Sebagaimana kita tidak boleh beribadah melainkan hanya kepada Allah
‘azza wa jalla demi merealisasikan syahadat LA ILAHA ILLALLAH, demikian
juga kita tidak boleh beribadah kepada Allah atau mendekatkan diri
kepada-Nya, melainkan hanya dengan cara yang diajarkan oleh Rasul-Nya
demi merealisasikan syahadat MUHAMMADUR RASULULLAH. Bila dua hal itu
direalisasikan oleh seorang Mukmin, berarti ia telah mencintai Allah
‘azza wa jalla dan mengikuti Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.
Orang yang mencintai Allah ‘azza wa jalla , maka Allah ‘azza wa jalla
akan selalu bersamanya dan Allah ‘azza wa jalla juga akan selalu
menolongnya. Allah ‘azza wa jalla berfirman :
“Katakanlah, ‘Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, ikutilah aku,
niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu’. Allah Maha
Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. Ali ‘Imran/3:31)
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
“Demi Dzat yang jiwaku berada di Tangan-Nya, seandainya Nabi Musa
masih hidup, niscaya tidak ada pilihan baginya kecuali mengikutiku.”
Apabila Nabi Musa ‘alaihis salam yang digelari oleh Allah ‘azza wa
jalla sebagai kalimullah saja tidak punya pilihan selain mengikuti
Rasulullah apakah selain beliau ‘alaihis salam memiliki pilihan lain ?
Ini salah satu di antara dalil tegas yang mewajibkan ittiba’ (mengikuti
dan meneladani) Rasulullah , karena itu termasuk konsekuensi syahadat
(persaksian) bahwasanya Muhammad adalah utusan Allah ‘azza wa jalla.
Oleh sebab itu, Allah ‘azza wa jalla mewajibkan ittiba’ (mengikuti)
hanya kepada Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam saja, tidak
kepada selain beliau. Itiiba’ kepada beliau sebagai tanda kecintaan
Allah ‘azza wa jalla terhadap seorang hamba. Dan tidak diragukan lagi,
bahwa orang yang
dicintai oleh Allah ‘azza wa jalla, tentu Allah akan selalu bersamanya dalam segala kondisi.
Jika hal ini telah diketahui, maka kepada saudara-saudara kami yang
terfitnah dengan memainkan atau mendengarkan nyanyian sufi, kami
berkewajiban mengingatkan dengan hal-hal sebagai berikut :
a. Termasuk perkara yang tidak diragukan dan tidak samar bagi seorang
‘alim pun, dari kalangan Ulama kaum Muslimin yang tahu benar al-Kitab
dan as-Sunnah, serta manhaj Salafush Shalih, bahwa nyanyian sufi adalah
perkara baru, tidak dikenal pada generasi-generasi yang dipersaksikan
kebaikannya (oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam
yaitu generasi Sahabat, tabi’in, dan tabi’ut tabi’in).
b. Termasuk perkara yang sudah diterima (perkara pasti) di kalangan
Ulama bahwa tidak boleh mendekatkan diri kepada Allah kecuali dengan
ajaran yang dibawa oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.
c. Termasuk perkara yang pasti di kalangan Ulama bahwa tidak boleh
mendekatkan diri kepada Allah ‘azza wa jalla dengan apa-apa yang tidak
disyariatkan oleh Allah ‘azza wa jalla walaupun pada asalnya hal itu
disyariatkan. Contohnya: adzan untuk shalat dua hari raga (padahal
disyariatkan adzan hanyalah untuk shalat wajib); shalat raghaib;
shalawat di saat bersin;[1] dan lain-lain.
Jika hal itu telah diketahui, maka mendekatkan diri kepada Allah
‘azza wa jalla dengan perkara yang Allah ‘azza wa jalla haramkan
(seperti orang-orang Shufi yang bermain musik untuk mendekatkan diri
kepada Allah ‘azza wa jalla!) lebih utama untuk diharamkan, bahkan
sangat diharamkan. Karena dalam hal itu terdapat penyelisihan dan
penentangan terhadap syariat.
Bahkan nyanyian Shufi termasuk menyerupai orang-orang kafir, dari
kalangan Nashara dan lainnya. Oleh karena inilah para Ulama -dahulu dan
sekarang- sangat keras mengingkari mereka.[2]
Apabila nasyid tersebut diiringi alat musik,maka hukumnya haram.
