa sesama dengan penuh benci dan dendam..
Bisa menjadi sebuah renungkan bagaimana rasanya jika kita ditinggalkan orang yg sangat kita sayangi selama lamanya dan dia takkan kembali lagi..
A Muslim folktale asks, "Why do cats drink milk with their eyes closed?" and is answered, "So when asked by Muhammad if they've had any milk, cats can truthfully answer they've not seen any!" ~Amy Shojai's The Incomparable Cat
 *Source & thanks: Majalah Adzzikra 2007, wikipedia, google, youtube.
Share on Google Plus

About Admin

Khazanahislamku.blogspot.com adalah situs yang menyebarkan pengetahuan dengan pemahaman yang benar berdasarkan Al-Qur'an dan As-Sunnah dengan pemahaman generasi terbaik dari para sahabat Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam beserta pengikutnya.
    Blogger Comment

0 komentar:

Post a Comment


Terima Kasih Telah Berkunjung di khazanahislamku.blogspot.com

Berikan Komentar dengan Penuh ETIKA untuk kita Diskusikan bersama