Manusia Terbaik

عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ أَبِى بَكْرَةَ عَنْ أَبِيهِ أَنَّ رَجُلاً قَالَ يَا رَسُولَ اللَّهِ

أَيُّ النَّاسِ خَيْرٌ قَالَ « مَنْ طَالَ عُمُرُهُ وَحَسُنَ عَمَلُهُ ». قَالَ فَأَىُّ النَّاسِ شَرٌّ

قَالَ « مَنْ طَالَ عُمُرُهُ وَسَاءَ عَمَلُهُ ». قَالَ أَبُو عِيسَى

هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ

Dari Abdurrahman bin Abu Bakrah dari ayahnya, seseorang bertanya: siapa orang terbaik itu? Rasulullah SAW menjawab: “Orang yang panjang umurnya dan baik amalnya.” Ia bertanya: Lalu siapa orang yang terburuk itu? Rasulullah SAW menjawab: “Orang yang panjang umurnya tapi buruk amalnya.” Berkata Abu Isa: Hadits ini hasan shahih.

 
Panjang dan pendeknya usia bukanlah ukuran keberhasilan atau kesuksesan kita mengarungi kehidupan yang fana. Akan tetapi amal kebaikan kitalah yang menjadi tolak ukur atau borometer kesuksesan hidup ini. Menginginkan hidup seribu tahun atau bahkan seratus ribu tahun itu tidak ada artinya bila selama menjalani kehidupannya tidak beriman dan tunduk kepada Allah, tidak menjalankan syari’atNya, dan tidak berguna bagi keluarga dan orang yang berada di sekitarnya.
Hadits Nabi ini sangat berharga untuk memandu kita melakukan koreksi dan membangun tekad kembali untuk melakukan perbaikan dengan semangat membangun amalamal unggulan dalam lembaran kehidupan kita yang fana ini. Agar kita benar-benar menjadi hamba-hambaNya yang sholeh, seorang muslim yang senantiasa berpegang teguh kepada Kitabullah dan sunnah RasulNya. Menjadi mukmin sejati yang selalu komimtmen berjuang dan berkorban untuk menegakkan kalimat Allah SWT sepanjang hidupnya dengan tanpa rasa takut dan kuatir cercaancercaan orang-orang yang tidak suka akan kebesaran Islam dan kejayaannya.

 Fiqh Hadits

  •  Sukses seorang ditentukan dengan amal kebaikannya bukan panjang pendeknya umur
  •  Seburuk-buruk manusia adalah orang yang usianya panjang akan tetapi buruk amal perbuatannya.
  • Menjauhi hal-hal yang tidak berfaedah dalam kehidupan sehari-hari.
  • Menggunakan umur secara efektif untuk memnbangun kesalehan pribadi dan social
Share on Google Plus

About Admin

Khazanahislamku.blogspot.com adalah situs yang menyebarkan pengetahuan dengan pemahaman yang benar berdasarkan Al-Qur'an dan As-Sunnah dengan pemahaman generasi terbaik dari para sahabat Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam beserta pengikutnya.
    Blogger Comment

0 komentar:

Post a Comment


Terima Kasih Telah Berkunjung di khazanahislamku.blogspot.com

Berikan Komentar dengan Penuh ETIKA untuk kita Diskusikan bersama