Adapun jika tanpa diiringi alat musik, maka disini penulis nukilkan
fatwa-fatwa para ulama terdahulu dan para ulama abad ini tentang
hukumnya:
1. Imam Ibnu Rajab al-Hanbali (wafat th. 795 H)
Beliau berkata, “Mendengarkan kasidah-kasidah yang mengandung
(anjuran) untuk zuhud, takut (akan adzab Allah ‘Azza wa jalla), dan
kerinduan (kepada-Nya) banyak dilakukan oleh ahli suluk dan
ahli ibadah dan bisa jadi mereka melantunkannya dengan salah satu bentuk
nada (irama) demi memperoleh kelembutan hati. Kemudian ada di antara
mereka yang memukul-mukul di atas kulit dengan menggunakan tongkat
(maksudnya memukul beduk dan yang sepertinya). Mereka menamakan
kasidah-kasidah tersebut dengan at-taghbir, padahal sebagian besar Ulama membencinya. Yazid bin Harun berkata, ‘Tidak ada yang memainkan taghbir kecuali orang fasik.’
Lantas kapankah taghbir itu mulai muncul? Dalam riwayat shahih dari
Imam asy-Syafi’i dari riwayat al-Hasan bin ‘Abdul ‘Aziz al Jarwi dan
Yunus bin ‘Abdul A’la bahwa beliau (Imam asy-Syafi’i) berkata, ‘Aku
meninggalkan sesuatu di Irak yang mereka sebut-sebut dengan at-taghbir,
hasil buatan orang-orang zindiq (munafik). Dengannya mereka menghalangi
manusia dari al-Qur-an.’ Imam Ahmad rahimahullah juga membencinya dan
berkata, ‘ (Taghbir) itu bid’ah dan diada-adakan.’ Dikatakan
kepada beliau, ‘Sesungguhnya ia dapat melembutkan hati,’ beliau
rahimahullah menjawab, ‘Bid’ah.”‘ [3]
Beliau juga berkata, “Tidak diragukan lagi bahwa mendekatkan diri
kepada Allah ‘azza wa jalla dengan mendengarkan nyanyian yang dilagukan
apalagi diiringi alat musik merupakan salah satu hal yang diketahui
secara pasti dari agama Islam bahkan dari seluruh syariat para Rasul
bahwa hal itu bukanlah sesuatu yang bisa mendekatkan diri kepada Allah
‘azza wa jalla dan tidak termasuk sesuatu yang dapat mensucikan hati dan
membersihkannya. Karena, Allah ‘azza wa jalla telah mensyariatkan
melalui lisan para Rasul-Nya segala apa yang dapat mensucikan jiwa dan
membersihkannya dari segala kotoran dan bahayanya.”[4]
2. Imam Ibnul Qayyim rahimahullah
Beliau rahimahullah berkata, “Telah mutawatir dari Imam asy-Syafi’i rahimahullah beliau berkata :
“Ketika aku meninggalkan Iraq, disana muncul sesuatu yang disebut
taghbir, dibuat oleh orang-orang zindiq, untuk menghalangi kaum Muslimin
dari al-Qur’an.”
Taghbir adalah syair yag mengajak untuk mencintai dunia, dilantunkan
oleh seorang penyanyi, lalu sebagian hadirin memukul-mukul permadani
atau bantal dengan menggunakan tongkat menirukan irama nyanyiannya.
Taghbir ini mengandung segala macam kerusakan dan mengumpulkan segala
yang haram, maka janganlah Anda terfitnah dengan orang alim yang jahat
dan seorang ahli ibadah yang bodoh. Maka kalau Anda melihat kerusakan
yang masuk ke tubuh umat Islam, maka disebabkan oleh dua golongan orang
ini (orang alim yang jahat dan ahli ibadah yang bodoh).[5]
3. Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah rahimahullah
Beliau rahimahullah berkata, “Apa yang disebutkan oleh Imam asy-Syafi’i
rahimahullah bahwa perbuatan itu adalah hasil ciptaan para zindiq (dan
ucapan itu) berasal dari seorang imam yang ahli dalam ilmu ushul Islam.
Karena pada dasarnya, tidak ada yang mempropagandakan dan menganjurkan
nyanyian selain orang-orang zindiq, seperti Ibnu Rawandi, al-Farab, Ibnu
Sina, dan yang semisal mereka, sebagaimana yang disebutkan oleh
Abdurrahman as-Sulau dalam Mas’alah as-Sama’ dari Ibnu Rawandi .[6]
4. Syaikh Muhammad Nashiruddin al-Albani
Beliau menyatakan dalam ceramah yang direkam dalam kaset, dengan
judul Hukum Nasyid Islami. Beliau menuturkan, “Sudah saatnya bagi dunia
Islam untuk bangkit dari kelalaian dan tidur panjang untuk kembali
kepada Islam, selangkah demi selangkah. Sudah saatnya bagi orang-orang
yang berkepentingan untuk menyadari bahwa ada sekian banyak hukum yang
bertentangan dengan syariat, yang diambil, disahkan dan diterapkan oleh
mereka, yang mereka namai dengan nama yang bukan berasal dari syariat.
