Seorang
muslim meyakini kesucian dan keutamaan kalamullah, kalam yang paling
utama dan sempurna; tidak ada cela dan kebatilan sedikitpun padanya.
Al-Qur`an merupakan sebaik-baik dan sebenar-benarnya kalam, barangsiapa
yang berhukum dengan Al-Qur`an pasti ia akan berada di atas keadilan dan
jauh dari kezhaliman. Dan barangsiapa yang berpegang teguh dengan
Al-Qur`an (dan Al-Hadits) sebagai jalan hidupnya dalam segala aspek
kehidupanya maka -dengan idzin Allah Ta’ala- hidupnya akan sukses di
dunia hingga di akhirat kelak.
Namun hal itu tidak akan bisa tercapai kecuali jika kita mempelajari dan melaksakannya dalam kehidupan sehari-hari. Maka kita -sebagai seorang muslim- tidaklah pantas melupakan Al-Qur`an dan mengambil hukum lain dalam menyelesaikan permasalahan hidup. Dengan tilawah (membaca) dan memahami Al-Qur`an terus menerus, sedikit demi sedikit, Insya`Allah akan kita dapatkan berbagai macam ilmu pengetahuan yang menambah keimanan kita.
Namun hal itu tidak akan bisa tercapai kecuali jika kita mempelajari dan melaksakannya dalam kehidupan sehari-hari. Maka kita -sebagai seorang muslim- tidaklah pantas melupakan Al-Qur`an dan mengambil hukum lain dalam menyelesaikan permasalahan hidup. Dengan tilawah (membaca) dan memahami Al-Qur`an terus menerus, sedikit demi sedikit, Insya`Allah akan kita dapatkan berbagai macam ilmu pengetahuan yang menambah keimanan kita.
Sebelum memasuki pembahasan inti (Tilawah Al-Qur`an &
adab-adabnya) sebaiknya kita ketahui terlebih dahulu tentang makna
Al-Qur`an, keutamaan – keutamaannya dan kewajiban-kewajiban yang
bertautan dengannya, agar menambah semangat dalam Tilawah dan menjaga
adab-adab terhadapnya.
MAKNA AL-QUR’AN
1. Secara bahasa atau etimologi.
Al-Qur`an (القرآن) adalah bentuk masdar dari kata ( يقرأ وقرآناً قرأ )
yang memiliki dua makna: (تلا) “Talaa” atau (جمع) “Jama`a”. Maka
ma`nanya:
• (تلا) menjadi Isim maf`ul yang artinya (متلو) “Yang dibaca/ bacaan”.
• (جمع) menjadi mashdar, maka ma`nanya menjadi Isim Fa`il atau Kumpulan dari berbagai macam khabar-khabar dan hukum-hukum.
2. Secara syari`at
Al-Qur`an adalah kalamullah Ta`ala yang diturunkan kepada rasul-Nya
dan penutup para nabi, yaitu Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam yang
diawali dengan surat Al-Fatihah dan diakhiri dengan surat An-Nas.
Firman Allah Subhanahu wa Ta’ala.
إِنَّا نَحْنُ نَزَّلْنَا عَلَيْكَ الْقُرْءَانَ تَنزِيلاً
“Sesungguhnya telah Kami turunkan kepadamu (Muhammad) sebuah Al-Qur`an dengan sebenar-benarnya turun”. [Al-Insaan 23]
Allah Ta’ala telah menjamin Al-Qur`an yang agung ini dari perubahan;
penambahan dan pengurangan ataupun pergantian. Dia berfirman:
إِنَّا نَحْنُ نَزَّلْنَا الذِّكْرَ وَإِنَّا لَهُ لَحَافِظُونَ
Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan al-Qur’an, dan sesungguhnya Kami benar-benar memeliharanya. [Al-Hijr :9]
Telah berlalu masa yang cukup lama semenjak Al-Qur`an diturunkan (
kurang lebih 15 abad) namun kitab yang suci ini tidak mengalami
perubahan, penambahan, pengurangan atau penggantian ini semua menunjukan
kebenaran janji Allah Ta’ala . [Lihat: Kitab Al-Ushul fit-Tafsir oleh:
Syaikh Al-Utsaimin, hal: 10]
KEWAJIBAN-KEWAJIBAN TERHADAP AL-QUR’AN
Seorang hamba yang telah menyatakan dirinya muslim dan beriman kepada
Allah, Malaikat-Nya, Kitab-kitab-Nya dan rukun iman lainnya, maka ia
mempunyai kewajiban terhadap Al-Qur`an, yang merupakan salah satu dari
kitab-kitab Allah Ta’ala. Kewajiban-kewajiban itu antara lain:
1. Beriman terhadap Al-Qur`an. Konsekwensi pertama keimanan seorang
mu`min terhadap Al-Qur`an adalah mempelajarinya, membacanya sekaligus
mentadabburinya untuk mendapatkan nasehat dan pelajaran yang ada di
dalamnya. Sebagaimana salah satu sifat Al-Qur`an adalah sebagai
mau’izhah (nasehat; pelajaran). Firman Allah Subhanahu wa Ta’ala.
يَآأَيُّهَا النَّاسُ قَدْ جَآءَتْكُم مَّوْعِظَةٌ مِّن رَّبِّكُمْ
Hai sekalian manusia telah datang kepada kalian mau’izhah dari Rabb kalian. [Yunus : 57]
Demikian juga menjadikan Al-Qur`an sebagai petunjuk dalam menempuh
perjalanan menuju Allah, dan dalam rangka inilah Al-Qur`an diturunkan.
Firman-Nya.
إِنَّ هَذَا الْقُرْءَانَ يَهْدِي لِلَّتِي هِيَ أَقْوَمُ
Sesungguhnya al-Qur’an ini memberikan petunjuk kepada (jalan) yang lebih lurus. [Al-Isra`:9]
2. Setelah diimani dan di ketahui hukum-hukumnya maka kewajiban kedua
adalah menjalankan perintah-perintah Al-Qur`an sekaligus menjauhi
hal-hal yang dilarangnya, kemudian menda`wahkannya ke seluruh ummat
manusia. Hal itu dimulai dari diri sendiri, kemudian keluarga, dan
seterusnya. Hal itu walaupun hanya satu ayat yang diilmu. Sabda
Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam.
