18 Sumber Barakah

Barakah atau berkah .. adalah Mampu mencapai lebih banyak dengan sedikit sumber, melakukan banyak dalam waktu sedikit, dan menghasilkan banyak hal dengan sedikit usaha pasti berkat dari Allah (Subahanahu Wa Ta’ala).

Barakah menjadi harta karun yang hilang hari ini, semua orang mencari itu, tapi tak seorang pun tampaknya untuk menemukannya! … Anda selalu mendengar orang mengeluh bahwa tidak ada berkah di waktu mereka, ada berkah dalam tidur mereka, ada berkah di uang mereka dan sisanya.

Apa itu Berkah?

Sebuah dalil terkenal menjelaskan sebagai berikut:

والبركة: هي ثبوت الخير الإلهي في الشيء؛ فإنها إذا حلت في قليل كثرته، وإذا حلت في كثير نفع، ومن أعظم ثمار البركة في الأمور كلها إستعمالها في طاعة الله عز وجل
  • Barakah adalah lampiran kebaikan Tuhan untuk sesuatu, sehingga jika terjadi pada sesuatu, ia meningkatkan itu. Dan jika terjadi pada sesuatu yang jauh manfaatnya. Dan buah terbesar Barakah dalam segala hal adalah dengan menggunakan berkah bahwa dalam ketaatan Allah (Subahanahu Wa Ta’ala)

Sumber Berkah

Saya seorang percaya yang Barakah perusahaan bukan harta yang hilang, bukan, itu tepat di depan mata kita! Harta ini hanya tersedia dan siap untuk diserahkan kepada orang yang bekerja untuk itu.
Dibawah ini, beberapa sumber Barakah :

1. Niat Baik

Jika Anda menginginkan sesuatu memiliki berkah yang melekat padanya, memiliki niat baik untuk itu. Lebih khusus, pastikan bahwa perbuatan ditujukan demi Allah (Subahanahu Wa Ta’ala).
Melihat kembali pada definisi Barakah, Anda mungkin menduga bahwa tanpa kita berniat apa yang kita miliki atau lakukan untuk Sake Allah, “kebaikan Ilahi” tidak akan ditemukan dalam perbuatan kita.

2. Kesalehan Kepada Allah

Allah berfirman dalam Quran:
  • Jika orang-orang di kota itu tapi percaya dan takut kepada Allah, Kita memang harus membuka keluar untuk mereka (Semua jenis) berkah dari langit dan bumi …. (QS Al-A’raf, Ayat 96 ).
Dan Dia mengatakan dalam Quran:
  • Dan bagi mereka yang takut kepada Allah, Dia (pernah) menyiapkan jalan keluar. Dan Ia menyediakan bagi dia dari (sumber) dia tidak pernah bisa membayangkan …. (QS Al-talaq, 2-3).

3. Menempatkan Kepercayaan kepada Allah

Allah berfirman dalam Quran :
  • “ Dan jika ada orang yang menempatkan kepercayaannya kepada Allah, yang cukup (Allah) untuknya. Sesungguhnya Allah pasti akan mencapai tujuannya. Sesungguhnya, karena segala sesuatu telah Allah menunjuk sebagian karena ” …. (QS Al-talaq, ayat 3)
Nabi Muhammad (saw) berkata:
  • Kalau saja Anda mengandalkan Allah ketergantungan yang benar, Dia akan menyediakan rezeki untuk Anda hanya seperti yang Dia lakukan burung: Mereka terbang keluar di pagi kosong dan kembali pada sore hari dengan perut penuh ….  (Ahmad, An-Nasa’i, Ibnu Majah, Al-Hakim dan At-Tirmidzi)

4. Membaca Al-Qur’an

Ini adalah sumber Barakah! Tapi subhanaAllah, kita jarang minum dari itu! Allah berfirman dalam Quran :
  • Dan ini adalah kitab yang Kami turunkan, membawa berkah, dan mengkonfirmasikan (wahyu) yang datang sebelumnya …. (QS Al-An’am, Ayat 92).
Jadi membaca Qur’an, dan mengamati berkat dan berkah Allah memasuki kehidupan Anda. Semakin jauh kita dari Kitab Panduan, sebagai berkah sedikit kita akan ada di kehidupan kita.

