41. Al Jaliil ( الجليل ) Yang Maha Mulia


Artinya :

Dzat yang maha sempurna, yaitu Dia tidak mempunyai cacat dan kekurangan apapun sebagaimana yang dialami oleh makhlukNya. Jadi kesempurnaan Allah itu meliputi segala-galanya.


DIA lah yang Maha Agung dan Maha Perkasa. Tidak ada energi, materi atau waktu yang dapat menyamai keagungan, keperkasaan, kekekalan NYA. Dzat NYA dan sifat NYA. Eksistensi NYA agung dan besar; tidak dapat diukur dalam waktu dan tidak bertempat, namun DIA disini, dimana mana dan disegala zaman.

Pengetahuan NYA besar, segala sesuatu diketahui NYA karena DIA lah yang menciptakannya. Kekuasaan NYA besar karena dia meliputi seluruh alam yang diciptakan NYA. Kasih sayang NYA sangat luar biasa karena Rasa sayang Nya mendahului Murka NYA, kemurahan NYA tidak berbatas, selalu tahu kebutuhan mahluk NYA. Kekayaan NYA tidak terbatas dan diberikan tanpa mengenal kesyukuran ataupun kekufuran mahluk NYA. Maka siapakah yang harus kita hormati, taati, cintai, puji selain DIA yang MAHA AGUNG, yang Maha Besar??

Allah adalah pemiliki sekaligus sumber semua sifat kebesaran, baik yang diketahui maupun tidak di ketahui. Dia lah yang membagikan sepercik sifat kebesaran kepada apa atau siapa pun mahluk NYA yang dikehendaki NYA. DIA lah pemilik semua kebaikan dan kesempurnaan tujuan bagi semua harapan.

Eksistensi, kehidupan, kematian, keuntungan, kerugian semua itu adalah wujud kehendak terbaik dari NYA bagi mahluk NYA. Pikiran, hati, jiwa serta keseluruhan wujud orang yang mengetahui hal itu dipenuhi, disebabkan oleh cinta NYA dan perasaan takut pada keagungan NYA. Dengan mencintai NYA, kita juga mencintai orang orang yang mencintai NYA, karena semua cinta adalah milik NYA.

Hamba Al Jalil adalah orang yang memiliki sifat yang sempurna. Perasaan, pikiran dan perbuatannya akan berusaha meneladani yang dicintai NYA, Rasulullah SAW sesuai dengan tuntunan yang diberikan NYA, Al Qur'an dan Al Sunnah. Allah pun akan membalasnya dengan kebesaran dan berkah NYA. DIA memasukkan rasa takut dan rendah hati kedalam hati setiap orang yang Allah telah memberinya sebagian dari keagungan NYA.
Share on Google Plus

About Admin

Khazanahislamku.blogspot.com adalah situs yang menyebarkan pengetahuan dengan pemahaman yang benar berdasarkan Al-Qur'an dan As-Sunnah dengan pemahaman generasi terbaik dari para sahabat Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam beserta pengikutnya.
    Blogger Comment

0 komentar:

Post a Comment


Terima Kasih Telah Berkunjung di khazanahislamku.blogspot.com

Berikan Komentar dengan Penuh ETIKA untuk kita Diskusikan bersama