بَلِّغُوْا عَنىِّ وَلَوْ آَيَةً… رواه البخارى في الأحاديث:3461)
Sampaikanlah dariku meskipun satu ayat. [HR.Bukhari]
DIANTARA KEUTAMAAN TILAWAH DAN MEMPELAJARI AL-QUR’AN
1. Orang yang mempelajari, mengajarkan, dan mengamalkan Al-Qur`an
termasuk insan yang terbaik, bahkan ia akan menjadi Ahlullah (keluarga
Allah). Rasulullah Shallallahu ‘alihi wa sallam bersabda.
خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ
Sebaik-baik kalian adalah yang mempelajari Al-Qur`an dan mengajarkanya” [HR Bukhari]
أَهْلُ الْقُرْآنِ أَهْلُ اللهِ وَخَاصَّتُهُ ..رواه النسائى وابن ماجة والحاكم بإسناد حسن)
Ahli Al-Qur`an adalah Ahlullah dan merupakan kekhususan baginya [HR. An-Nasa`i, Ibnu Majah, Al-Hakim. Lihat: Kitab Minhajul Muslim. hal. 70]
2. Mendapatkan Syafaat dari Al-Qur`an pada hari kiamat.
اقْرَءُوا الْقُرْآنَ فَإِنَّهُ يَأْتِي يَوْمَ الْقِيَامَةِ شَفِيعًا لِأَصْحَابِهِ
Bacalah Al-Qur`an, sesungguhnya ia akan datang pada hari kiamat memberikan syafaat bagi pembacanya”.[1] [HR. Muslim, dari Abu Umamah Al-Bahili]
3. Shahibul Qur`an akan memperoleh ketinggian derajat disurga.
يُقَالُ لِصَاحِبِ الْقُرْآنِ اقْرَأْ وَارْتَقِ وَرَتِّلْ كَمَا كُنْتَ تُرَتِّلُ فِي الدُّنْيَا فَإِنَّ مَنْزِلَتَكَ عِنْدَ آخِرِ آيَةٍ تَقْرَأُهَا
Dikatakan kepada Shahibul Qur`an (di akhirat): “Bacalah Al-Qur`an dan
naiklah ke surga serta tartilkanlah (bacaanmu) sebagai mana engkau
tartilkan sewaktu di dunia. Sesungguhnya kedudukan dan tempat tinggalmu
(di surga) berdasarkan akhir ayat yang engkau baca”. [HR. Imam Tirmidzi,
Abu Dawud, dari Abdillah bin Amru bin Ash Radhiyallahu 'anhuma] [2]
4. Orang yang membaca Al-Qur`an akan mendapatkan pahala yang berlipat-lipat.
Firman Allah Azza wa Jalla.
إِنَّ الَّذِينَ يَتْلُونَ كِتَابَ اللهِ وَأَقَامُوا الصَّلاَةَ وَأَنفَقُوا مِمَّا رَزَقْنَاهُمْ سِرًّا وَعَلاَنِيَةً يَرْجُونَ تِجَارَةً لَّن تَبُورَ . لِيُوَفِّيَهُمْ أُجُورَهُمْ وَيَزِيدَهُم مِّن فَضْلِهِ
Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah dan
mendirikan shalat dan menafkahkan sebahagian dari rezki yang Kami
anugerahkan kepada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka
itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi, agar Allah
menyempurnakan kepada mereka pahala mereka dan menambah kepada mereka
dari karuniaNya. [Al-Fathir:29-30]
Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
مَنْ قَرَأَ حَرْفًا مِنْ كِتَابِ اللَّهِ فَلَهُ بِهِ حَسَنَةٌ وَالْحَسَنَةُ بِعَشْرِ أَمْثَالِهَا لَا أَقُولُ الم حَرْفٌ وَلَكِنْ أَلِفٌ حَرْفٌ وَلَامٌ حَرْفٌ وَمِيمٌ حَرْفٌ
Barangsiapa yang membaca satu huruf dari Kitabullah (Al-Qur`an)
maka dia akan memperoleh satu kebaikan dan satu kebaikan akan dibalas
dengan sepuluh kebaikan yang semisalnya. Saya tidak mengatakan (الم) itu
satu huruf, akan tetapi (ا) satu huruf dan (ل) satu huruf seta (م) satu
huruf”. [HR. At-Tirmidzi, Ad-Darimi dan lainya; dari Abdullah bin Mas`ud Radhiyallahu 'anhu] [3].
Dan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
الْمَاهِرُ بِالْقُرْآنِ مَعَ السَّفَرَةِ الْكِرَامِ الْبَرَرَةِ وَالَّذِي يَقْرَأُ الْقُرْآنَ وَيَتَتَعْتَعُ فِيهِ وَهُوَ عَلَيْهِ شَاقٌّ لَهُ أَجْرَانِ
Orang yang Mahir membaca Al-Qur`an akan bersama para Malaikat
yang Mulia, sedangkan orang yang membaca (Al-Qur`an) dengan terbata-bata
dan mengalami kesulitan dalam membacanya, maka dia akan mendapatkan dua
pahala. [HR. Muslim dalam Shahihnya dari `Aisyah Radhiyallahu 'anha]
5. Sakinah (ketenangan) dan rahmat serta keutamaan akan diturunkan kepada orang-orang yang berkumpul untuk membaca Al-Qur`an.