5. Mengatakan Bismillah

Ketika Anda mengatakan “Bismillah” sebelum apa pun yang Anda lakukan, Anda menyerukan Nama Allah pada aktivitas itu; tidak hanya akan aktivitas yang diberkati tetapi setan tidak dapat mengambil bagian di dalamnya!
Jadi selalu mengatakan “Bismillah” sebelum apa pun yang Anda lakukan! SubhanaAllah, mudah bagi kita untuk lupa mengucapkan “Bismillah”. Kadang-kadang kita begitu terbiasa dengan mengatakan bahwa kita tidak bisa mengingat apakah kita mengatakan atau tidak!

6. Makan bersama-sama

Siapapun yang telah memiliki pengalaman mengundang tamu ke rumahnya akan tahu yang satu ini. Tidak peduli betapa sedikit Anda berpikir makanan yang Anda sedang mempresentasikan ke tamu Anda, itu selalu lebih dari cukup!
Apa yang saya maksudkan di sini adalah berkat yang terjadi ketika makan bersama, ditegaskan dalam hadits Nabi Muhammad (saw) yang mengatakan:
  • “ Makanlah bersama-sama, untuk berkat dalam Jamma’a (jemaat atau sedang bersama-sama) … “
dan di lain hadits:
  • Barangsiapa memiliki cukup makanan untuk dua orang, harus mengambil yang ketiga, dan siapa pun yang memiliki cukup makanan untuk empat orang, harus mengambil seperlima atau seperenam (atau mengatakan sesuatu yang serupa) …. (Bukhari, Volume 4. Buku 56.. Nomor 781)

7. Kejujuran dalam Perdagangan

Ini adalah untuk semua orang-orang bisnis di luar sana. Kita tidak boleh menganggap berbohong dan menipu orang akan membuat perdagangan kita menguntungkan. Sebaliknya, itu akan menghilangkan berkat dari perdagangan Anda.
Nabi Muhammad (saw) mengatakan :
  • Para pembeli dan penjual memiliki pilihan untuk membatalkan atau mengkonfirmasi tawar-menawar kecuali mereka terpisah, dan jika mereka berbicara kebenaran dan menjelaskan cacat barang, maka mereka akan diberkati di tawar-menawar mereka, dan jika mereka berbohong dan menyembunyikan beberapa fakta, tawar-menawar mereka akan kehilangan nikmat Allah…. (Bukhari, Volume 3, Buku 34, Nomor 293)

8. Ber Do’a

Mintalah Allah untuk berkah! Jika Anda perhatikan dari beberapa Doa Nabi Muhammad (saw), Anda akan melihat bahwa Nabi digunakan untuk membuat doa bagi berkah.
Kami selalu mengatakan:  “Semoga Allah memberkati Anda“  Nah, coba tebak? Itu sumber berkah!
Juga, ketika Anda diundang ke rumah seseorang, Nabi Muhammad menyarankan kita untuk membuat doa berikut untuk tuan rumah : Ya Allah, berkahilah bagi mereka, yang Anda telah memberikan mereka, mengampuni mereka dan kasihanilah mereka.

9. Penghasilan / Uang yang Halal

Nabi Muhammad (saw) berkata:
  • Wahai manusia, Allah adalah baik dan Dia, hanya menerima yang baik …. (Ulama mengatakan ini mengacu pada pendapatan Halal dan pentingnya itu).
Seorang sarjana juga mengatakan dari orang yang makan makanan Haram, bahwa anggota tubuhnya akan mendurhakai Allah apakah dia suka atau tidak, dan bahwa orang yang makan Halal dan mencari penghasilan yang halal, anggota tubuhnya juga akan berbuat baik dan akan diberikan izin untuk mencari kebaikan.
Konsep anggota badan Anda yang ‘diberkati’ dan memungkinkan untuk melakukan yang baik adalah benar-benar sebuah berkat dan berkah kita semua harus mencari. Ini mengingatkan saya pada sebuah cerita tentang seorang pria tua yang melompat jarak besar yang para pemuda tidak mampu untuk melompat.

