23. Ar Raafi` ( الرافع ) Yang Maha Meninggikan (makhluknya)


Artinya :

Dzat yang maha meninggikan derajat, yaitu meninggikan derajat hambaNya yang dikehendaki, sehingga dengan demikian di hamba harus bersyukur.
 
DIALAH Yang Merendahkan dan Meninggikan, Allah yang Maha Tinggi mengangkat Mahluk NYA kepada kemuliaan dan ketenaran dan juga dapat menempatkan nya ketingkat yang paling rendah. Orang yang direndahkan hanya dapat ditinggikan oleh NYA. Perlakuan tersebut akan membangunkan orang orang yang lalai dari "tidur" mereka, karena dengan penderitaan keadaan yang rendah di tangan Al Khafidh menjadi karunia besar bagi orang yang sadar dan melihat dnegan tangan yang meninggikan dan tangan yang merendahkan.

Meskipun Allah yang meninggikan dan merendahkan manusia, namun diri kita jualah yang menjadi penyebabnya. Dengan kasih sayang NYA, Dia menangguhkan hukumanNYA yang amat keras supaya kita sadar sendiri dan mengubah jalan hidup kita. Janganlah kita merasa aman karena keadaan kita, perbuatan kita baik yang bersifat material maupun spiritual akan selalu dapat menyebabkan kerendahan atau limpahan pahala. Allah akan meninggikan orang orang yang berakhlak seperti malaikat, memiliki lidah yang manis, yang lebih suka memberi dari pada menerima yang menyembunyikan aib orang lain bukan mencela nya, yang membangun bukan yang menghancurkan dan yang kuat namun lemah lembut. Allah akan meninggikan orang tersebut, menerangi hati mereka dengan iman, pengetahuan dan kebenaran dan membuat mahluk NYA mencintai dan menghargai mereka. Selama mereka berada di jalan yang diterangi oleh Allah.

Pada orang orang yang menolak tujuan penciptaan mereka dan membiarkan hawa nafsunya mengendalikan diri mereka dan menyebabkan diri mereka tersesat dalam kebohongan dan penipuan serta saling memasang perangkap dan berkelahi tanpa rasa malu, bagaikan hewan yang mengenakan pakaian seorang raja. Allah Yang Maha merendahkan akan menanggalkan pakaian tersebut dan memperlihatkan bentuk mereka yang sesungguhnya. Mudah mudahan mereka menjadi pelajaran bagi orang lain.

Hamba yang memiliki sifat Al Khafidh menjaga dirinya dan orang lain dari kenistaan. Melindungi hamba hamba Allah dari pengaruh yang dapat menghinakan merupakan kesempatan untuk melihat kebenaran. Manusia seperti itu akan menjunjung tinggi kebenaran dan menolak kebohongan  serta  mendukung kebenaran dan memerangi kesesatan. Allah berfirman dalam sebuah hadist Qudsi : "kesalehan seorang manusia adalah untuk kedamaian dan kebahagiaannya sendiri, sedangkan ibadah, shalat dan doa manusia tersebut adalah demi kemuliaan yang orang tersebut terima karena beriman kepada Allah SWT, namun apakah orang tersebut pernah melakukan sesuatu hanya karena Allah semata, apakah orang tersebut pernah mendukung orang yang benar dan apakah engkau pernah menentang orang yang berbuat zalim?

Hamba yang memiliki sifat Al Rafi, melihat keagungan Sang Pencipta didalam mahluk mahluk NYA, termasuk dalam dirinya sendiri. Dengan penglihatan ini dia naik ke tingkat kesadaran yang tinggi, menjadi lebih dekat dengan Allah. Orang seperti itu ditinggikan namun rendah hati dan sebagai imbalannya dia meninggikan orang lain yang memang pantas. Rasulullah SAW bersabda " Allah meninggikan orang yang rendah hati dan merendahkan orang yang sombong."  

Siapapun yang berusaha naik hanya dapat melakukan hal itu dengan mengharapkan dan memohon kasih sayang Allah. Dengan demikian orang yang didalam  dirinya bermanifestasi nama Al Rafi, yang Maha Meninggikan juga akan memperoleh sifat Allah Al Rahim Yang Maha  Penyayang, yaitu kasih sayang yang datnag melalui dirinya kepada semua yang berada disekelilingnya

wallahu'alam bisshowab, kebenaran hanya milik Allah semata
 
Share on Google Plus

About Admin

Khazanahislamku.blogspot.com adalah situs yang menyebarkan pengetahuan dengan pemahaman yang benar berdasarkan Al-Qur'an dan As-Sunnah dengan pemahaman generasi terbaik dari para sahabat Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam beserta pengikutnya.
    Blogger Comment

0 komentar:

Post a Comment


Terima Kasih Telah Berkunjung di khazanahislamku.blogspot.com

Berikan Komentar dengan Penuh ETIKA untuk kita Diskusikan bersama