مَا اجْتَمَعَ قَوْمٌ فِي بَيْتٍ مِنْ بُيُوتِ اللَّهِ يَتْلُونَ كِتَابَ اللَّهِ وَيَتَدَارَسُونَهُ بَيْنَهُمْ إِلَّا نَزَلَتْ عَلَيْهِمُ السَّكِينَةُ وَغَشِيَتْهُمُ الرَّحْمَةُ وَحَفَّتْهُمُ الْمَلَائِكَةُ وَذَكَرَهُمُ اللَّهُ فِيمَنْ عِنْدَهُ
Tidaklah suatu kaum berkumpul di salah satu rumah Allah Azza wa
Jalla untuk membaca Kitabullah (Al-Qur`an) dan mereka saling
mempelajarinya kecuali sakinah (ketenangan) akan turun kepada mereka,
majlis mereka penuh dengan rahmat dan para malaikat akan mengelilingi
(majlis) mereka serta Allah akan menyebutkan mereka (orang yang ada
dalam majlis tersebut) di hadapan para malaikat yang di sisi-Nya. [HR. Muslim]
6. Bacaan Al-Qur`an merupakan “Hilyah” (perhiasan) bagi Ahlul Iman (orang-orang yang beriman).
مَثَلُ الْمُؤْمِنِ الَّذِي يَقْرَأُ الْقُرْآنَ مَثَلُ الْأُتْرُجَّةِ رِيحُهَا طَيِّبٌ وَطَعْمُهَا طَيِّبٌ وَمَثَلُ الْمُؤْمِنِ الَّذِي لَا يَقْرَأُ الْقُرْآنَ مَثَلُ التَّمْرَةِ لَا رِيحَ لَهَا وَطَعْمُهَا حُلْوٌ وَمَثَلُ الْمُنَافِقِ الَّذِي يَقْرَأُ الْقُرْآنَ مَثَلُ الرَّيْحَانَةِ رِيحُهَا طَيِّبٌ وَطَعْمُهَا مُرٌّ وَمَثَلُ الْمُنَافِقِ الَّذِي لَا يَقْرَأُ الْقُرْآنَ كَمَثَلِ الْحَنْظَلَةِ لَيْسَ لَهَا رِيحٌ وَطَعْمُهَا مُرٌّ
Perumpamaan orang mu`min yang membaca Al-Qur`an laksana buah
“Al-Utrujah” (semacam jeruk manis) yang rasanya lezat dan harum
aromanya, dan perumpamaan orang mu`min yang tidak membaca Al-Qur`an
ibarat buah “At-Tamr” (kurma) rasanya lezat dan manis namun tidak ada
aromanya, dan perumpamaan orang munafiq yang membaca Al-Qur`an ibarat
“Ar-Raihanah” (sejenis tumbuhan yang harum) semerbak aromanya (wangi)
namun pahit rasanya, dan perumpamaan orang munafiq yang tidak membaca
Al-Qur`an ibarat buah “Al-Handhalah” (nama buah) rasanya pahit dan
baunya tidak sedap”. [HR. Bukhari, Muslim dari Abi Musa Al-Asy`ary Radhiyallahu 'anhu].
Dan diriwayatkan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam juga
mengibaratkan bagi orang mukmin yang tidak pernah membaca Al-Qur`an
(tidak ada bacaan Al-Qur`an didadanya) ibarat rumah yang tak
berpenghuni; gelap, kotor, seolah-olah akan roboh.
إِنَّ الَّذِي لَيْسَ فِي جَوْفِهِ شَيْءٌ مِنَ الْقُرْآنِ كَالْبَيْتِ الْخَرِبِ
Sesungguhnya orang yang di dalam dadanya (hatinya) tidak ada
bacaan Al-Qur`an (yakni tidak memiliki hafalannya) ibarat sebuah rumah
yang hendak roboh. [HR. At-Tirmidzi, dan lainya] [4]
7. Orang yang berhak menjadi imam shalat adalah orang yang paling
banyak hafalan Al-Qur`an dan luas pengetahuannya terhadap ilmu-ilmu
Al-Qur`an.
يَؤُمُّ الْقَوْمَ أَقْرَؤُهُمْ لِكِتَابِ اللَّهِ
Orang yang paling berhak menjadi imam (dalam shalat) adalah orang yang paling pandai membaca Al-Qur`an. [HR. Muslim]
8. Boleh hasad kepada orang yang ahli Al-Qur`an dan mengamalkannya.
لَا حَسَدَ إِلَّا عَلَى اثْنَتَيْنِ رَجُلٌ آتَاهُ اللَّهُ هَذَا الْكِتَابَ فَقَامَ بِهِ آنَاءَ اللَّيْلِ وَآنَاءَ النَّهَارِ وَرَجُلٌ آتَاهُ اللَّهُ مَالًا فَتَصَدَّقَ بِهِ آنَاءَ اللَّيْلِ وَآنَاءَ النَّهَارِ
Tidak boleh hasad [5] kecuali kepada dua orang : (1) Seseorang
yang dikaruniai Al-Qur`an oleh Allah Ta’ala, kemudian ia
melaksanakannya, di waktu siang maupun malam. (2) Seseorang yang
dikaruniai harta oleh Allah kemudian ia bershadaqah dengannya di waktu
siang maupun malam. [HR. Muslim]
9. Membaca dan memahami Al-Qur`an tidak bisa disamai oleh kemewahan harta duniawi.
أَفَلَا يَغْدُو أَحَدُكُمْ إِلَى الْمَسْجِدِ فَيَعْلَمُ أَوْ يَقْرَأُ آيَتَيْنِ مِنْ كِتَابِ اللَّهِ عَزَّ وَجَلَّ خَيْرٌ لَهُ مِنْ نَاقَتَيْنِ وَثَلَاثٌ خَيْرٌ لَهُ مِنْ ثَلَاثٍ وَأَرْبَعٌ خَيْرٌ لَهُ مِنْ أَرْبَعٍ وَمِنْ أَعْدَادِهِنَّ مِنَ الْإِبِلِ
Tidakkah salah seorang di antara kamu berangkat ke masjid untuk
mengetahui atau membaca dua ayat dari Kitabullah lebih baik baginya
daripada dua onta, dan tiga (ayat) lebih baik baginya dari pada tiga
(onta), dan empat (ayat) lebih baik baginya dari pada empat (onta),
begitu seterusnya sesuai dengan jumlah (ayat lebih baik) dari onta. [HR. Muslim dari ‘Uqbah bin Amir]
10. Tilawah Al-Qur`an akan dapat melembutkan hati bagi pembacanya atau orang yang mendengarkanya dengan baik.
11. Kedua orang tua akan dihiasi dengan mahkota pada hari kiamat.
مَنْ قَرَأَ الْقُرْآنَ وَعَمِلَ بِمَا فِيهِ أُلْبِسَ وَالِدَاهُ تَاجًا يَوْمَ الْقِيَامَةِ ضَوْءُهُ أَحْسَنُ مِنْ ضَوْءِ الشَّمْسِ فِي بُيُوتِ الدُّنْيَا لَوْ كَانَتْ فِيكُمْ فَمَا ظَنُّكُمْ بِالَّذِي عَمِلَ بِهَذَا فيقولان: بم أعطينا هذا؟ فيقال: بأخذ ولد كما للقرآن. (رواه أبو داود في الوتر(1456) وأحمد في مسنده (15218) والحاكم في المستدرك (2086) وقال: صحيح الإسناد ولم يخرجاه).
