DO’A YANG TAK DIDENGAR & SA’AT DO’A TERKABUL
Doa ini singkat, padat, tetapi maknanya amatlah mendalam. Hadis ini mengupas tuntas empat pangkal masalah utama manusia.
Masalah yang pertama dan utama adalah
jika hatinya sudah tidak bisa lagi khusyuk, sehingga tak ada lagi rasa
takut kepada Allah SWT, maka amaliah ibadahnya menjadi rutinitas yang
menjemukan dan kering tanpa kenikmatan ibadah.
Ada satu doa Nabi Muhammad SAW yang amat indah.“Ya Allah, aku berlindung pada-Mu dari hati yang tidak khusyuk, dan dari ilmu yang tidak bermanfaat, dan dari nafsu yang tidak pernah kenyang, dan dari doa yang tidak lagi didengar.” (Jami’us Shaghir, hadis sahih)
Jika kondisi ini sudah menguasainya maka
ia akan dikenai penyakit berikutnya, yaitu ilmunya menjadi tidak lagi
bermanfaat bagi akhiratnya. Semua cara akan dikerahkan untuk
menghalalkan segala cara demi mencapai tujuannya, yakni dunia semata.
Lalu, jika ia sudah dihinggapi penyakit
kedua tersebut, maka jika dibiarkan ia akan melangkah pada stadium
ketiga, yaitu nafsu yang tidak akan bisa kenyang, tak pernah mengenal
puas, apa pun akan diterabas demi memuaskan keinginan hawa nafsunya.
Dan, jika ia telah mengalami tingkat ini maka ia akan terkena stadium
terakhir yang mematikan, yakni doanya tak lagi didengar oleh Allah.Jika ini yang terjadi maka mau tinggal di mana lagi kita ini. Bumi mana yang akan kita injak, langit mana tempat kita berteduh, jika doa kita sudah tidak lagi didengar oleh Allah SWT?
Manusia semacam ini persis seperti yang digambarkan oleh Allah SWT:
“Atau, seperti gelap gulita di lautan yang dalam, yang diliputi oleh ombak, yang di atasnya ombak (pula), di atasnya (lagi) awan; gelap gulita yang tindih-menindih, apabila dia mengeluarkan tangannya, tiadalah dia dapat melihatnya, (dan) barang siapa yang tiada diberi cahaya (petunjuk) oleh Allah, tiadalah dia mempunyai cahaya sedikit pun.” (QS an-Nuur: 40)
Melalui momen peringatan Maulid Nabi
Muhammad SAW ini, saya menasihati diri saya sendiri dan kita sekalian
untuk selalu merasa takut kepada Allah SWT dari kemaksiatan.
Jika beribadah, maka lakukanlah dengan
khusyuk, teteskan air mata saat menghadap Allah, karena dari-Nya kita
berasal dan kepada-Nya kita akan kembali.
Kita berharap, ilmu yang dimiliki dapat
menjadi cahaya yang selalu menuntun kita pada kebenaran, menjauhi
kemaksiatan dan kemungkaran, agar doa kita layak didengar dan dikabulkan
Allah SWT.
QS.24 Al-Noor – Surah CAHAYAAllah [Pemberi] cahaya [kepada] langit dan bumi. Perumpamaan cahaya Allah, adalah seperti sebuah lubang yang tak tembus, yang di dalamnya ada pelita besar. Pelita itu di dalam kaca [dan] kaca itu seakan-akan bintang [yang bercahaya] seperti mutiara, yang dinyalakan dengan minyak dari pohon yang banyak berkahnya,[yaitu] pohon zaitun yang tumbuh tidak di sebelah timur [sesuatu] dan tidak pula di sebelah barat [nya], yang minyaknya [saja] hampir-hampir menerangi, walaupun tidak disentuh api. Cahaya di atas cahaya [berlapis-lapis],Allah membimbing kepada cahaya-Nya siapa yang Dia kehendaki, dan Allah memperbuat perumpamaan-perumpamaan bagi manusia, dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu. (35)Bertasbih kepada Allah di masjid-masjid yang telah diperintahkan untuk dimuliakan dan disebut nama-Nya di dalamnya, pada waktu pagi dan waktu petang, (36)
laki-laki yang tidak dilalaikan oleh perniagaan dan tidak [pula] oleh jual-beli dari mengingat Allah, dan [dari] mendirikan sembahyang, dan [dari] membayarkan zakat. Mereka takut kepada suatu hari yang [di hari itu] hati dan penglihatan menjadi goncang. (37)
[Mereka mengerjakan yang demikian itu] supaya Allah memberi balasan kepada mereka [dengan balasan] yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan, dan supaya Allah menambah karunia-Nya kepada mereka. Dan Allah memberi rezki kepada siapa yang dikehendaki-Nya tanpa batas. (38)
Dan orang-orang yang kafir amal-amal mereka adalah laksana fatamorgana di tanah yang datar, yang disangka air oleh orang-orang yang dahaga, tetapi bila didatanginya air itu dia tidak mendapatinya sesuatu apapun. Dan di dapatinya [ketetapan] Allah di sisinya, lalu Allah memberikan kepadanya perhitungan amal-amal dengan cukup dan Allah adalah sangat cepat perhitungan-Nya. (39)
Saat-Saat Terkabulnya Doa
Berdoa dianjurkan kapan saja. Tetapi ada saat-saat istimewa. Kapan?
