Memakai Cadar Bukanlah Ciri-ciri Khas Teroris, Aliran Sesat Ataupun Ekstrimis

Muslimah memakai cadar itu banyak manfaatnya baik bagi pemakainya maupun bagi orang lain, Sebagian masyarakat kadang mencemooh wanita yg berjilbab syar'i/besar (apalagi bercadar). Padahal haram hukumnya mencemooh sesama muslim , apalagi berjilbab syar'i bukanlah sesuatu yg buruk sehingga pantas dicemooh.

HARAM hukumnya menghina/ melecehkan/ mencibir/ mengejek wanita yg berjilbab syar'i, jilbab lebar maupun bercadar, misalnya dgn sebutan: ninja, setan, kemah berjalan, karung, gorden, hantu, teroris, ekstrimis,dll. Haram hukumnya menyakiti hati sesama muslim meskipun hanya bercanda, apalagi sungguh-sungguh/sengaja.

Meskipun bagi yg berpendapat tidak wajib memakai cadar, namun bukan alasan untuk menghina atau mengejek yg bercadar. Dan bagi siapapun yg menganggap cadar tidak wajib, tetap tidak punya hak untuk mengejek mereka yg memilih bercadar.

Semua pasti sudah tahu bahwa hukum mengolok-olok sesama muslim itu haram. Bahkan menyebut aib sesama muslim yg memang fakta pun haram, dan ini yg disebut ghibah. Para ulama mengharamkan ghibah/gosip/menggunjing kecuali dlm kondisi2 darurat sesuai syariat.

Apalagi jilbab besar/syar'i dan cadar bukanlah aib tapi kehormatan dan ajaran islam, dan itulah yg dipakai para isteri nabi dan isteri para ulama sejak zaman dahulu, sehingga jika mengolok2nya sama saja mengolok2 isteri nabi dan isteri para ulama, juga para wanita sholihah sepanjang zaman.

Dan janganlah kalian panggil-memanggil dengan gelar-gelar buruk.” (Al Hujurat: 11)

bahkan mengolok2 ajaran islam bisa menyebabkan pelakunya kafir:

“Dan jika kamu tanyakan kepada mereka (tentang apa yang mereka lakukan itu) tentulah mereka akan menjawab: ”Sesungguhnya kami hanya bersenda gurau dan bermain-main saja.” Katakanlah: “Apakah terhadap Allah, ayat-ayat-Nya dan Rasul-Nya kalian berolok-olok? Tidak usah kalian meminta maaf, karena sungguh kalian telah kafir sesudah beriman.” (At Taubah: 65-66)

“Dan orang-orang yang menyakiti orang-orang mu’min dan mu’minat tanpa kesalahan yang mereka perbuat, maka sesunguhnya mereka telah memikul kebohongan dan dosa yang nyata” [Al-Ahzab : 58]

Hai orang-orang yang beriman janganlah suatu kaum mengolok-olok kaum yang lain (karena) boleh jadi mereka (yang diolok-olok) lebih baik dari mereka (yang mengolok-olok) dan jangan pula wanita-wanita (mengolok-olok) wanita-wanita lain (karena) boleh jadi wanita-wanita (yang diperolok-olokkan) lebih baik dari wanita (yang mengolok-olok) dan janganlah kamu mencela dirimu sendiri dan janganlah kamu panggil memanggil dengan gelar-gelar yang buruk. Seburuk-buruk panggilan ialah (panggilan) yang buruk sesudah iman dan barang siapa yang tidak bertobat, maka mereka itulah orang-orang yang lalim. (Al Hujarat: 11)

Katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: "Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka". (QS Al Ahzab: 59)

"Dan hendaklah mereka [perempuan beriman] menutupkan kain kerudung ke dadanya." (QS An-Nuur : 31)
Share on Google Plus

About Admin

Khazanahislamku.blogspot.com adalah situs yang menyebarkan pengetahuan dengan pemahaman yang benar berdasarkan Al-Qur'an dan As-Sunnah dengan pemahaman generasi terbaik dari para sahabat Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam beserta pengikutnya.
    Blogger Comment

0 komentar:

Post a Comment


Terima Kasih Telah Berkunjung di khazanahislamku.blogspot.com

Berikan Komentar dengan Penuh ETIKA untuk kita Diskusikan bersama