Barangsiapa membaca Al-Qur`an dan mengamalkannya, maka -pada hari
kiamat- akan dipakaikan kepada kedua orang tuanya sebuah mahkota yang
berkilau, yang sinarnya lebih baik dari sinar mentari, maka keduanya
berkata: “Mengapa kami diberi mahkota ini? Maka dikatakan: “Karena
anakmu mengambil (membaca dan mengamalkannya) Al-Qur`an”. [HR. Abu Dawud, Ahmad, dan Al-Hakim] [6]
MACAM-MACAM TILAWAH
Tiwalah Al-Qur`an secara umum terbagi atas dua bagian:
1. Tilawatu Lafdhihi ( تلاوة لفظه ) ya`ni membaca Al-Qur`an dari segi
lafadz-lafadznya; tahapan ini yang mesti dilalui bagi pemula (orang
yang baru mengenal islam) atau pun anak-anak, yaitu mengenal atau
mengetahui makharijul huruf (tempat-tempat keluarnya huruf melalui
lisan) dan shifat-shifat huruf Al-Qur`an serta mempelajari hukum-hukum
tajwid yang semuanya guna memperbaiki tilawah itu sendiri; Sebagaimana
arti tajwid itu sendiri:
a. Tajwid secara bahasa: ( جود – يجود – تجويداً) Ma`nanya “Menata sesuatu dengan baik” atau (التحسين) “Membaguskan”.
b. secara Istilah: (هو تصحيح التلاوة بالقرآن الكريم) “Yaitu
membenarkan bacaan dalam tilawah Al-Qur`an Al-Karim”. [Al-Halaqatul
Qur`an. hal.78]
2. Tilawatu Hukmihi (تلاوة حكمه) ya`ni membaca Al-Qur`an dari segi
hukum-hukumnya ; yaitu menela’ah kandungan Al-Qur’an itu sendiri dengan
mempercayai khabar-khabarnya, mengikuti hukum-hukum yang telah Allah
tetapkan, dengan menjalankan perintah-perintahnya dan menjauhi seluruh
larangan yang telah disebutkan di dalamnya, dan inilah tujuan utama
diturunkanya Al-Qur`an. Firman Allah Azza wa Jalla.
كِتَابٌ أَنزَلْنَاهُ إِلَيْكَ مُبَارَكٌ لِّيَدَّبَّرُوا ءَايَاتِهِ وَلِيَتَذَكَّرَ أُوْلُوا اْلأَلْبَابِ
Ini adalah sebuah kitab yang kami turunkan kepadamu penuh dengan
berkah supaya mereka memperhatikan ayat-ayatnya dan supaya mendapat
pelajaran orang-orang yang mempunyai pikiran. [Shad: 29]
Demikianlah jalan yang ditempuh oleh para salafus Shalih, dan atas
dasar inilah mereka mempelajari Al-Qur`an kemudian mereka mempercayai
beritanya dan menerapkan hukum-hukumnya.
Abu Abdur Rahman As-Sulami rahimahullah berkata: “Telah berkata
kepada kami orang-orang yang membacakan/mengajarkan Al-Qur`an kepada
kami, yaitu Utsman bin Affan, Abdullah bin Mas`ud serta yang lainya:
“Sesungguhnya mereka (para sahabat) apabila mempelajari 10 ayat
(Al-Qur`an) dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, mereka tidak
menambahnya sehingga mereka mengetahui ilmu dan mengamalkan apa yang
terdapat di dalamnya. Mereka berkata: “Maka kami mempelajari Al-Qur`an,
ilmu dan amal semuanya”. (Ini adalah atsar yang shahih, diriwayatkan
oleh Ibnu Jarir dalam tafsirnya (1/80-Syakir) dan beliau berkata: “Ini
adalah sanad yang shahih, bersambung”.
Dan beliau menyatakan:
فتعلمنا القرآن والعمل جميعاً بدون لفظٍ “العلم”
Maka kami mempelajari Al-Qur`an dan mengamalkan semua (kandungannya)”, tanpa ada lafadz “Al-Ilmu”
Dan di antara hikmah tilawah adalah sebagai sarana untuk memahami
Al-Qur’an sehingga bisa meyakini beritanya dan mengamalkan kandungannya,
kemudian akan menghantarkan kepada kebahagiaan dan keselamatan:
فَإِمَّا يَأْتِيَنَّكُم مِّنِّي هُدًى فَمَنِ اتَّبَعَ هُدَايَ فَلاَ يَضِلُّ وَلاَيَشْقَى {123} وَمَنْ أَعْرَضَ عَن ذِكْرِى فَإِنَّ لَهُ مَعِيشَةً ضَنكًا وَنَحْشُرُهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ أَعْمَى {124} قَالَ رَبِّ لِمَ حَشَرْتَنِي أَعْمَى وَقَدْ كُنتُ بَصِيرًا {125} قَالَ كَذَلِكَ أَتَتْكَ ءَايَاتُنَا فَنَسِيتَهَا وَكَذَلِكَ الْيَوْمَ تُنسَى {126} وَكَذَلِكَ نَجْزِي مَنْ أَسْرَفَ وَلَمْ يُؤْمِن بِئَايَاتِ رَبِّهِ وَلَعَذَابُ اْلأَخِرَةِ أَشَدُّ وَأَبْقَى
Maka jika datang kepadamu petunjuk daripada-Ku, lalu barangsiapa
yang mengikuti petunjuk-Ku, ia tidak akan sesat dan ia tidak akan
celaka. Dan barangsiapa yang berpaling dari peringatan-Ku, maka
sesungguhnya baginya penghidupan yang sempit, dan Kami akan
menghimpunkannya pada hari kiamat dalam keadaan buta”. Berkatalah ia:”Ya
Rabbku, mengapa Engkau menghimpunkan aku dalam keadaan buta, padahal
aku dahulunya seorang yang melihat”. Allah berfirman:”Demikianlah, telah
datang kepadamu ayat-ayat Kami, maka kamu melupakannya, dan begitu
(pula) pada hari inipun kamu dilupakan”. Dan demikanlah Kami membalas
orang yang melampaui batas dan tidak percaya terhadap ayat-ayat Rabbnya.
