1. Allah menurunkan Wahyu Atas Kehendak dan kebijaksanaan-Nya
Dan Sesungguhnya kami Telah mengutus beberapa Rasul sebelum kamu
dan kami memberikan kepada mereka isteri-isteri dan keturunan. dan tidak
ada hak bagi seorang Rasul mendatangkan sesuatu ayat (mukjizat)
melainkan dengan izin Allah. bagi tiap-tiap masa ada Kitab (yang
tertentu) (ar ra’ad:38)
Kata: bi idzillah yang berarti atas idzin Allah adalah sama dengan atas Kehendak Allah.
Dan tidak mungkin bagi seorang manusiapun bahwa Allah
berkata-kata dengan dia kecuali dengan perantaraan wahyu atau dibelakang
tabir atau dengan mengutus seorang utusan (malaikat) lalu diwahyukan
kepadanya dengan seizin-Nya apa yang dia kehendaki. Sesungguhnya dia
Maha Tinggi lagi Maha Bijaksana. (Asy-syura:51)
WAHYU ALLAH DIJAGA KESUCIAN DAN KEMURNIANNYA (reaksi umat yang positif dan negatif)
Dan Demikianlah kami jadikan bagi tiap-tiap nabi itu musuh, yaitu
syaitan-syaitan (dari jenis) manusia dan (dan jenis) jin, sebahagian
mereka membisikkan kepada sebahagian yang lain perkataan-perkataan yang
indah-indah untuk menipu (manusia). Jikalau Tuhanmu menghendaki, niscaya
mereka tidak mengerjakannya, Maka tinggalkanlah mereka dan apa yang
mereka ada-adakan. (al an’am:112)
Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan ADZIKRA, dan Sesungguhnya
kami benar-benar memeliharanya. Dan Sesungguhnya kami Telah mengutus
(beberapa rasul) sebelum kamu kepada umat-umat yang terdahulu. Dan tidak
datang seorang rasulpun kepada mereka, melainkan mereka selalu
memperolok-olokkannya. Demikianlah, kami mamasukkan (rasa ingkar dan
memperolok-olokkan itu) kedalam hati orang-orang yang berdosa
(orang-orang kafir), Mereka tidak beriman kepadanya (Al Quran) dan
Sesungguhnya Telah berlalu sunnatullah terhadap orang-orang dahulu. (al hijr:9-13)
KESINAMBUNGAN WAHYU ALLAH
Bahwa Allah bukan hanya menurunkan wahyu-Nya kepada para nabi dan
rasul-Nya tetapi Allah juga menjaga kesucian dan kemurnian wahyu-Nya (alhijr:9)
Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan ADZIKRA (pemikiran) itu, dan Sesungguhnya kami benar-benar memeliharanya (al-hijr:9)
Adanya wahyu yang pernah diturunkan kemudian dihapuskan, dan ada yang tetap diberlakukan, (ar-ra’ad:39).
Maka wahyu yang diturunkan sebelum alquran, yang diturunkan kepada
nabi-nabi dan rasul-Nya, hanya berlaku untuk jangka waktu yang
ditentukan – LI KULLI AJALIN KITAB- (pada tiap-tiap jangka waktu yang
ditentukan berlaku kitab itu) (ar-ra’ad:38) karena
wahyu Allah sebagai satu kesatuan, yang diturunkan kepada nabi dan
rasul-Nya, kemudian ada yang dihapuskan dan ada yang tetap diberlakukan
untuk masa kenabian berikutnya (albaqarah:106).