Kita harus menyadari hakikat ini, berupa perubahan akibat karena
perubahan nama, diantaranya apa yang dinamakan dengan nasyid Islami.
Selama empat belas abad tidak pernah ditemukan nasyid-nasyid yang
kemudian disebut dengan nasyid Islami. Ini merupakan perkara baru yang
diada-adakan pada zaman sekarang karena mengikuti satu dua orang yang
pernah muncul sepanjang beberapa abad yang lampau, namun tidak lepas
dari pengingkaran para pemuka Ulama, yaitu apa yang disebut dengan
lagu-lagu shufi yang biasa dilantunkan dalam majelis-majelis mereka,
yang mereka sebut dengan majelis zikir… Sedangkan pada zaman sekarang
ini nasyid-nasyid itu menggantikan posisi lagu-lagu yang biasa
dilantunkan orang-orang Shufi, yang ternyata mereka mendapat serangan
gencar dari para Ulama. Bahkan serangan ini tampak semakin gencar pada
zaman sekarang, sampai akhirnya suara orang-orang Shufi tidak lagi
terdengar…” [7]
5. Syaikh Muhammad bin Shalih al-’Utsaimin
Beliau mengatakan, “Nasyid Islami merupakan nasyid yang diada-adakan,
yang pernah dibuat oleh orang-orang shufi. Karena itu, nasyid tersebut
harus ditinggalkan lalu beralih kepada al-Qur’an dan as-Sunnah, kecuali
jika sedang berada di medan perang untuk membakar semangat jihad di
jalan Allah maka hal itu bagus. Jika nasyid itu disertai tabuhan rebana
atau gendang, maka ia menjadi jauh dari kebenaran.” [8]
Beliau rahimahullah juga pernah ditanya dengan pertanyaan yang
berbunyi, “Saya mohon penjelasan dalam masalah nasyid -nasyid Islami
yang dijual oleh dapur rekaman- dan hukum membelinya?
Beliau rahimahullah menjawab, “Saya berikankepada Anda kaidah umum :
a. Apabila nasyid itu diiringi dengan rebana maka hukumnya haram, karena rebana tidak boleh (dimainkan) kecuali pada waktu tertentu tidak untuk setiap waktu. Dan lebih haram lagi jika diiringi dengan alat musik atau gendang (bedug).
b. Apabila tidak diiringi alat musik maka kita lihat, apakah nasyid itu dinyanyikan seperti lagu-lagu yang tidak senonoh ? Maka yang seperti ini pun tidak boleh.
c. Apabila nasyid ini dinyanyikan oleh para pemudi yang suara mereka menggerakkan syahwat atau orang lain menikmati suaranya tanpa memperhatikan kandungan dari syair itu sendiri, maka ini pun tidak diperbolehkan. [9]
6. Syaikh Shalih bin Fauzan hafizhahullah
.Beliau hafizhahullah menyatakan dalam al Khuthab al-Mimbariyyah (111/184-185) yang isinya sebagai berikut :
“Yang perlu diwaspadai ialah maraknya peredaran kaset-kaset nasyid di kalangan remaja aktivis agama, yang dibawakan beberapa orang penyanyi, yang mereka sebut dengan istilah “Nasyid Islami”, yang pada dasarnya sama dengan lagu-lagu yang banyak beredar. Bahkan adakalanya dibawakan dengan suara yang menggoda, yang dijual di tempat-tempat penjualan kaset-kaset bacaan al-Qur’an dan ceramah agama.
Penamaan nasyid-nasyid ini dengan sebutan “nasyid Islami” merupakan
penamaan yang keliru karena Islam tidak mensyariatkan nasyid-nasyid itu
kepada kita, tetapi Dia mensyariatkan berzikir kepada-Nya, membaca
al-Qur’an, dan mempelajari ilmu yang bermanfaat. Adapun nasyid-nasyid
itu berasal dari agama orang-orang shufi yang memang biasa berbuat
bid’ah, yang menjadikan agama sebagai permainan dan senda gurau.