Dan sesungguhnya azab di akhirat itu lebih berat dan lebih kekal. [Thaha:123-127].
Sesungguhnya tilawah al-Qur’an adalah lebih afdhal (utama) daripada
dzikir, dan dzikir lebih afdhal daripada do`a, hal ini dinyatakan oleh
Al-Imam An-Nawawi di dalam kitabnya “Al-Adzkar” halaman: 101, beliau
menyebutkan: “Seseungguhnya tilawah al-Qur’an itu lebih afdhal daripada
dzikir-dzikir, dan di dalam qira’ah (tilawah) mempunyai adab-adab dan
tujuan-tujuan.”
Oleh sebab itu, hendaknya kita (semua) sebagai thalibul ilmi,
memperhatikan adab-adab dan menetapkan tujuan ketika hendak membaca
Al-Qur’an; karena memang sesungguhnya al-Qur’an ini (adalah) yang kita
baca, kita dengar, kita hafalkan dan kita tulis adalah kalam Rabb kita,
Rabb semesta alam yang Maha Awal dan Maha Akhir. Al-Qur’an ini merupakan
tali Allah yang sangat kuat, dan jalan-Nya yang lurus, serta merupakan
dzikir yang penuh berkah dan cahaya yang terang. Inilah di antara
sifat-sifat agung al-Qur’an, maka wajiblah kita mengagungkan dan
memuliakannya. Apabila seorang hamba hendak membacanya maka janganlah
dia meremehkannya dan janganlah sambil bermain-main.
DIANTARA ADAB-ADAB TILAWAH
1. Mengikhlaskan niat untuk Allah semata. Karena tilawah al-Qur’an
termasuk ibadah, sebagaimana telah disebutkan pada keutamaan tilawah.
Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda.
إِنَّمَا الْأَعْمَالُ بِالنِّيَّةِ
Sesungguhnya seluruh amalan itu tergantung pada niatnya. [HR. Bukhari-Muslim]
2. Menghadirkan hati (konsentrasi) ketika membaca, khusyu’, tenang
dan sopan, berusaha terpengaruh (terkesan) dengan yang sedang dibaca,
dengan memahami (menghayati) atau memikirkan (tafakkur-tadabbur)
sebagaimana tujuan utama dalam tilawah.
أَفَلاَ يَتَدَبَّرُونَ الْقُرْءَانَ
Apakah mereka tidak memperhatikan al-Qur’an?! [An-Nisa’:82, Muhammad:24]
Sopan, sebagai upaya memuliakan Kalam Allah Azza wa Jalla. Khusyu’
atau memusatkan hati dan pikiran (konsentrasi) sebagai upaya mengambil
hikmah yang terkandung pada ayat yang kita baca; menampakkan kesedihan
dan menangis, (ketika membaca ayat-ayat yang menceritakan adzab (siksa)
neraka. Dan apabila tidak bisa maka berusahalah untuk bisa menangis.
Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
إِنَّ هَذَا الْقُرْآنَ نَزَلَ بِحُزْنٍ فَإِذَا قَرَأْتُمُوهُ فَابْكُوا فَإِنْ لَمْ تَبْكُوا فَتَبَاكَوْا
Sesungguhnya al-Qur’an ini turun dengan kesedihan, maka jika kamu
membacanya hendaklah kamu menangis, jika kamu tidak (bisa) menagis, maka
berusahalah untuk menangis. [HR. Ibnu Majah] [7]
Allah berfirman:
وَيَخِرُّونَ لِلأَذْقَانِ يَبْكُونَ وَيَزِيدُهُمْ خُشُوعًا
Dan mereka menyungkur atas muka mereka sambil menangis dan mereka bertambah khusyu’. [Al-Israa : 109]
Ibnu Mas’ud berkata.
قَالَ لِي رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اقْرَأْ عَلَيَّ الْقُرْآنَ قَالَ فَقُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ أَقْرَأُ عَلَيْكَ وَعَلَيْكَ أُنْزِلَ قَالَ إِنِّي أَشْتَهِي أَنْ أَسْمَعَهُ مِنْ غَيْرِي فَقَرَأْتُ النِّسَاءَ حَتَّى إِذَا بَلَغْتُ ( فَكَيْفَ إِذَا جِئْنَا مِنْ كُلِّ أُمَّةٍ بِشَهِيدٍ وَجِئْنَا بِكَ عَلَى هَؤُلَاءِ شَهِيدًا ) رَفَعْتُ رَأْسِي أَوْ غَمَزَنِي رَجُلٌ إِلَى جَنْبِي فَرَفَعْتُ رَأْسِي فَرَأَيْتُ دُمُوعَهُ تَسِيلُ
Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa salalm berkata kepadaku:
“Bacakanlah al-Qur’an kepadaku!” saya pun berkata: Ya Rasulullah, apakah
saya harus membacakan al-Qur’an kepadamu, sedangkan al-Qur’an
diturunkan kepadamu?” Maka beliau menjawab: “Benar, akan tetapi saya
senang (ingin) mendengarkan bacaan dari orang lain”. Kemudian sayapun
membaca surat an-Nisa’ sampai: “Maka bagaimanakah (halnya orang-orang
kafir nanti), apabila kami mendatangkan seseorang saksi (rasul) dari
tiap-tiap umat dan Kami mendatangkan kamu (Muhammad) sebagai saksi atas
mereka itu (sebagai umatmu)”. (ayat 41). Maka beliaupun berkata:
“Cukup-cukup, maka tatkala saya melirik kepada beliau, beliau meneteskan
air mata. [HR. Bukhari, Muslim, Tirmidzi, dan lainnya]
3. Tilawah al-Qur’an, hendaknya di tempat yang suci (haram atau
dilarang di WC) atau tempat-tempat yang tidak pantas untuk tilawah
al-Qur’an yang suci. Terutama di masjid sebagai upaya memakmurkan masjid
إِنَّمَا يَعْمُرُ مَسَاجِدَ اللهِ مَنْ ءَامَنَ بِاللهِ وَالْيَوْمِ اْلأَخِرِ وَأَقَامَ الصَّلاَةَ وَءَاتَى الزَّكَاةَ وَلَمْ يَخْشَ إِلاَّ اللهَ
Hanyalah yang memakmurkan mesjid-mesjid Allah ialah orang-orang
yang beriman kepada Allah dan hari kemudian, serta tetap mendirikan
sholat, menuaikan zakat dan tidak takut (kepada siapapun) sela in kepada
Allah. [At-Taubah : 18]