Dan Sesungguhnya kami Telah mengutus beberapa Rasul sebelum kamu
dan kami memberikan kepada mereka isteri-isteri dan keturunan. dan tidak
ada hak bagi seorang Rasul mendatangkan sesuatu ayat (mukjizat)
melainkan dengan izin Allah. bagi tiap-tiap masa ada Kitab (yang
tertentu). Allah menghapuskan apa yang dia kehendaki dan menetapkan (apa
yang dia kehendaki), dan di sisi-Nya-lah terdapat Ummul-Kitab (Lauh
mahfuzh). (ar-ra’ad:38-39)
Ayat mana saja yang kami nasakhkan, atau kami jadikan (manusia)
lupa kepadanya, kami datangkan yang lebih baik daripadanya atau yang
sebanding dengannya. Tidakkah kamu mengetahui bahwa Sesungguhnya Allah
Maha Kuasa atas segala sesuatu? (albaqarah:106)
Adanya “janji Allah” yang dinyatakan kepada para nabi dan Rasul-Nya
yang berkenaan dengan perkembangan kehidupan umat dalam menyongsong masa
depan (eschatologis)
Kisah adam
Allah senantiasa membuka pintu tobat bagi manusia (an-nisa’:17) maka dilarang manusia berputus asa dari rahmat Allah (az-zumar:53). Perhatikan kisah Adam dalam kitabnya kaum Nasrani:
Lalu firman Allah kepada Adam: Bahwa sebab telah engkau mendengar
akan kata binimu serta sudah makan buah pohon, yang telah kupesan
kepadamu jangan engkau makan dia, maka terkutuklah bumi itu karena sebab
engkau, maka dengan kesusahan engkau akan makan hasilnya seumur hidupmu
(Kejadian 3:17).
Kutukan Allah terhadap bumi, karena pelanggaran Adam itu, oleh Allah
telah dicabut dan dimaafkan, setelah terjadinya topan besar pada jaman
Nabi Nuh:
Maka haramlah baunya kepada Tuhan, lalu kata Tuhan dalam dirinya.
Bahwa tiada Aku hendak mengkutuki bumi itu lagi dari sebab manusia,
meskipun sangka-sangka hati manusia itu jahat adanya daripada kecil mula
dan tiada lagi aku akan membinasakan pula segala keadaan yang hidup
seperti yang telah Kuperbuat itu. (kejadian, 8:21).
Jadi kutuk terhadap bumi dan membinasakan keadaan yang hidup dengan
mendatangkan banjir, sudah tidak akan diperbuat lagi oleh Tuhan.
Maka dilihat Tuhan kejahatan manusia itu terlampaui banyak diatas
bumi dan pada sedia kala segala akal pikiran hatinya jahat semata-mata.
Maka bersesallah Tuhan sebab telah dijadikannya manusia diatas bumi,
maka ia itu menduka-citakan hatinya. Maka firman Tuhan: Bahwa aku akan
membinasakan manusia yang telah kujadikan diatas bumi, baik manusia,
baik binatang yang berkaki empat, dan binatang yang melata, dan unggas
yang diudara, karena bersesallah Aku sebab telah Kujadikan mereka itu.
Tetapi Nuh itu mendapat karunia dihadirat Tuhan (Kejadian, 6:5-8).
Janji Allah pada Ibrahim
Seorang sahaya (hamba) dalam rumah Ibrahim yang menjadi waris Ibrahim:
Dan lagi sembah Abram: Bahwa sesungguhnya tiadalah Tuhan
mengaruniakan anak buah kepada sahaya niscaya seorang hamba, yang
diperanakkan dalam rumah sahaya itu akan menjadi waris sahaya.
(kejadian, 15:3)
Maka kanak-kanak itu akan menjadi seorang bagai keledai hutan
lakunya dan tangannya akan melawan segala orang dan tangan segala
orangpun akan melawan dia, maka iapun akan duduk pada sebelah timur
segala saudaranya. Maka pada masa Hagar memperanakkan Ismail bagi Abram
itu, adalah umur Abram delapan puluh enam tahun. (kejadian, 16:12, 16)
Tanda perjanjian antara Allah dengan Ibrahim.