10. Mengikuti Sunnah Nabi Muhammad dalam segala hal

Aku sudah mengatakan itu sebelumnya dan saya akan mengatakannya lagi, Manusia yang paling produktif dalam sejarah umat manusia yang kita cintai Nabi Muhammad (saw).
Oleh karena itu, dengan hanya mengikuti gaya hidup dan tindakan Sunnah kita begitu sering mendengar tentang, kita memperoleh sumber besar Barakah!
Beberapa sunnah termasuk: makan sahur, makan dengan tangan kanan dari sisi piring, pergi keluar untuk Idul Fitri Salah, menjilati jari-jari Anda setelah selesai makan, tidur di sisi kanan Anda, dengan menggunakan siwaak, dan banyak lagi.
Carilah sunnah ini dan mengikuti mereka, karena meniru kehidupan orang yang paling diberkati di bumi tentu saja merupakan suatu sumber berkat!

11. Berdoa Istikhara

Berdoa istikhara dalam segala hal dan kemudian meninggalkan hasilnya kepada Allah serta menerima Keputusan-Nya merupakan sumber besar dari berkah. Nabi Muhammad (saw) mengajarkan kita doa yang indah ini yang membantu kita membuat keputusan dan tidak menyesali pilihan yang kita buat dalam hadits berikut :
Pada otoritas Jabir Ibnu Abdullah ia berkata :  “Nabi (saw) akan menginstruksikan kita untuk berdoa untuk bimbingan dalam semua keprihatinan kami, sama seperti dia akan mengajari kita sebuah bab dari Al Qur’an.
Dia (saw) akan berkata: ‘Jika ada yang berniat untuk melakukan suatu hal kemudian biarkan dia berdoa dua unit Sunnah (dua raka’at opsional nafil) dari doa dan setelah itu ia harus berdoa :
  • “ Ya Allah, aku meminta nasihat Anda dengan pengetahuan Anda dan dengan kekuatan Anda Saya mencari kekuatan dan saya minta Anda dari nikmat besar Anda, karena sesungguhnya Anda dapat sementara saya tidak dan sesungguhnya Kau tahu sementara aku tidak dan Engkau adalah Maha Mengetahui yang tak terlihat.“
  • “ Ya Allah, jika Kau tahu urusan ini-dan di sini ia menyebutkan perlu-untuk-Nya baik bagi saya dalamkaitannya dengan agama saya, kehidupan saya, dan akhir, maka keputusan dan memfasilitasi untuk saya, dan memberkati aku dengan itu, dan jika Anda tahu urusan ini menjadi sakit bagi saya terhadap agama saya, kehidupan saya, dan akhir, kemudian menghapusnya dari saya dan menghapus aku dari itu, dan ketentuan bagi saya apa yang baik di mana pun itu dan membuat saya puas dengan seperti itu.
Satu yang mencari bimbingan dari Pencipta dan konsultasi sesama orang percaya dan kemudian tetap teguh dalam tekadnya tidak menyesal karena Allah telah mengatakan :
  • … Dan bermusyawarahlah dengan mereka dalam urusan ini. Kemudian ketika Anda telah mengambil keputusan, bertawakallah kepada Allah … …. [Al-Qur'an 3: 159]

12. Merasa ber Syukur kepada Allah dalam Kelimpahan

Allah berfirman dalam Quran:
  • “Jika kamu bersyukur, Aku akan menambahkan lebih banyak (nikmat) kepadamu“.
Seorang ulama pernah mengatakan kepada saya bahwa jika seseorang melihat ke ayat ini, kata bahasa Arab yang digunakan untuk mengkonfirmasi bahwa nikmat Allah kepada orang yang sebenarnya berkat-Nya dalam bentuk Sumpah sebuah – “La azidannakum“.