Selain di tempat yang suci, kitapun sebaiknya dalam keadaan suci
(tidak dalam keadaan hadast besar dan hadats kecil) untuk memuliakan
kalam Allah Ta’ala
4. Membaca do`a Isti`adzah (berlindungan kepada Allah Ta’ala dari godaan setan) ketika hendak membaca al-Qur’an.
Allah berfirman
فَإِذَا قَرَأْتَ الْقُرْآنَ فَاسْتَعِذْ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ
Apabila kamu membaca al-Qur’an, hendaklah kamu meminta perlindungan kepada Allah dari syaitan yang terkutuk. [An-Nahl :98]
Membaca basmalah apabila membaca al-Qur’an dari awal surat, kecuali
surat at-Taubah. Berlindung kepada Allah Ta’ala, yakni membaca:
أَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ
hukumnya wajib menurut sebagian ulama’ . [Lihat Mabahits fi Ulumil Qur’an]
Dan diantara bentuk membersihkan jasmani (selain mandi) ialah
bersiwak atau memakai sikat dan pasta gigi dalam rangka membersihkan
sisa makanan yang terdapat pada sela-sela gigi yang dapat membusuk, yang
membuat mulut kita tidak enak baunya. Bersiwak merupakan salah satu
bentuk ittiba` kepada sunnah Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam yang
bisa mendapat 2 kebaikan, bersih di mulut dan mendapat keridhaan Allah
Ta’ala:
مَطْهَرَةٌ لِلْفَمِ مَرْضَاةٌ لِلرَّبِّ
Bersih dimulut dan mendapatkan ridha dari Tuhan (Allah Ta’ala )”. [HR. Bukhari dalam bab Shaum.1831].
5. Menghadap kiblat hal ini juga sebagai upaya menghidupkan sunnah dalam bermajlis.
خَيرُْ المجالس ما استقبل القبلة (رواه الطبرانى فى الأوسط من حديث ابن عمر
Sebaik-baik Majlis adalah yang menghadap kearah qiblat. [HR. Thabrani dalan Al-Ausath hadits dari Ibnu Umar]. [8]
6. Membaguskan suara dengan tidak ghuluw (melewati batas), riya`
(agar dilihat orang) , sum`ah (agar didengar orang) atau ujub (mengagumi
diri sendiri).
زَيِّنُوا الْقُرْآنَ بِأَصْوَاتِكُمْ ..رواه أحمد وابن ماجة والنسائى والحاكم وصححه
Perindahlah (bacaan) Al-Qur`an dengan suara kalian. (HR. Ahmad, Ibnu Majah Nasa`i dan Hakim menshahihkannya] [9].
Tetapi jangan sampai seseorang mengeraskan bacaannya di dalam
mushalla (masjid) sementara orang lain dalam keadaan shalat, sedangkan
hal yang demikian itu telang dilarang.
خَرَجَ عَلَى النَّاسِ وَهُمْ يُصَلُّونَ وَقَدْ عَلَتْ أَصْوَاتُهُمْ بِالْقِرَاءَةِ فَقَالَ إِنَّ الْمُصَلِّيَ يُنَاجِي رَبَّهُ فَلْيَنْظُرْ بِمَا يُنَاجِيهِ بِهِ وَلَا يَجْهَرْ بَعْضُكُمْ عَلَى بَعْضٍ بِالْقُرْآنِ
Bahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah keluar pada suatu
kaum, sedang mereka sementara dalam keadaan shalat dan mengeraskan
bacaannya, maka Nabi n bersabda: “Setiap kalian bermunajat
(berbisik-bisik) kepada Rabbnya, maka janganlah kalian mengeraskan
bacaan (Al-Qur`an) kalian atas sebagian yang lain. [HR. Imam Malik
dalam kitabnya “Al-Muwatha`”[1/80]), Ibnu Abdil Barr berkata: “Ini
adalah hadits shahih] [10]. [Lihat: Majaalis Syahrur Ramadhan; Syaikh
Al-Utsaimin]
7. Hendaknya membaca dengan sirri (pelan) apabila dikhawatirkan dapat
menimbulkan riya` atau sum`ah pada dirinya atau dapat mengganggu
ketenangan dalam Masjid sebagaimana telah disebutkan dalam hadits Nabi
Shallallahu ‘alaihi wa salalm.
الجْاَهِرُ بِالْقُرْآنِ كَالْجَاهِرُ بِالصَّدَقَةِ .
Mengeraskan (dalam membaca) Al-Qur`an sama dengan menampakan dalam bershadaqah. [Minhajul Muslim, hal.71] [11]
Dan telah diketahui bahwa shadaqah yang dicintai adalah yang
sembunyi-sembunyi, kecuali dalam keadaan tertentu yang berfaidah.
Misalnya: untuk mendorong orang lain agar melakukan seperti yang kita
lakukan.
8. Hendaknya membaca Al-Qur`an dengan tartil.
وَرَتِّلِ الْقُرْءَانَ تَرْتِيلا
Dan bacalah al-Qur’an itu dengan perlahan-lahan. [Al-Muzammil : 4]
Ali bin Abi Thalib menjelaskan ma`na tartil dalam ayat tersebut
diatas adalah: ”Mentajwidkan huruf-hurufnya dengan mengetahui
tempat-tempat berhentinya”. [Syarh Mandhumah Al-Jazariyah, hl. 13]
Maka seyogyanya bagi kita bersabar, jangan terburu ingin segera
selesai (khatam) dalam membaca Al-Qur`an atau terburu nafsu ingin segera
menguasai (memahami) Al-Qur`an sehingga lalai memperhatikan
kaidah-kaidah dalam tilawah.
