79. Al Barri ( البر ) Yang Maha Penderma


Artinya :

Dzat yang maha berbuat baik, yaitu Dia sangat senang berbuat baik dan kebaikan. Karena itu Nabi SAW bersabda : “Sesungguhnya Allah itu baik, Dia cinta pada kebaikan”. 


ALLAH lah yang memiliki kedermawanan yang sempurna. Semua kebaikan dan karunia berasal dari NYA. Allah menghendaki kebaikan, kebahagiaan dan kemudahan bagi hamba hamba NYA. Allah tidak menyukai sifat keras terhadap mereka dan Allah jg tidak menyukai orang orang yang lmelakukan tindak kekerasan.  Dengan kasih sayang NYA Allah memaafkan orang orang yang berbuat ketidak baikan, dan menyembunyikan keburukan hamba NYA. Jika menghukum maka Allah memilih jalan keadilan yang seadil adilnya dan tidak menghukum melebihi dosa yang dilakukan. Sedangkanpahala NYA bagi amal yang baik bernilai berlipat ganda.

Allah menagguhkan hukuman NYA hingga hamba tersebut berbuat baik karena menyadari kesalahannya. Dengan demikian Allah mngubah dosa yang diampuni menjadi amal baik itu sendiri. Kebaikan dan kedermawanan ALlah tercermin pula dari pahala yang diberikan NYA jika seorang hamba berniat mengerjakan amal yang baik , namun dia tidak dapat melakukannya. Sedangkan untuk niat yang buruk dan tidak dapat dilaksanakannya karena tiadanya izin ALlah maka ALlah akan memaafkan niat tersebut.

Jika seorang hamba berbuat baik, sekalipun hanya berupa senyuman dan ucapan yang baik,  maka disitu dapat dilihat citra Allah sebagai Pelaku Kebaikan yang sempurna. Orang yang baik akan mendapat tempat tertinggi di Arsy Allah dengan tidak pernah iri terhadap kebaikan yang Allah karuniakan kepada hamba hamba NYA yang lain dan terutama karena hamba tersebut berbuat baik kepada kedua orang tuanya

Rasulullah bersabda " Orang yang membaca Al Qur'an namun tidak mengamalkan  apa yang dibaca nya laksana orang yang tidak pernah mengamalkan Al Quran, dan orang yang memandang wajah orang tuannya dengan marah , meskipun dia melayani kedua nya , sama saja dengan dia tidak mengurusnya dengan baik.

Hamba yang memiliki nilai Al Barr adalah orang yang baik secara spiritual dan material, dan Allah mengizinkannya untuk berbuat baik kepada semua mahlukNYA. Niat yang baik akan aktif dalam diri orang yang berenang di lautan rahasia nama Allah Al Barr.

Ya Allah berikanlah kepada kami Anugrah yang terbaik di dunia dan akhirat dan jagalah kami dari siksa MU di dunia maupun akhirat, sesungguhnya Engkau Maha Pelimpah Kebaikan dan Maha Pengasih dan Penyayang kepada hamba hamba MU.

Ya Allah Engkaulah yang Maha Dermawan, Engkau gilirkan kebaikan dan karunai MU pada yang kuat maupun yang lemah, karuniakan lah kepada kami bagian utuh dari cahaya nama MU, mudahkan lah setiapurusan kami dengan keutamaan MU dan tolonglah kami untuk dapat berbuat baik kepada kedua oang tua dan kerabat, dapat memberikan limpahan kebaikan bagi tetangga kami dan hamba MU lainnya

Ya Allah Ya Rabb, anugerahkan lah kepada kami kekuatan MU untuk dapat berbakti kepada Rasulullah yang kami cintai, agar kami dapat bersama nya kelak disisi MU. Amin ya Rabb, Amin ya Mujibassailin.
Share on Google Plus

About Admin

Khazanahislamku.blogspot.com adalah situs yang menyebarkan pengetahuan dengan pemahaman yang benar berdasarkan Al-Qur'an dan As-Sunnah dengan pemahaman generasi terbaik dari para sahabat Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam beserta pengikutnya.
    Blogger Comment

0 komentar:

Post a Comment


Terima Kasih Telah Berkunjung di khazanahislamku.blogspot.com

Berikan Komentar dengan Penuh ETIKA untuk kita Diskusikan bersama