Allah SWT berfirman :
Rasulullah SAW bersabda:“…Mereka (para muttaqin) sedikit sekali tidur di waktu malam, dan di akhir malam, mereka memohon ampun (kepada Allah).” (QS. Adz-Dzariyat: 18-19)
Dan Amr bin Ibnu Abasah mendengar Nabi SAW bersabda:“Rabb (Tuhan) kita turun di setiap malam ke langit yang terendah, yaitu saat sepertiga malam terakhir, maka Dia berfirman : Siapa yang berdoa kepadaKu maka Aku kabulkan, siapa yang meminta kepadaKu maka Aku berikan kepadanya, dan siapa yang meminta ampun kepadaKu maka Aku ampunkan untuknya” (HR. Al-Bukhari no. 1145, 6321 dan Muslim no. 758)
“Tempat yang paling mendekatkan seorang hamba dengan Tuhannya adalah saat ia dalam sujudnya dan jika ia bangun melaksanakan shalat pada sepertiga malam yang akhir. Karena itu, jika kamu mampu menjadi orang yang berdzikir kepada Allah pada saat itu maka jadilah.” (HR. At-Tirmidzi, Ahmad dan di-shahih-kan oleh At-Tirmidzi, Al-Hakim, Adz-Dzahabi, dan Al-Albani).
Sayangnya waktu mustajab ini sering
disalahgunakan sebagian umat Islam yang kurang mengerti sunnah atau oleh
orang yang kurang menghargai sunnah, sehingga diisi dengan hal-hal yang
tidak baik dan tidak dianjurkan Islam, membicarakan urusan dunia, atau
hal-hal lain yang tidak bernilai ibadah.
Hal-hal semacam ini sangat merugikan pelakunya karena tidak mengikuti sunnah Nabi SAW dengan sempurna.Ketentuan waktu ini berdasarkan hadits Anas bin Malik RA, bahwasanya Rasulullah SAW bersabda:
Juga berdasarkan hadits Abdullah bin Amr Ibnul Ash RA, bahwa ada seorang laki-laki berkata: “Wahai Rasulullah, sesungguhnya para muadzin itu telah mengungguli kita”, maka Rasulullah SAW bersabda:“Doa itu tidak ditolak antara adzan dan iqamah, maka berdoalah!” (HR. Ahmad dan Ibnu Hibban, shahih menurut Ibnu Khuzaimah, Ibnu Hibban dan menurut Al-Arnauth dalam Jami’ul Ushul).
“Ucap-kanlah seperti apa yang diucapkan oleh para muadzin itu dan jika kamu selesai (menjawab), maka memohonlah, kamu pasti diberi.” (HR. Abu Dawud dan Ibnu Hibban, di-hasan-kan oleh Al-Arnauth dan Al-Albani).
3. Pada waktu sujud. Yaitu sujud dalam shalat.
Atau sujud-sujud lain yang diajarkan Islam. Seperti sujud syukur, sujud tilawah dan sujud sahwi. Dalilnya adalah hadits Abu Hurairah RA, bahwasanya Rasulullah SAW bersabda:Dan hadits Ibnu Abbas RA, ia berkata : “Rasulullah SAW membuka tabir (ketika beliau sakit), sementara orang-orang sedang berbaris (shalat) di belakang Abu Bakar RA, maka Rasulullah SAW bersabda:
“Wahai sekalian manusia, sesungguhnya tidak tersisa dari mubasysyirat nubuwwah (kabar gembira lewat kenabian) kecuali mimpi bagus yang dilihat oleh seorang muslim atau diperlihatkan untuknya. Ingatlah bahwasanya aku dilarang untuk membaca Al-Qur’an ketika ruku’ atau ketika sujud. Adapun di dalam ruku’, maka agungkanlah Allah dan adapun di dalam sujud, maka giat-giatlah berdoa, sebab (hal itu) pantas dikabulkan bagi kalian.” (HR. Muslim)
Yaitu setelah melaksanakan shalat-shalat wajib yang lima waktu, termasuk sehabis shalat Jum’at. Allah berfirman:
Juga berdasarkan hadits Umamah Al-Bahili, ia berkata : “Rasulullah SAW ditanya tentang doa apa yang paling didengar (oleh Allah), maka beliau bersabda:“Dan bertasbihlah kamu kepada-Nya di malam hari dan selesai shalat.” (QS. Qaaf: 40)
“Tengah malam terakhir dan setelah shalat-shalat yang diwajibkan” (HR. At-Tirmidzi, ia berkata: hadist ini hasan)
Karena itu Imam Syafi’i dan para pengikutnya berkata, dianjurkan bagi imam dan makmumnya serta orang-orang yang shalat sendirian memper-banyak dzkir, wirid dan doa setelah selesai shalat fardhu.