Maka inilah perjanjianKu antara Aku dengan dikau dan dengan anak
cucumu kemudian daripadamu, yang patut dipeliharakan oleh kamu, yaitu
segala anak laki-laki diantara kamu itu hendaklah disunatkan. Hendaklah
kamu menyunatkan daging kulupmu akan tanda perjanjian yang diantara Aku
dengan dikau. Maka anak laki-laki yang umur delapan hari itu patut
disunatkan, yaitu segala laki-laki dalam bangsamu, dan orang yang
diperanakkan dalam rumahmu dan yang dibeli dengan uang kepada segala
orang dagang, yang bukan daripada anak buahmu. Baik laki-laki yang jadi
dalam rumahmu, baik yang dibeli dengan uang, tak dapat tiada disunatkan
juga, supaya perjanjianKu dalam tubuhmu itu menjadi satu perjanjian yang
kekal adanya. (kejadian, 17:10-13)
Sangsi atas adanya perjanjian tersebut:
Adapun segala orang laki-laki yang berkulup dan yang daging
kulupnya tiada disunatkan, akan ditumpas dari antara bangsanya, karena
telah diubahnya perjanjian-Ku. (kejadian, 17:14)
Al Quran memberi petunjuk berkenaan dengan anak Ibrahim yang pertama, yaitu Ismail demikian:
Dan Ceritakanlah (hai Muhammad kepada mereka) kisah Ismail (yang
tersebut) di dalam Al Quran. Sesungguhnya ia adalah seorang yang benar
janjinya, dan dia adalah seorang Rasul dan nabi. (Maryam: 54)
Sarah juga akan mendapat berkat Tuhan
Dan lagi Firman Allah kepada Ibrahim: Maka akan hal Sarai,
istrimu itu, jangan lagi engkau panggil namanya Sarai, melainkan Sarah
itulah akan namanya. Karena Aku akan memberi berkat kepadanya serta
daripadanya juga Aku akan menganugerahkan seorang anak laki-laki
kepadamu, bahkan Aku akan memberi berkat kepadanya, sehingga ia akan
menjadi asal beberapa bangsa dan raja beberapa bangsapun akan
berpancaran daripadanya. (kejadian, 17:15-16)
Maka pada masa itu sujudlah Ibrahim dengan mukanya sampai kebumi
sambil tertawa, lalu berkata ia dalam hatinya: bolehkah jadi kanak-kanak
lagi seorang yang sudah seratus tahun umurnya? Bolehkah Sarah, yang
sudah Sembilan puluh tahun umurnya itu lagi beranak?. Maka sembaha
Ibrahim kepada Allah: Ya Tuhan, biar apalah Ismail saja hidup dihadapan
hadiratMu. Maka firman Allah: bahwa sesungguhnya Sarah istrimu itu,
beranak kelak bagimu laki-laki seorang, hendaklah engkau namakan dia
Ishak, maka Aku akan meneguhkan perjanjianKu dengan dia, yaitu suatu
perjanjian yang kekal, serta dengan anak buahnya yang kemudian
daripadanya. Maka akan hal Ismail itupun telah kululuskan permintaanmu,
bahwa sesungguhnya Aku telah memberkati akan dia dan membiakkan dia akan
perbanyakkan dia amat sangat dan dua belas orang raja-raja akan
berpencar daripadanya dan Aku akan menjadikan dia satu bangsa yang
benar. Akan tetapi perjanjianKu akan kutetapkan dengan Ishak, yang akan
diperanakkan oleh sarah bagimu pada masa yang tertentu tahun yang datang
ini. (kejadian, 17:17-21).
Bani Ibrahim adalah Ismail dan Ishak
Maka bani Ibrahim itulah Ishak dan ismail. (1. Tawarih, 1:28)
Maka bani ibrahimpun beranaklah Ishak dan anak itulah ESHAF dan ISRAIL. (1. Tawarih, 1:34)
Dengarlah olehmu akan ini. Hai Isi rumah yakub, yang dipanggil
dengan nama Israil dan yang sudah terpancar daripada mata air Jehuda,
yang bersumpah dengan demi nama Tuhan serta menyebut Allah orang Israil,
akan tetapi tiada dengan benar dan tiada dengan tulus hatimu. (Yesaya, 48:1-2)
Adapun jumlah Bani Israil atau Bani Yakub, yang dua belas orang ialah:
Bermula, maka inilah Bani Israil: Rubim, Simeon, Lewi, Jehuda,
Isa Char, Zebulon, Dan, Yusuf, Benyamin, Naftali, Gad dan Asyer. (1.
Tawarih,2:1)
Karena Janji Allah pada Ismail sudah dikabulkan, maka Al Quran mengingatkan akan adanya janji tersebut:
Dan Ceritakanlah (hai Muhammad kepada mereka) kisah Ismail (yang
tersebut) di dalam Al Kitab. Sesungguhnya ia adalah seorang yang benar
janjinya, dan dia adalah seorang Rasul dan nabi. (maryam: 54)
Adapun janji bagi Ishak, yang menurunkan Yakub yang disebut Israil,
maka janji Allah tentang yakub, dalam al Quran diungkapkan berkenaan
dengan janji Allah pada Bani Israil.
