Sukses Dengan Riyadhah 40 Hari

Pada dasarnya Riyadhah adalah sebuah rangkaian kegiatan untuk melatih diri kita menjadi pribadi yang lebih baik. Dalam hal ini kita kaitkan dengan perbaikan diri melalui perbaikan ibadah.
Lalu kenapa harus 40 hari?
Saya pernah baca-baca buku NLP, berdasarkan sebuah penelitian di bidang psikologi, otak bawah sadar manusia akan membentuk memori suatu kebiasaan/ habit dalam masa 40 hari.
Jadi semisal ingin merubah kebiasaan, katakanlah kebiasaan bangun siang menjadi bangun pagi jam 5, maka lakukanlah latihan pembiasaan bangun pagi setidaknya selama 40 hari. Maka kebiasaan bangun pagi itu akan lebih mudah untuk diteruskan. Karena kebiasaan ini menyangkut otak bawah sadar kita.
Nah, di lembaran kegiatan Riyadhah 40 hari itu dituliskan apa saja amalan-amalannya. Berikut rinciannya:
  • Jaga Shalat Tahajjud 8 Rakaat + Witir 3 Rakaat.
  • Jaga Shalat Shubuh, Zuhur, Ashar, Maghrib, dan Isya. (Khusus soal shalat, terkandung di dalamnya menjaga berjamaah, di masjid, lengkap dengan qabliyah dan ba’diyahnya. Juga Sunnah Tahiyyatul Masjid, sebagai tanda kita datang sebelum waktunya adzan).
  • Jaga baca Surat Al Waaqi’ah sesudah shubuh atau sesudah ashar (boleh pilih).
  • Jaga Shalat Dhuha 6 Rakaat. Yang kuat, 12 rakaat.
  • Baca zikir usai shalat, plus bacaan Yaa Fattaah Yaa Rozzaaq 11x, plus ayat kursi, plus Surat Al Ikhlas 3x. Ini setiap usai shalat.
  • Khusus usai Shalat Subuh dan Ashar, ditambah 4 ayat terakhir Surah Al Hasyr.
  • Jaga setiap hari membaca 300x Laa hawla walaa quwwata illaa billaah. Boleh 100x. Dan boleh dibagi-bagi di 5 waktu shalat.
  • Jaga setiap hari baca Istighfar 100x.
  • Jaga setiap hari baca Subhaanallaahi wabihamdihi subhaanallaahil ‘adzhim 100x pagi dan 100x sore. (Boleh habis dhuha dan habis ashar/ jelang maghrib).
  • Jaga setiap hari baca Surat Yaasiin (bebas waktunya kapan saja, yang penting 1 hari 1x).
  • Tutup malam dengan shalat sunnah 2 rakaat; baca Qulyaa (Al Kafirun) di rakaat pertama, Qulhu (Al Ikhlas) di rakaat kedua. Setelahnya baca salah satu dari As Sajdah, Tabaarok, atau Ar Rohmaan.
Ustadz Yusuf Mansur juga berpesan:
" Jaga ini selama 40 hari. Berjuang ya. Terutama shalat tepat waktu, di masjid, plus qabliyah ba’diyahnya. Barengi dengan Puasa Daud supaya enteng.
Semoga Allah menyegarkan badan kita semua, menyehatkan kita semua. Yah, dihitung-hitung daripada lembur ga keruan, kerja rodi ga keruan dlm mencari rizki, dan daripada berobat ke rumah sakit. Mending ngelakuin riyadhah dah. Ampuh banget-banget. Kepada Allah dan untuk Allah kita lurusin niat kita ya. Amin."
(sumber aslinya bisa di baca Wisatahati)

Nah, begitulah kira-kira.
Bagi saudara-saudara yang ingin memulai usaha, atau ingin bisnisnya lebih lancar, dagangan laris, menghapus dosa-dosa, plus membaik kehidupannya, mari kita iringi dengan Riyadhah, bersama-sama melakukan penggemblengan diri selama 40 hari.
Kalau dilakukan sendiri mungkin terasa berat. Namun kalau dilakukan bareng-bareng, insya Allah akan terasa lebih ringan.
Yah, sebenernya sih tidak harus 40 hari, lebih juga nggak apa-apa, kurang juga nggak masalah.
Namun menurut saya, sejauh apa Anda ingin sukses, setinggi apa Anda ingin meraih cita-cita, maka sebesar itulah action yang harus saudara lakukan dan effort yang harus Anda keluarkan.
Toh kita melakukan ini juga untuk diri kita sendiri. Karena Allah itu tidak butuh kita, tapi kita lah yang butuh sama Allah.
Saya doakan bagi saudara-saudara yang ingin Riyadhah 40 hari, semoga dimudahkan dan diberikan kesehatan lahir batin.
Dan jika saudara ada yang pengen riyadhah bareng-bareng, mari kita calling-calling’an. Kita bikin komunitas Riyadhoh online, plus ngaji One Day One Ayat.  :)

Mari saling support, supaya otak bawah sadar kita terbentuk dan menjadi pribadi yang lebih baik lagi, dengan tujuan perbaikan diri di segala lini, terutama hubungan dengan Allah, hubungan dengan sesama, dan dalam hal mencari rejeki. Aamiin..
Barangkali ada yang ingin bertukar pengalaman spiritual dan pernah Riyadhah 40 hari, silakan tinggalkan komentar di bawah ini. Saya sangat ingin mendengarnya.
Dan jika saudara merasa artikel tentang Riyadhah 40 Hari ini bermanfaat, silahkan sebarkan ke teman, saudara, keluarga, ataupun siapa saja.

Semoga Allah merahmati langkah-langkah kita semua. Aamiin..
Share on Google Plus

About Admin

Khazanahislamku.blogspot.com adalah situs yang menyebarkan pengetahuan dengan pemahaman yang benar berdasarkan Al-Qur'an dan As-Sunnah dengan pemahaman generasi terbaik dari para sahabat Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam beserta pengikutnya.
    Blogger Comment

0 komentar:

Post a Comment


Terima Kasih Telah Berkunjung di khazanahislamku.blogspot.com

Berikan Komentar dengan Penuh ETIKA untuk kita Diskusikan bersama