Jalan Kebenaran

خَطَّ رَسُوْلُ الله صَلَّى الله ُعليه وسلم خَطًّا بِيَدِهِ ثُمَّ قالَ: “هَذا سَبِيْلُ اللهِ

مُسْتَقِيْمًا” وَخَطَّ عَنْ يَمِيْنِهِ وَشِمَالِهِ ثُمَّ قَا لَ: “هَذِهِ السُّبُلُ لَيْسَ مِنْهَا سَبِيْلٌ

إِلا عَليْهِ شَيْطانٌ يَدْعُوْ إِلَيْهِ ثُمَّ قَرَأَ ” وَأَنّ هَذا صِرَاطِيْ مُسْتَقِيْمًا فَاتَّبِعُوْهُ

وَلاَ تَتَّبِعُوْا السُّبُلَ فَتَفَرَّقَ بِكُمْ عَنْ سَبِيْلِهِ” رواه الإمام أحمد بن حنبل

عن عبد الله بن مسعود

“Rasulullah SAW telah menggaris dengan tangannya sendiri, lalu bersabda: “Ini adalah jalan Allah yang lurus” dan beliau menggaris lagi sebelah kiri dan sebelah kanan, lalu bersabda: “Inilah jalan-jalan yang di mana tiada satu jalanpun kecuali di atas ada syetan yang menyeru kepadanya. Kemudian Beliau membaca ayat ini; “Dan bahwa (yang Kami perintahkan ini) adalah jalanKu yang lurus, maka ikutilah dia, dan janganlah kamu mengikuti jalan-jalan (yang lain), karena jalan-jalan itu mencerai beraikan kamu dari jalanNya. Yang demikian itu diperintahkan Allah agar kamu bertakwa.” QS 6:153

 
Jalan kebenaran sangat jelas di antara jalan-jalan kebatilan. Hanya ada satu jalan kebenaran yaitu kebenaran Islam dalam semua dimensi yang ada; kebenaran agama, kebenaran prinsip, kebenaran keyakinan, kebenaran pemikiran dan kebenaran kehidupan. Itulah jalan Allah yang telah digariskan kepada semua manusia, kepada semua jin, semua malaikat dan kepada semua alam semesta.
Inilah Jalan yang harus diikuti oleh mereka dan kita semua. Karena kalau kita menolak meniti di atas jalan ini, membangkang mengikuti aturan-aturannya dan memerangi nilai-nilai keagungannya niscaya kita akan menyimpang dan berada di jalan syetan.

Buah hadits

  • Garis itu adalah “Sabilullah”(jalan Allah)
  • Jalan Allah pasti lurus
  • Jalan yang lurus ini adalah Al-Islam
  • Tidak boleh mengikuti agama-agama lain selain Islam
  • Hidup mati hanya bersama Islam Qs 3:102-103
Share on Google Plus

About Admin

Khazanahislamku.blogspot.com adalah situs yang menyebarkan pengetahuan dengan pemahaman yang benar berdasarkan Al-Qur'an dan As-Sunnah dengan pemahaman generasi terbaik dari para sahabat Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam beserta pengikutnya.
    Blogger Comment

0 komentar:

Post a Comment


Terima Kasih Telah Berkunjung di khazanahislamku.blogspot.com

Berikan Komentar dengan Penuh ETIKA untuk kita Diskusikan bersama