Dan dianjurkan membaca dengan pelan,
kecuali jika makmum belum mengerti maka imam boleh mengeraskan agar
makmum menirukan. Setelah mereka mengerti, maka semua kembali pada hukum
semula yaitu sirri (samar-samar). (Syarh Muhadzdzab, III/487).
Yaitu sesaat di setiap malam dan sesaat setiap hari Jum’at. Hal ini berdasarkan hadist Jabir RA, ia berkata: Saya mendengar Rasulullah SAW bersabda:
Di dalam hadist Muslim dan Abu Dawud dijelaskan:“Di dalamnya ada satu saat (yang mustajab) tidaklah seorang hamba muslim yang kebetulan waktu itu sedang mendirikan shalat (atau menunggu shalat) dan memohon kepada Allah sesuatu (hajat) melain-kan Allah pasti mengabulkan permo-honannya.” dan Nabi mengisyaratkan dengan tangannya akan sedikitnya saat mustajab itu. (HR. Al-Bukhari)
“Yaitu waktu antara duduknya imam (khatib) sampai selesainya shalat (Jum’at)”Inilah riwayat yang paling shahih dalam hal ini. Sedangkan dalam hadist Abu Dawud yang lain Nabi memerintahkan agar kita mencarinya di akhir waktu Ashar.
An-Nawawi rahimmahullah menjelaskan bahwa
para ulama berselisih dalam menentukan saat ijabah ini menjadi sebelas
pendapat. Yang benar-benar saat ijabah adalah di antara mulai naiknya
khatib ke atas mimbar sampai selesainya imam dari shalat Jum’at. Hal ini berdasarkan hadist yang sangat jelas dalam riwayat Muslim di atas.
Imam An-Nawawi rahimmahullah melanjutkan: “Adapun hadist yang berbunyi:maka hal ini memberi kemungkinan bahwa saat ijabah itu bisa berpindah-pindah, kadang-kadang di saat ini, kadang-kadang di saat itu seperti halnya lailatul qadar.”‘Carilah saat itu pada akhir sesudah Ashar’ (HR. Abu Dawud dan An-Nasa’i dengan sanad shahih)
Imam Ahmad rahimmahullah berkata:
“Kebanyakan ahli hadits menyatakan saat itu adalah setelah Ashar dan diharapkan setelah tergelincirnya matahari.”
Dalam Kitab Al-Jawabul Kafi beliau berkata
(Pertama)
jika doa
itu disertai dengan hadirnya kalbu dan totalitasnya dalam
berkonsentrasi terhadap apa yang diminta, dan bertepatan dengan salah
satu dari waktu-waktu ijabah yang enam itu, yaitu :- Sepertiga akhir dari waktu malam.
- Ketika adzan.
- Waktu antara adzan dan iqamah.
- Setelah shalat-shalat fardlu.
- Ketika imam naik ke atas mimbar pada hari Jum’at sampai selesainya shalat Jum’at pada hari itu.
- Waktu terakhir setelah Ashar.
(Kedua)
Jika doa
tadi bertepatan dengan kekhusyu’an hati, merendahkan diri di hadapan
Sang Penguasa. Menghadap kiblat, berada dalam kondisi suci dari hadats,
mengangkat kedua tangan, memulai dengan tahmid (puji-pujian), kemudian
membaca shalawat atas Muhammad.
Lalu bertobat dan beristighfar sebelum
menyebutkan hajat. Kemudian menghadap kepada Allah,
bersungguh-bersungguh dalam memohon dengan penuh kefaqiran, dibarengi
dengan rasa harap dan cemas.
Dan bertawassul dengan asma dan sifatNya serta mentauhidkanNya. Lalu ia dahului doanya itu dengan sedekah terlebih dahulu, maka doa seperti itu hampir tidak tertolak selamanya.Apalagi jika memakai doa-doa yang dikabarkan Nabi SAW sebagai doa yang mustajab atau yang mengandung Al-Ismul-A’zham (Nama Allah Yang Mahabesar).”
Ya Allah, kabulkanlah doa-doa kami
Wallahu a’lam
Syekh Moh. Thariq Muhammad Shalih, A’malul Muslim filYaumi wal Lailah.
Al-Hafidz Ibnu Hajar, Fathul Bari 11/132.
An-Nawawi, Majmu’ IV/487 dan 548 -550.
Ibnu Qayyim, Al-Jawabul Kafi Hal 12.
Dan lain-lain.BawahUmum(“”, “Saat-Saat Terkabulnya Doa”, “Abu Hamzah
http://delss.wordpress.com/2007/11/30/saat-saat-terkabulnya-doa/
Saat-Saat Terkabulnya Doa,doa doa mustajab, doa yang dikabul, doa istimewah, doa yang di kabulkan allah, cara berdoa, adab dan doa di ijabah
REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Habib Nabiel al-Musawa
http://www.kabarislam.com/doa-doa/saat-saat-terkabulnya-doa.
0 komentar:
Post a Comment
Terima Kasih Telah Berkunjung di khazanahislamku.blogspot.com
Berikan Komentar dengan Penuh ETIKA untuk kita Diskusikan bersama