10. Al Mutakabbir ( المتكبر ) Yang Maha Megah, Yang Memiliki Kebesaran


Artinya :

Dzat yang maha sombong, yaitu hanya Allah saja yang mempunyai hak sombong sebagai pencipta, bukan makhluk lainNya, dalam hadits qudsi juga dijelaskan, bahwa sifat sombong itu adalah merupakan pakaian Allah, bukan pakaian makhluk. Jadi apabila ada makhluk yang mempunyai sifat sombong berarti telah merampas pakaian Allah, yang berarti akan memperoleh kutukan dari Allah SWT.
 
ALLAH lah yang maha Megah, yang menampakkan kemegahanNYA pada segala sesuatu dan segala peristiwa. Al Mutakabbir hanya ada pada ALLAH semata tidak ada satupun ciptaan NYA yang dapat menyandang nama ini. Allah tidak menyukai kesombongan karena selain ALlah tidak ada yang mungkin menyandang nama ini dalam segala hal. Harta semua hanya milik ALlah, karena semua hanyalah milik NYA

Allah dalam Al Qur'an di Surat Al Hadid dan beberapa ayat lain berfirman

Al Hadid ( 57 : 20 ) Ketahuilah, bahwa sesungguhnya kehidupan dunia ini hanyalah permainan dan suatu yang melalaikan, perhiasan dan bermegah- megah antara kamu serta berbangga-banggaan tentang banyaknya harta dan anak, seperti hujan yang tanam-tanamannya mengagumkan para petani; kemudian tanaman itu menjadi kering dan kamu lihat warnanya kuning kemudian menjadi hancur. Dan di akhirat (nanti) ada azab yang keras dan ampunan dari Allah serta keridhaan-Nya. Dan kehidupan dunia ini tidak lain hanyalah kesenangan yang menipu.

Surat al Takatsur ( 102 : 1& 8 )
1. Bermegah-megahan telah melalaikan kamu
2. kemudian kamu pasti akan ditanyai pada hari itu tentang kenikmatan (yang kamu megah-megahkan di dunia itu)

Orang yang mencapai tingkatan Hamba Al Mutakabir adalah hamba yang diberi rahmat dan nikmat oleh Allah dan dia tidak menyombongkan pinjaman Allah tersebut kepada dirinya, menjadi orang yang tawaddu dan taqwa, meninggalkan begitu banyak kesenangan duniawi dan mengabaikan pengaruh segala sesuatu yang dapat menghalanginya dari mengingat Tuhannya
Wallahu'alam bisshowaab
 
Share on Google Plus

About Admin

Khazanahislamku.blogspot.com adalah situs yang menyebarkan pengetahuan dengan pemahaman yang benar berdasarkan Al-Qur'an dan As-Sunnah dengan pemahaman generasi terbaik dari para sahabat Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam beserta pengikutnya.
    Blogger Comment

0 komentar:

Post a Comment


Terima Kasih Telah Berkunjung di khazanahislamku.blogspot.com

Berikan Komentar dengan Penuh ETIKA untuk kita Diskusikan bersama