Menjadikan nasyid sebagai bagian dari agama mirip dengan perbuatan
orang-orang Nasrani, yang menjadikan agama mereka berupa
nyanyian-nyanyian yang dibawakan secara berbarengan. Yang harus
dilakukan ialah justru mewaspadai nasyid-nasyid tersebut, melarang
penjualan dan peredarannya karena nasyid-nasyid itu mendatangkan cobaan
bagi orang yang selama ini penuh dengan semangat. [10]
7. Syaikh Ahmad bin Yahya bin Muhammad an-Najmi
Beliau menyatakan, “Saya tidak menganggap mendengarkan sya’ir itu adalah
haram, karena Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam juga mendengarkannya.
Tetapi, orang-orang pada zaman sekarang mengikuti jalan orang-orang
shufi dalam masalah nasyid ini, yang katanya untuk membangkitkan hati.
Ibnul Jauzi menyebutkan dalam kitabnya, Naqdul ‘Ilmi wal ‘Ulama
(hlm. 230) pernyataan Imam asy-Syafi’i, “Aku meninggalkan sesuatu di.
Irak, yang diada-adakan oleh orang-orang zindiq. Mereka membuat
orang-orang sibuk dengannya dan meninggalkan al-Qur’an, yang mereka
sebut dengan istilah at-taghbir.”
Ibnul Jauzi menyatakan, Abu Manshur al-Azhari menyatakan bahwa al mughbirah adalah orang-orang yang berzikir
kepada Allah ‘azza wa jalla dengan doa dan wirid. Mereka menyebut
sya’ir yang berupa dzikir kepada Allah ‘azza wa jalla itu dengan nama
at-taghbir. Seakan-akan jika mereka melantunkan sya’ir-sya’ir itu, maka
mereka layak disebut mughbirah berdasarkan makna ini.
Menurut al-Zajjaj, mereka dinamakan mughbirah untuk mendorong manusia untuk hidup zuhud di dunia dan menginginkan akhirat.
Saya katakan, ‘Urusan orang-orang shufi itu memang aneh. Mereka
menganggap bahwa mereka menyuruh manusia hidup zuhud di dunia dengan
nyanyian, mereka menginginkan akhirat dengan nyanyian pula. Apakah
nyanyian itu menjadi sebab zuhud di dunia dan keinginan terhadap
akhirat, atau hakikatnya adalah kebalikannya.
Saya tidak ragu dan siapa pun yang mengenal Allah dan Rasul-Nya tidak
ragu bahwa nyanyian itu tidak membangkitkan kecuali: keinginan terhadap
dunia dan menghindari akhirat, merusak akhlak dan ilmu. Jika mereka
memaksudkan untuk akhirat berarti itu merupakan ibadah. Suatu ibadah
yang tidak disyariatkar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa salam berarti
bid’ah. Kesimpulannya nasyid adalah bid’ah.”[11]
8. Syaikh ShaIih bin AbduI ‘Aziz AaIu Syaikh hafizhahullah
Beliau mengatakan, “Mendengarkan lagu-lagu yang diiringi tabuhan alat musik dan kasidah, kasidah zuhud, sama dengan sebutan at-taghbir
yang mirip dengan tabuhan rebana atau gendang dari kulit, yang di sana
dilantunkan kasidah-kasidah zuhud seperti yang dilakukan segolongan
orang shufi yang menganjurkan kepada akhirat dan menghindari kehidupan
dunia.
Para ulama mengingkari at-taghbir ini dan mereka menolak
untuk mendengarkan kasidah kasidah yang dilagukan karena itu merupakan
bid’ah. Lirik yang digunakan orang-orang shufi mirip dengan lagu. Para
Ulama menganggapnya sebagai bid’ah yang baru. Keberadaannya sebagai
bid’ah sangat jelas sekali karena tujuan pembuatan lirik-lirik itu untuk
mendekatkan diri kepada Allah, padahal sebagaimana yang diketahui,
taqarrub (mendekatkan diri) kepada Allah tidak boleh dilakukan kecuali
dengan cara yang disyari’atkan-Nya. Kasidah-kasisah ini juga sama dengan
kasidah-kasidah yang disampaikan pada masa dahulu, yang kemudian
disegarkan oleh orang-orang shufi pada masa sekarang. Ini merupakan
bid’ah baru, dan hati manusia tidak boleh condong kepadanya.” [12]
9. Syaikh Bakr Abu Zaid
Beliau berkata, “Yang perlu kami sampaikan di sini bahwa zikir dan doa
dengan berlagu, dengan lirik yang disertai tabuhan alat musik,
melantunkan sya’ir, tepuk tangan, semua itu merupakan perbuatan bid’ah
yang sangat menjijikkan dan perbuatan yang buruk, lebih buruk daripada
berbagai jenis pelanggaran dalam berdoa dan berzikir. Siapa pun yang
melakukan itu atau sebagian diantaranya harus segera melepaskan diri
darinya, tidak membuat dirinya tunduk kepada hawa nafsu dan bisikan
setan. Siapa pun yang melihat sebagian dari hal-hal itu harus
mengingkarinya. Siapa pun diantara kaum Muslimin yang memiliki kekuatan
harus mencegahnya, mencela pelakunya, dan meluruskannya.” [13]