Dan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam telah melarang dalam
tilawah, menamatkan al-Qur’an kurang dari 3 malam, sebab tidak akan bisa
memahami maknanya. Sabda Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam.
لَا يَفْقَهُ مَنْ قَرَأَ الْقُرْآنَ فِي أَقَلَّ مِنْ ثَلَاثٍ
Barangsiapa membaca al-Qur’an kurang dari 3 hari maka tidak akan dapat memahaminya. [HR. Abu Dawud, At-Tirmidzi, dan Ibnu Majah]
Demikian pula Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan
Abdullah bin Umar Radhiyallahu ‘anhuma supaya mengkhatamkan al-Qur’an
setiap 7 hari (sekali). [HR. Mutafaq Alaih]
Adapun beberapa riwayat dari Salafus Shalih yang menyatakan bahwa di
antara mereka ada yang mengkhatamkan al-Qur’an sehari semalam sekali,
atau 2 kali khatam, atau 3 kali dan bahkan ada juga yang 8 kali khatam,
maka semua itu tidak bisa menjadi hujjah karena bertentangan dengan
hadits di atas. Demikian juga sekelompok Salaf tidak menyukai
mengkhatamkan Al-Qur’an dalam sehari semalam. Syeikh Abdul Qadir
Al-Arnauth mengomentari hadits di atas dengan perkataan: “Inilah yang
benar dan sesuai dengan Sunnah. [Lihat At-Tibyan Fi Adab Hamalatil
Qur’an, tahqiq: Syeikh Abdul Qadir Al-Arnauth, hal: 49]
Bacaan dengan perlahan-perlahan (tartil), bukan dengan cepat-cepat,
hal yang demikian itu akan membantu dalam tadabbur (memahami) maknanya
dan menghindari dari kesalahan dalam melafadzkan atau mengeluarkan
huruf-hurufnya. Di dalam Shahih Bukhari disebutkan.
سُئِلَ أَنَسٌ كَيْفَ كَانَتْ قِرَاءَةُ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ كَانَتْ مَدًّا ثُمَّ قَرَأَ ( بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ ) يَمُدُّ بِبِسْمِ اللَّهِ وَيَمُدُّ بِالرَّحْمَنِ وَيَمُدُّ بِالرَّحِيمِ
Dari anas bin Malik Radhiyallahu ‘anhu, bahwa ketika ditanya tentang
qira’ah (bacaan) Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam maka ia berkata:
“Bahwa bacaannya panjang-panjang, kemudian membaca: ( بِسْمِ اللَّهِ
الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ memanjangkan (بِبِسْمِ اللَّهِ ) kemudian
(الرَّحْمَنِ) kemudian (الرَّحِيمِ ) [HR. Bukhari, 5046].
عَنْ أُمِّ سَلَمَةَ أَنَّهَا ذَكَرَتْ أَوْ كَلِمَةً غَيْرَهَا قِرَاءَةَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُقَطِّعُ قِرَاءَتَهُ آيَةً آيَةً
Dari Ummu Salamah Radhiyallahu ‘anha, bahwa dia menyebutkan bacaan
Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, yaitu (beliau) memutus-mutus
bacaannya ayat per ayat (satu ayat-satu ayat). [HR. Ahmad (6/3020, Abu
Dawud (4001) Tirmidzi (2927) dan Dishahihkan An-Nawawi, dalam
“Al-Majmu’” 3/333 ]
Dalam kitab Majalis Fi Syahri Ramadhan karya Syaikh Utsaimin
dijelaskan, bahwa tidak mengapa dengan (bacaan) cepat yang tidak sampai
merubah lafadz, dan tidak meninggalkan sebagian huruf atau idghamnya.
Tetapi apabila tidak benar dalam pengucapan idghamnya, sampai salah
dalam lafadznya, maka hal itu haram, karena yang demikian berarti
mengganti lafadz al-Qur’an”.
9. Hendaknya sujud, ketika membaca ayat-ayat yang mengisyaratkan
sujud, hal ini dilakukan dalam keadaan berwudhu’, di waktu siang maupun
malam, dengan takbir dan mengucapkan: سبحان ربي الأعلى( Suci Rabbku yang
Maha Tinggi) dan hendaklah berdoa, kemudian bangun dari sujud tanpa
takbir dan tanpa salam. [Majaalis Syahrur Ramadhan; Syaikh Al-Utsaimin]
Syaikh Said bin Ali bin Wahf Al-Qahthany, menyebutkan bahwa do’a sujud tilawah yang dibaca, berbunyi:
سَجَدَ وَجْهِيَ لِلَّذِي خَلَقَهُ وَشَقَّ سَمْعَهُ وَبَصَرَهُ بِحَوْلِهِ وَ قُوَّتِهِ فَتَبَارَكَ اللَّهُ أَحْسَنُ الْخَالِقِينَ
Wajahku bersujud kepada Tuhan yang telah menciptakanku, yang memberi
pendengaran dan penglihatanku, dengan daya dan upayaNya, Maha Suci Allah
sebaik-baik pencipta. [HR. At-Tirmidzi 2/474, Ahmad 6/30 dan Hakim dan
disetujui Ad-Dzahabi 1/220]
Ada beberapa ayat yang disunahkan sujud ketika membacanya, yaitu:
Dalam surat al-A’raf: 206, Ar-Ra’d: 15, An-Nahl: 50, Al-Isra’:109,
Al-Furqan: 60, Al-Hajj: 18 dan 77, Al-Furqan: 60, An-Naml:26,
As-Sajdah:15, Shaad:24, An-Najm:62, Al-Isyiqaq:21, Fushilat:38,
Al-Alaq:19
WAKTU-WAKTU TEPAT UNTUK TILAWAH AL-QUR’AN
Ketahuilah bahwa sebaik-baik bacaan adalah di waktu shalat. Dan
madzab Imam Asy-Syafi’i dan yang lain rahimahullah, berpendapat
memanjangkan bacaan (al-Qur’an) di dalam shalat lebih baik daripada
(memanjangkan) sujud dan lainnya. Adapun bacaan selain di dalam shalat
(yang afdhal) adalah bacaan di malam hari, dan pertengahan terakhir di
malam hari lebih baik daripada di permulaan malam, bacaan yang dicintai
(bacaan) di antara maghrib dan isya’, dan bacaan siang hari yang afdhal
setelah shalat subuh. Dan bacaan diwaktu-waktu lain bukanlah waktu yang
tercela untuk membaca al-Qur’an di dalam atau di luar shalat.