Dan Sesungguhnya Allah Telah mengambil perjanjian (dari) Bani
Israil dan Telah kami angkat diantara mereka 12 orang pemimpin dan Allah
berfirman: “Sesungguhnya Aku beserta kamu, Sesungguhnya jika kamu
mendirikan shalat dan menunaikan zakat serta beriman kepada
rasul-rasul-Ku dan kamu bantu mereka dan kamu pinjamkan kepada Allah
pinjaman yang baik Sesungguhnya Aku akan menutupi dosa-dosamu. dan
Sesungguhnya kamu akan Kumasukkan ke dalam surga yang mengalir air
didalamnya sungai-sungai. Maka barangsiapa yang kafir di antaramu
sesudah itu, Sesungguhnya ia Telah tersesat dari jalan yang lurus (al-maidah:12)
(tetapi) Karena mereka melanggar janjinya, kami kutuki mereka,
dan kami jadikan hati mereka keras membatu. mereka suka merobah
perkataan (Allah) dari tempat-tempatnya, dan mereka (sengaja) melupakan
sebagian dari apa yang mereka Telah diperingatkan dengannya, dan kamu
(Muhammad) senantiasa akan melihat kekhianatan dari mereka kecuali
sedikit diantara mereka (yang tidak berkhianat), Maka maafkanlah mereka
dan biarkan mereka, Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat
baik. (al-maidah:13)
Dan diantara orang-orang yang mengatakan: “Sesungguhnya kami Ini
orang-orang Nasrani”, ada yang Telah kami ambil perjanjian mereka,
tetapi mereka (sengaja) melupakan sebagian dari apa yang mereka Telah
diberi peringatan dengannya; Maka kami timbulkan di antara mereka
permusuhan dan kebencian sampai hari kiamat. dan kelak Allah akan
memberitakan kepada mereka apa yang mereka kerjakan (al-maidah:14)
Hai ahli kitab, Sesungguhnya Telah datang kepadamu Rasul kami,
menjelaskan kepadamu banyak dari isi Al Kitab yang kamu sembunyi kan,
dan banyak (pula yang) dibiarkannya. Sesungguhnya Telah datang kepadamu
cahaya dari Allah, dan Kitab yang menerangkan.Dengan Kitab Itulah Allah
menunjuki orang-orang yang mengikuti keredhaan-Nya ke jalan keselamatan,
dan (dengan Kitab itu pula) Allah mengeluarkan orang-orang itu dari
gelap gulita kepada cahaya yang terang benderang dengan seizin-Nya, dan
menunjuki mereka ke jalan yang lurus (al-maidah:15-16)
Dari bani israil yang melanggar janji tersebut, kemudian dikalangan
kaum Yahudi dan Nasrani, mereka disebut “ahli Torat”. Jadi istilah Ahli
Torat, bukan berarti orang yang pandai tentang torat Musa. Tetapi
orang-orang yang merusak ajaran torat Musa. (yesaya,
2:5-8,3:12,29:13-14) Matius, 23:13-17, 23-29). Alkitab terbitan 1960
Bpk. Jakarta.
Adapun yang dimaksud dengan faham Yahudi, lahir di babilon. Ketika
bani Israil dijadikan sebagai orang tawanan oleh Raja Nebukadnezar
(sejak tahun 586-506 SM). Demikian menurut Dr. Abba Eban, ahli sejarah
dan filsafa, mantan menteri dalam negeri Israel;
Setelah negeri Babilon pada tahun 506 SM ditaklukan oleh Persi pada
zaman raja Cyrus, maka orang Yahudi diijinkan kembali ke Yerussalem.
Mereka membangun kembali kuil Sulaeman dan mengembangkan ajaran Yahudi.
Kemudian setelah mengalami kekalahan dalam perang makkabe (perang kaum
yahudi yang ingin memperoleh kemerdekaan dari penjajahan Romawi). Tetapi
kaum yahudi kalah, bahkan sejak itu kaum Yahudi tidak punya tempat
tinggal yang tetap. Itulah yang disebut Diaspora. Baru
pada tahun 1947 atas bantuan Amerika, Inggris dan Perancis, setelah
perang dunia 2, mempunyai Negara Israel yang sekarang.
Ketika mengalami diaspora, paham yahudi bercampur dengan paham
Yunani, khususnya pengaruh filsafat Neo-Platonisme dan aliran kebatinan
(mystik) Stoa. Maka lahirlah aliran baru dalam agama Yahudi yang disebut
mazhab “NASRANI”. Dengan pusatnya di antiocha, dibawah pimpinan tokoh
SAUL (nama yahudi) dan kini terkenal dengan sebutan “Rasul Paulus”.