10. Imam IbnuI Jauzi (wafat th. 597 H).
Beliau mengatakan, “Telah berkata para ahli fiqih dari Sahabat-Sahabat
kami bahwa persaksian penyanyi dan penari tidak boleh diterima. Wallahul
muwaffiq.”[14]
11.Imam al-Hafizh Abu ‘Amr Ibnus Shalah (wafat th. 643 H).
Beliau ditanya tentang orang-orang yang menghalalkan nyanyian dengan
rebana dan seruling, dengan tarian dan tepuk tangan, serta mereka
menganggapnya sebagai perkara halal yang dapat mendekatkan diri kepada
Allah, bahkan sebagai ibadah yang paling utama. Beliau berkata, “Mereka
telah berdusta atas nama Allah, dengan pendapat tersebut mereka telah
mengiringi orang-orang kebatinan yang menyimpang. Mereka juga telah
menyelisihi ijma’ (kesepakatan), sedangkan barangsiapa menyelisihi ijma’
terkena ancaman dalam firman Allah ‘Azza wa Jalla,
“Dan barangsiapa menentan Rasul (Muhammad) setelah jelas kebenaran
baginya dan mengikuti jalan yang bukan jalan orang-orang Mukmin, Kami
biarkan di dalam kesesatan yang telah dilakukannya itu dan akan Kami
masukkan dia ke dalam Neraka Jahannam dan Jahannam itu seburuk-buruk
tempat kembali.” [QS.an-Nisa'/4:115). [15]
_____________________________________________________________________________________
[1] Contoh yang beliau bawakan untuk menunjukkan tidak boleh kita
mengadakan adzan pada shalat ‘Iedain (dua hari raya), tidak boleh shalat
radhaib pada bulan Rajab, dab tidak boleh shalawat pada saat bersin
karena semua ini tidak ada contohnya dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi
wa sallam.
[2] Tahrimu Alatit Tharb (hal.158-163) dengan ringkas. Karya Syaikh Muhammad Nashiruddin al-Albani rahimahullah.
[3] Majmu’ Rasail Ibni Rajab (Nuzhatul Asma’)’ (II/463)
[4] Majmu’ Rasail Ibni Rajab (Nuzhatul Asma’)’ (II/462)
[5] Diringkas dari Ighatsatul Lahafan (1/416-417), Imam Ibnul Qayyim, tahqiq: Syaikh Ali Hasan al-Halabi.
[6] Majmu’ Fatawa (11/570).
[7] Lihat al-Qaulul Mufid fii Hukmil Anasyid(hlm.31-32)
[8] Fatawa al-’Aqidah (hlm. 651, no. 369). Dinukil dari al-Qaulul Mufid fii Hukmil Anasyid (hlm. 40)
[9] Silsilah Liqa-at Babil Maftuh, al-Maktabah ash-Shautiyyah, kaset
(no. 111-wajah kedua) yang ditandatangani oleh Syaikh Muhammad bin
Shalih al-’Utsaimin. Dinukil dari ar-Radd ‘alal Qardhawi wal Judai’i
(hlm. 586) karya Syaikh ‘Abdullah bin Ramadhan bin Musa.
[10] Lihat al-Qaulul Mufld fii Hukmil Anasyid (hlm. 37-38)
[11] 11 al-Mauridul ‘Adzbuz Zulal fiima untuqida ‘ala Ba’dhi Manahiji ad-Da’awiyyah minal ‘Aqd-idi wal A’mal (hlm. 223).
[12] Dinukil dari al-Qaulul Mufid fii Hukmil Anasyid (hlm. 44).
[13] ash-Hihud Du’a (hlm. 78).
[14] Talbis Iblis (h1m. 237) dan al-Muntaqan Nafis (hlm. 302).
[15] Fatawa Ibnish Shalat (hal.300-301. Dinukil dari Tahrim Alatith Tharb (hal.170]
Sumber: Majalah as Sunnah Edisi 07/THN XVI/Dzhulhijjah 1433H/November 2012M
0 komentar:
Post a Comment
Terima Kasih Telah Berkunjung di khazanahislamku.blogspot.com
Berikan Komentar dengan Penuh ETIKA untuk kita Diskusikan bersama