Carilah Hati Anda

Imam Abu Hamid Al-Ghazali berkata, “Carilah hatimu di tiga tempat : pertama, ketika membaca Al-Qur’an; kedua, ketika shalat; dan ketiga, ketika mengingat kematian. Jika di tiga tempat tersebut engkau belum menemukan hatimu, maka mohonlah kepada Allah untuk memberimu hati, sebab engkau tidak sedang mempunyainya.” 
Bayangkan, syukur bila anda berhasil menemukan hati anda di tiga kesempatan tersebut. Perasaan apa yang akan mengalir di jiwa anda? Tentu saja anda akan berada dalam puncak kebahagiaan, bukankah demikian, saudaraku?

Saya lihat anda terdiam… mengapa? Apakah anda sedang mencari sebuah hati bagi diri anda? Ingatlah untuk tidak pernah berputus asa menunggu di pintu, meski anda ditolak!

Oya mengenal action plan amalan harian. Ada saran, sebagai target awal 1 minggu depan, yuk siapkan jurnal harian “daily accountability” anda :
  • Mengawali pagi dengan bangun mulai jam 3.30, kemudian lanjutkan dengan ibadah Qiyamul Lail + witir
  • Kemudian lanjutkan dengan shalat sunnah fajar + fardlu subuh berjamaah, jangan lupa seusai itu baca dzikir paginya.
  • Awali aktivitas harian dengan shalat dhuha terlebih dahulu, kalau istilah saya beli dulu waktu hari ini dengan shalat dhuha, insya Allah semua target aktivitas hari ini akan dimudahkan oleh Allah dalam pelaksanaannya.
  • Jaga wudlu, selalu berdzikir (mengingat Allah) dalam setiap aktivitas, jaga hati untuk selalu mengingat Allah.
  • Shalat fardlu berjamaah ke masjid.
  • Bermurah hati pada orang lain, kreatiflah untuk hal yang satu ini, bikin kejutan untuk orang lain, maka kau akan dikejutkan oleh Allah
  • Jaga pandangan, menghindari bersentuhan dengan yang bukan mahram, hal ini berhubungan dengan dosa besar zina
  • Jangan berhenti belajar, saya suka mendengarkan tausiah, kajian dalam bentuk audio mp3, sambil mengerjakan aktivitas harian saya.
  • Jangan lupa sempatkan dalam 1 hari ini untuk membaca Al-Qur’an, karena dzikir yang terbaik adalah membaca Al-Qur’an
  • Jangan lupa dzikir sorenya.
  • Kemudian menjelang tidur, jangan lupakan sunnah sebelum tidurnya.
Mudah-mudahan kita tetap selalu bisa istiqomah dalam usaha memperbaiki diri kita setiap harinya, hari ini harus selalu lebih baik dari hari kemarin. Mulai dari yang termudah, mulai dari yang sederhana. Ibadah yang disukai oleh Allah adalah yang rutin kita kerjakan.
Ada hadist dari Abu Hurairah, Rasulullah bersabda, “Maukah kalian aku tunjukkan apa yang dengannya Allah akan menghapus dosa dan meninggikan derajat.” Para sahabat menjawab, “Mau, wahai Rasulullah.” Beliau bersabda, “Yaitu menyempurnakan wudhu’ pada saat yang tidak disukai (menyulitkan), banyak melangkah ke masjid, dan menunggu shalat setelah shalat. Dan itulah ribath, dan itulah ribath.” (HR Muslim).
Selamat mencoba ya saudaraku, semoga kita dimudahkan Allah dalam setiap langkah perjalanan untuk mengenal diri dan mengenal-Nya.
Aamiin…
Share on Google Plus

About Admin

Khazanahislamku.blogspot.com adalah situs yang menyebarkan pengetahuan dengan pemahaman yang benar berdasarkan Al-Qur'an dan As-Sunnah dengan pemahaman generasi terbaik dari para sahabat Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam beserta pengikutnya.
    Blogger Comment

0 komentar:

Post a Comment


Terima Kasih Telah Berkunjung di khazanahislamku.blogspot.com

Berikan Komentar dengan Penuh ETIKA untuk kita Diskusikan bersama