Paulus tidak pernah bertemu muka dengan ‘Isa bin Maryam’, bahkan
menyatakan diri “wajib” melakukan permusuhan dengan Yesus
(Kisah,26:9-11, kisah 11:25-26, kisah 24:5).
Dalam AlQuran, bani Israel yang melanggar janji, lahir kelompok yang
dikutuk Allah, mereka merobah pengertian dari arti dan kedudukan yang
semestinya, mereka mengabaikan peringatan Allah (almaidah: 13).
Kelompok inilah yang kemudian melahirkan faham Yahudi. Dari kelompok
Yahudi inilah lahir aliran baru yang menamakan diri ‘NASORO’ (almaidah:14). Dan aliran Yahudi dan Nasoro itulah yang disebut juga dengan sebutan “ahli kitab” (Al maidah: 15).
Maka klaim Yahudi dan Nasrani sebagai pewaris ajaran Ibrahim telah
diketahui Allah, sehingga didalam petunjuk wahyu- Nya dengan tegas
memberikan peringatan bahwa anak turun Ibrahim yang mengikuti ajarannya, mereka itu bukan penganut Yahudi maupun Nasoro (albaqarah: 140)
Ataukah kamu (hai orang-orang Yahudi dan Nasrani) mengatakan
bahwa Ibrahim, Isma’il, Ishaq, Ya’qub dan anak cucunya, adalah penganut
agama Yahudi atau Nasrani?” Katakanlah: “Apakah kamu lebih mengetahui
ataukah Allah, dan siapakah yang lebih zalim dari pada orang yang
menyembunyikan syahadah dari Allah yang ada padanya?” dan Allah
sekali-kali tiada lengah dari apa yang kamu kerjakan. (al baqarah:140)
Paham nasrani itu lahirnya setelah nabi Isa wafat, sekitar tahun 33
masehi. Dan paham (mazhab nasrani) lahir di antiochia sekitar tahun
48-50 masehi
Dan (Ingatlah) ketika Allah berfirman: “Hai Isa putera Maryam,
Adakah kamu mengatakan kepada manusia: “Jadikanlah Aku dan ibuku dua
orang Tuhan selain Allah?”. Isa menjawab: “Maha Suci Engkau, tidaklah
patut bagiku mengatakan apa yang bukan hakku (mengatakannya). jika Aku
pernah mengatakan Maka tentulah Engkau mengetahui apa yang ada pada
diriku dan Aku tidak mengetahui apa yang ada pada diri Engkau.
Sesungguhnya Engkau Maha mengetahui perkara yang ghaib-ghaib”. Aku tidak
pernah mengatakan kepada mereka kecuali apa yang Engkau perintahkan
kepadaku (mengatakan)nya yaitu: “Sembahlah Allah, Tuhanku dan Tuhanmu”,
dan adalah Aku menjadi saksi terhadap mereka, selama Aku berada di
antara mereka. Maka setelah Engkau wafatkan aku, Engkau-lah yang
Mengawasi mereka. dan Engkau adalah Maha menyaksikan atas segala sesuatu (al-maidah:116-117).
Sikap mukminin beriman kepada semua kitab (albaqarah:4), sebab Alquran adalah kitab yang membenarkan kitab-kitab sebelumnya (al-an’am:92).
Maka atas kitab-kitab sebelum Al Quran, jangan mendustakan, jangan pula
membenarkan tetapi katakanlah: Kami telah beriman kepada (kitab-kitab)
yang diturunkan kepada kami dan yang diturunkan kepadamu; Tuhan kami dan
Tuhanmu adalah satu; dan kami hanya kepada-Nya muslimun. (al-ankabuut:46).