13. Ber Amal (Zakat, Infaq, Sadaqah .. )

Dalam Hadits Qudsi, Allah berfirman :
  • “Wahai anak Adam, menghabiskan (dalam amal), dan aku akan menghabiskan pada Anda!“
Setiap kali Anda bangkrut, atau Anda merasa berkah yang merangsang keluar dari hidup Anda dan sangat membutuhkan itu untuk kembali , tercepat cara untuk mendapatkan berkah dalam hidup Anda dapat melalui pemberian amal.
Sebagai contoh, katakanlah berkah telah dihapus dari kehidupan Anda karena dosa Anda berkomitmen; amal membersihkan dosa-dosa Anda, menambahkan perbuatan baik dan merupakan sumber berkah.

14. Mengikat Tali Silahturahmi

Dikisahkan oleh Abu Huraira : Nabi berkata,
  • “Allah menciptakan makhluk-Nya, dan ketika Ia selesai, rahim, bangkit dan memegang Allah dimana Allah berfirman,” Ada apa ‘Pada saat itu, katanya, “Saya berlindung dengan Anda dari mereka yang memutuskan ikatan sanak dan kerabat “
Pada Allah berkata,
  • “. Apakah Anda akan puas jika saya melimpahkan nikmat-Ku pada dirinya yang terus hubungan Anda, dan menahan nikmat saya dari dia yang severs hubungan Anda? “
Kemudian Allah berkata, “Itu adalah untuk Anda.” Abu Huraira menambahkan: ” Jika Anda ingin, Anda dapat membaca:

“Apakah Anda maka jika Anda diberi kewenangan berbuat kerusakan di tanah dan memutuskan hubungan kekeluargaan ” …. (Bukhari, Volume 6 Buku 60.. Nomor 354)?

15. Bangun pagi

Nabi Muhammad (saw) berkata:
  • “Allah membuat dini hari diberkati untuk umatku.“
Bangun pagi adalah sebuah langkah penting untuk menjadi diberkati dan merasa baik sepanjang hari Anda.
Cobalah untuk bangun untuk Tahajjud, dan kemudian bekerja selama jam sebelum subuh Salah.
Jika Anda tidak bisa, maka setidaknya bangun untuk Fajar dan tinggal sampai matahari terbit sebelum Anda kembali tidur.

16. Menikah

Allah berfirman dalam Quran :
  • Menikahlah mereka di antara Anda yang masih lajang, atau yang saleh diantara kamu, laki-laki atau perempuan: jika mereka berada dalam kemiskinan, Allah akan memberi mereka berarti keluar dari rahmat-Nya: untuk Allah meliputi semua, dan Dia mengetahui segala sesuatu ” …. (Al-Quran 24:32).

17. Melakukan Sholat

Allah berfirman dalam Quran:
  • “Memerintahkan umat-Mu doa, dan menjadi konstan di dalamnya. Kami meminta kepadamu untuk tidak memberikan rezeki: Kami menyediakan bagimu. Tapi (buah) akhirat adalah untuk kebenaran “.
Untuk menggambarkan titik Salah lanjut, hanya membayangkan hidup Anda tanpa tindakan besar ibadah.

18. Meminta Ampun kepada Allah

Nabi (saw) berkata:
  • “Jika seseorang terus-menerus meminta pengampunan dari Allah, Allah akan menunjuk baginya jalan keluar dari setiap marabahaya, dan bantuan dari kecemasan setiap, dan akan memberikan baginya dari mana ia tidak memperhitungkan. “

Share on Google Plus

About Admin

Khazanahislamku.blogspot.com adalah situs yang menyebarkan pengetahuan dengan pemahaman yang benar berdasarkan Al-Qur'an dan As-Sunnah dengan pemahaman generasi terbaik dari para sahabat Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam beserta pengikutnya.
    Blogger Comment

0 komentar:

Post a Comment


Terima Kasih Telah Berkunjung di khazanahislamku.blogspot.com

Berikan Komentar dengan Penuh ETIKA untuk kita Diskusikan bersama