47. Al Waduud ( الودود ) Yang Maha Mengasihi


Artinya :

Zat yang maha mengasihi, yaitu Dia sangat mengasihi hamba-hambaNya yang menjadikan Allah sebagai tujuan hidupnya.

 
DIA mencintai hamba hamba yang baik, dan paling layak untuk dicintai. Allah dalam cinta NYA yang tidak berbatas dan mutlak terhadap hamba hamba NYA telah memberi mereka kemampuan. Tetapi yang terpenting adalah kemampuan untuk mencintai NYA. Allah juga memberikan kemungkinan untuk menerima dan mencapai keberanran yang berada diatas pemahaman akal biasa. AL Wadud adalah satu satunya tujuan bagi hati yang mencari cinta ALlah, tatapi cinta hanya mungkin jika yang mencitai mengenal sang kekasih, keindahan serta kesempurnaan NYA.

Orang biasanya tidak memerlukan pendidikan tinggi untuk dapat dan dengan mudah mencintai harta, kesehatan, keluarga dan lain sebagainya. Tetapi untuk mencintai ALlah setidak tidaknya kita membutuhkan akal dan petunjuk agar kita menyadari bahwa semua yang secara alamiah kita cintai adalah milik dan karunia Allah, bahwa semua itu hanyalah tanda dari perhatian dan cinta NYA kepada kita.

Semua yang kita cintai itu fana, seperti diri kita sendiri.  Namun yang kekal adalah jiwa kita. Jiwa adalah karunia terbesar bagi kita dari sang Pemilik Jiwa. Kesadaran akan pemberian jiwa yang amat berharga yang merupakan anugrah terbesar  dari segala sesuatu yang kita miliki di dunia ini. Jika Allah mencintai Hamba NYA tentu DIA akan memberikan kepada orang tersebut pemahaman, kesadaran, iman dan rasa cinta kepada NYA.

Hamba Al Wadud di kalangan manusia adalah orang yang mencintai orang lain seperti cintanya kepada dirinya sendiri. Ali r. a. berkata " Jika engkau ingin dicintai Tuhanmu, dekatilah orang yang menolakmu, bersikaplah pemurah kepada orang yang kikir terhadap dirimu, maafkala orang orang yang menyakitimu "

Kekasih Allah bersabda " Tidaklah seorang mukmin memandang wajah sesama mukmin dnegan perasaan cina, kecuali hal itu lebih baik dibandingkan dnegan shalat di masjidku sepanjang tahun ".  "Orang yang beriman yang saling mencintai laksana tubuh, jika salah satu bagiannya sakita, maka seluruh tubuh pun akan merasa sakit."

ABD AL WADUD adalah orang yang cintanya kepada ALlah dan kepada orang orang yang mencintai ALlah telah sempurna, dan ALlah juga akan mencintainya. Jika Allah mencintai seorang hamba, Allah akan memanggil malaikat Jibril dan berkata "Aku mencintai hamba KU ini, cintailah dia". Kemudian Jibril akan berseru kepada langit dan kepada seluruh alam semesta menyeru seisi alam untuk mencintai hamba Allah tersebut.

Firman Allah dalam sebuah Ayat Qudsi " Tidaklah seorang hamba Ku mendekati Ku dengan sesuatu yang lebih aku cintai dari pada apa yang KU wajibkan atasnya, dan tidaklah seorang hamba KU terus mendekati KU dengan pekerjaan pekerjaan yang disunatkan kecuali aku mencintainya. Jika Aku mencintainya, Aku akan menjadi telinganya, matanya dan tangan serta kakinya.

Wallahu'alam bishowab
Share on Google Plus

About Admin

Khazanahislamku.blogspot.com adalah situs yang menyebarkan pengetahuan dengan pemahaman yang benar berdasarkan Al-Qur'an dan As-Sunnah dengan pemahaman generasi terbaik dari para sahabat Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam beserta pengikutnya.
    Blogger Comment

0 komentar:

Post a Comment


Terima Kasih Telah Berkunjung di khazanahislamku.blogspot.com

Berikan Komentar dengan Penuh ETIKA untuk kita Diskusikan bersama