Dan mereka yang beriman kepada Kitab (Al Quran) yang Telah
diturunkan kepadamu dan kitab-kitab yang Telah diturunkan sebelummu,
serta mereka yakin akan adanya (kehidupan) akhirat (al-baqarah:4)
Dan Ini (Al Quran) adalah Kitab yang Telah kami turunkan yang
diberkahi; membenarkan kitab-kitab yang (diturunkan) sebelumnya dan agar
kamu memberi peringatan kepada (penduduk) ummul Qura (ibukota) dan
orang-orang yang di luar lingkungannya. orang-orang yang beriman kepada
adanya kehidupan akhirat tentu beriman kepadanya (Al Quran) dan mereka
selalu memelihara sholatnya (al-an’am:92)
Dan janganlah kamu berdebat denganAhli kitab, melainkan dengan
cara yang paling baik, kecuali dengan orang-orang zalim di antara
mereka, dan Katakanlah: “Kami Telah beriman kepada (kitab-kitab) yang
diturunkan kepada kami dan yang diturunkan kepadamu; Tuhan kami dan
Tuhanmu adalah satu; dan kami Hanya kepada-Nya muslimun” (orang-orang
tunduk patuh). (al-ankabuut:46)
Karena kisah-kisah tersebut menurut para ahli telah ditafsirkan dan
ditampung dalam injil perjanjian Baru maka yang sifatnya sudah paulinis
(dipengaruhi paham-paham paulus). *untuk lebih lengkapnya simak buku
terbitan PJI cetakan tahun 1999*
WAHYU ALLAH BERASAL DARI UMMUL KITAB
Allah menghapuskan apa yang dia kehendaki dan menetapkan (apa
yang dia kehendaki), dan di sisi-Nya-lah terdapat Ummul-Kitab (Lauh
mahfuzh) (ar-ra’ad:39)
Dan Sesungguhnya Al Quran itu dalam Induk Al Kitab (Lauh Mahfuzh)
di sisi kami, adalah benar-benar Tinggi (nilainya) dan amat banyak
mengandung hikmah.(aZ-zukhruf:4)
ALLAH MENGAMBIL JANJI DARI PARA NABI
Allah menjaga kesucian dan kemurnian wahyu-Nya dengan mengambil janji
dari para nabi. Bahwa nabi-nabi itu seluruhnya merupakan satu kesatuan
secara berkesinambungan serta berlanjut, sampai diutus oleh-Nya nabi-Nya
yang terakhir, sebagai penutup kenabian, yaitu nabi Muhammad SAS (al-imran:81). Maka
wahyu yang diturunkan kepada nabi Muhammad SAS. Adalah sama dengan
wahyu yang diturunkan kepada para nabi dan rasul-Nya yang diutus
terdahulu. (an-nisa’:163). Oleh karena itu Nabi
Muhammad SAS, tidak membawa Bid,ah yaitu ajaran baru yang berbeda dengan
ajaran para nabi dan rasul-rasul-Nya terdahulu. (al ahqaf: 9)
Dan (ingatlah), ketika Allah mengambil perjanjian dari para nabi:
“Sungguh, apa saja yang Aku berikan kepadamu berupa Kitab dan hikmah
Kemudian datang kepadamu seorang Rasul yang membenarkan apa yang ada
padamu, niscaya kamu akan sungguh-sungguh beriman kepadanya dan
menolongnya”. Allah berfirman: “Apakah kamu mengakui dan menerima
perjanjian-Ku terhadap yang demikian itu?” mereka menjawab: “Kami
mengakui”. Allah berfirman: “Kalau begitu saksikanlah (hai para Nabi)
dan Aku menjadi saksi (pula) bersama kamu” (al-imraan:81)
Sesungguhnya kami Telah memberikan wahyu kepadamu sebagaimana
kami Telah memberikan wahyu kepada Nuh dan nabi-nabi yang kemudiannya,
dan kami Telah memberikan wahyu (pula) kepada Ibrahim, Isma’il, Ishak,
Ya’qub dan anak cucunya, Isa, Ayyub, Yunus, Harun dan Sulaiman. dan kami
berikan Zabur kepada Daud (an-nisa’:163)
Katakanlah: “Aku bukanlah pembawa Bid’ah di antara rasul-rasul
dan Aku tidak mengetahui apa yang akan diperbuat terhadapku dan tidak
(pula) terhadapmu. Aku tidak lain hanyalah mengikuti apa yang diwahyukan
kepadaku dan Aku tidak lain hanyalah seorang pemberi peringatan yang
menjelaskan” (Al Ahqaf:9)
0 komentar:
Post a Comment
Terima Kasih Telah Berkunjung di khazanahislamku.blogspot.com
Berikan Komentar dengan Penuh ETIKA untuk kita Diskusikan bersama