Adapun tatkala Ibnu Abi Dawud rahimahullah dari Mu’adz bin Rifa’ah
dari para syeikh bahwasanya mereka membenci (tidak suka) bacaan setelah
shalat ashar, dan mereka berkata: Sesungguhnya itu adalah waktu yang
dipergunakan belajar oleh orang-orang Yahudi, maka (yang demikian) itu
tidak dapat diterima, karena tidak ada dasarnya. [Dinukil dari kitab
“Al-Adzkar” An-Nawawi]
Demikianlah, maka kami mengajak seluruh pembaca untuk bersama-sama
memanfaatkan waktu kita masing-masing untuk membuka lembaran demi
lembaran kitab Allah, dengan penuh kecintaan dan tidak bosan-bosan,
sesuai kesanggupan kita masing-masing. Kemudian kita dakwahkan kepada
keluarga kita, saudara-saudara kita dan seluruh umat manusia, perlu
diketahui bahwa membaca dan mengkhatamkan (menamatkan) al-Qur’an adalah
merupakan aktifitas atau amalan yang terbaik.
Ikhwani fiddin…
Kita pelihara al-Qur’an, agar terjaga dari berbagai penyimpangan atau
perubahan. Kita berdoa kepada-Nya, semoga Allah memperkenankannya.
Semoga menjadi saksi bagi kita, kita bersyukur kepada-Nya, semoga kita
diberikan rahmat dan petunjuk dari padaNya.
Akhirnya kita berdo’Allah Ta’ala dengan doa:
Ya Allah! Anugerahkan kepada kami dari bacaan Kitab-Mu agar (bacaan
kami) menjadi sebenar-benarnya bacaan, dan jadikanlah kami, tergolong
orang-orang yang mendapatkan kebaikan dan kebahagian.
Ya Allah!…jadikanlah kami termasuk orang-orang yang mendalam ilmunya,
orang-orang yang beriman dengan (ayat-ayat) yang muhkam (tetap, pasti
dan jelas maknanya) dan mutasyabih (ayat-ayat yang sulit dipahami),
meyakini berita-beritanya, dan dapat mengambil manfaat dari
hukum-hukumnya, dan ampunilah kami dan kedua orang tua kami dan seluruh
kaum muslimin, dengan Rahmat-Mu Yang Maha Pemurah dan Pengasih, dan
semoga shalawat dan salam atas Nabi kita Muhammad dan keluarganya, para
sahabatnya dan seluruh kaum muslimin yang setia mengikuti beliau
Shallallahu ‘alaihi wa sallam. (Disusun oleh Abdul Wahid).
Maraji’:
1. Kitab Al-Adzkar, An-Nawawiyah, (Nawawi)
2. Minhaajul Muslim, Abu Bakar Jaabir Al-Jazaairi
3. Tafsir Ibnu Katsir
4. Majaalis Syahru Ramadhan, Muhammad bin Shalih bin Utsaimin
5. Hisnul Muslim, Said bin Wahfi Al-Qhahthany
6. Riyadhus Shalihin, Imam Nawawy
[Disalin
dari majalah As-Sunnah Edisi 05/Tahun V/1422H/2001M
________
Footnote
[1]. Ahlul Qur’an atau Shahibul Qur’an adalah orang yang membaca
(mempelajari) Al- Qur’an dan mengamalkan hukum-hukumnya serta beradab
dengan adab-adabnya. Lihat Bahjatun Nazhirin II/225, 230 -Red
[2]. Hadits ini dihasankan oleh Syeikh Salim Al-Hilali di dalam Bahjatun Nazhirin II/230, no:1001-Red
[3]. Hadits ini dishahihkan oleh Syeikh Salim Al-Hilali di dalam Bahjatun Nazhirin II/229, no:999-Red
[4]. Tetapi hadits ini didha’ifkan oleh Syeikh Salim Al-Hilali di dalam
Bahjatun Nazhirin II/230, no:1000, sehingga tidak bisa dijadikan hujjah.
-Red
[5]. Yang dimaksud adalah ghibthah, yaitu: menginginkan kebaikan seorang tanpa menginginkan hilangnya dari orang tersebut-Red
[6]. Tetapi Syeikh Abdul Qadir Al-Arnauth mengomentari hadits ini di
dalam tahqiq kitab At-Tibyan Fi Adabi Hamalatil Qur’an, hal:16:
“Isnadnya dha’if”. Demikian juga didha’ifkan oleh Syeikh Al-Albani di
dalam kitab Dha’if Jami’ush Shaghir no:5762; Al-Misykat no:2139 dan
Dha’if Abi Dawud no:239. Maka tidak bisa dijadikan hujjah -Red
[7]. Syeikh Abdul Qadir Al-Arnauth mengomentari hadits ini di dalam
tahqiq kitab At-Tibyan Fi Adabi Hamalatil Qur’an, hal:68: “Isnadnya
dha’if”. Tetapi menangis ketika membaca Al-Qur’an merupakan kebiasaan
Salafus Shalih-Red
[8]. Tetapi hadits ini didha’ifkan oleh Syeikh Al-Albani di dalam kitab
Dha’if Jami’ush Shaghir no:1124 dan Adh- Dha’ifah no:1486. Maka tidak
bisa dijadikan hujjah -Red
[9]. Hadits ini dishahihkan oleh Syeikh Al-Albani di dalam kitab Shahih Jami’ush Shaghir no: 3580, 3581-Red
[10]. Hadits ini dishahihkan oleh Syeikh Al-Albani di dalam kitab Shahih Jami’ush Shaghir no: 1951-Red
[11]. Hadits ini dishahihkan oleh Syaikh Al-Albani di dalam Shahih al-Jami’us Shagir no. 3105 -Red
0 komentar:
Post a Comment
Terima Kasih Telah Berkunjung di khazanahislamku.blogspot.com
Berikan Komentar dengan Penuh ETIKA untuk kita Diskusikan bersama