Imam Mana Yang lebih Utama

MANA YANG LEBIH UTAMA MENJADI IMAM SHALAT, IMAM YANG MEMELIHARA JENGGOTNYA ATAU IMAM YANG TIDAK BERJENGGOT (MENCUKURNYA) ??

Pertanyaan (Fatwa no. 3816) :

Ada seorang laki-laki yang dia seorang penghafal qur’an, akan tetapi dia tidak memilki jenggot ( karena sengaja dicukur, pen ). Dan ada laki-laki lain yang memiliki hafalan qur’an yang sedikit ( dibandingkan lelaki yang tadi) dan dia memiliki jenggot ( yang dibiarkan/ tidak dicukur, pen ). Lalu siapakah diantara keduanya yang didahulukan untuk menjadi pada saat shalat ?

Jawaban :

Segala puji hanyalah milik Allah,
Yang didahulukan untuk menjadi imam pada saat shalat tersebut adalah orang yang memilki jenggot ( yang dibiarkan/ tidak dicukur, pen ) meskipun memiliki hafalan yang sedikit dibandingkan atas orang yang mencukur jenggotnya meskipun dia pengahafal al-qur’an. Dikarenakan sesungguhnya orang yang pertama tadi bukanlah orang yang berdosa dengan sedikit hafalannya sedangkan orang yang kedua tadi dia berdosa dengan mencukur jenggotnya.

Dan Allahlah yang memberikan taufik ( petunjuk ), semoga Sholawat dan salam senantiasa tercurah kepada Nabi kita Muhammad dan para sahabatnya.

Dewan Komite Tetap untuk Penelitian Ilmiyah dan Fatwa.

Ketua : Abdul ‘Aziz bin ‘Abdullah bin Baz

Wakil ketua : ‘Abdurrazzaq ‘afifi

Sumber : http://www.al-eman.com/الفتاوي/أيهما أفضل الإمام الحليق الحافظ أم الإمام الملتحي الذي يحفظ قليلا/i3816&rs&p7

Share on Google Plus

About Admin

Khazanahislamku.blogspot.com adalah situs yang menyebarkan pengetahuan dengan pemahaman yang benar berdasarkan Al-Qur'an dan As-Sunnah dengan pemahaman generasi terbaik dari para sahabat Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam beserta pengikutnya.
    Blogger Comment

0 komentar:

Post a Comment


Terima Kasih Telah Berkunjung di khazanahislamku.blogspot.com

Berikan Komentar dengan Penuh ETIKA untuk kita Diskusikan bersama