Alam kubur adalah awal kehidupan hakiki
dari seorang manusia. Mempelajari apa-apa yang terjadi di alam kubur
banyak memberikan faedah. Seseorang yang mengetahui bahwa di alam kubur
ada nikmat kubur tentu akan berusaha sebisa mungkin selama ia masih
hidup agar menjadi orang yang layak mendapatkan nikmat kubur kelak.
Seseorang yang mengetahui bahwa di alam kubur ada adzab kubur juga akan
berusaha sebisa mungkin agar ia terhindar darinya kelak. Nikmat dan
adzab kubur adalah perkara gaib yang tidak terindera oleh manusia.
Manusia yang merasakannya pun tentu tidak dapat mengabarkan kepada yang
masih hidup akan kebenarannya. Maka satu-satunya sumber keyakinan kita
akan adanya adzab dan nikmat kubur adalah dalil Qurโan dan Sunnah. Dan
banyak sekali dalil dari Qurโan dan As Sunnah serta ijmaโ para sahabat
dan tabiโin yang menetapkan adanya alam kubur. Namun sebagian orang dari
kalangan ahlul bidโah mengingkarinya karena penyimpangan mereka dalam
memahami dalil-dalil syarโi.
Dalam artikel ini akan kami paparkan
beberapa dalil yang menetapkan adanya adzab dan nikmat kubur serta
pembahasan mengenai beberapa kerancuan yang beredar seputar masalah ini.
DALIL AL QURโAN
Dalil 1
ููุญูุงูู ุจูุขููู ููุฑูุนููููู ุณููุกู
ุงููุนูุฐูุงุจู ุงููููุงุฑู ููุนูุฑูุถูููู ุนูููููููุง ุบูุฏููููุง ููุนูุดููููุง ููููููู
ู
ุชููููู
ู ุงูุณููุงุนูุฉู ุฃูุฏูุฎููููุง ุขููู ููุฑูุนููููู ุฃูุดูุฏูู ุงููุนูุฐูุงุจู
โMaka Allah memeliharanya dari kejahatan tipu daya mereka, dan Firaun beserta kaumnya dikepung oleh azab yang amat buruk. Kepada mereka dinampakkan neraka pada pagi dan petang, dan pada hari terjadinya Kiamat. (Dikatakan kepada malaikat): โMasukkanlah Firaun dan kaumnya ke dalam azab yang sangat kerasโ.โ (QS. Ghafir/ Al Muโmin: 45-46)
Al Hafidz Ibnu Katsir menjelaskan ayat
ini, โArwah Firโaun dan pengikutnya dihadapkan ke neraka setiap pagi dan
petang terus-menerus hingga datang hari kiamat. Ketika kiamat datang
barulah arwah dan jasad mereka sama-sama merasakan api nerakaโ. Beliau
juga berkata, โAyat-ayat ini adalah landasan kuat bagi Ahlussunnah
tentang adanya adzab kuburโ (Tafsir Al Qurโan Azhim, 7/146). Hal ini juga senada dengan penjelasan jumhur ahli tafsir seperti Mujahid (dinukil dari An Nukat WalโUyun, 4/39), Al Alusi (Ruuhul Maโani, 18/103), Asy Syaukani (Fathul Qadir, 6/328), Al Baidhawi (Anwar At Tanziil, 5/130), Muhammad Amin Asy Syinqithi (Adhwaโ Al Bayan, 7/82), Abdurrahman As Saโdi (Taisiir Kariim Ar Rahman, 738).
Memang benar bahwa ada penafsiran lain terhadap ayat ini. Qatadah menafsirkan bahwa maksud ayat (yang artinya) โKepada mereka dinampakkan neraka pada pagi dan petangโ adalah taubiikh atau
penghinaan terhadap Firโaun dan pengikutnya dalam keadaan mereka masih
hidup. Penafsiran ini walaupun tidak menetapkan adanya adzab kubur namun
tidak menafikannya. Ibnu Abbas Radhiallahuโanhu menafsirkan
bahwa arwah mereka ada di sayap burung hitam yang bertengger di atas
neraka yang datang di kala sore dan pagi hari (dinukil dari An Nukat WalโUyun, 4/39). Penafsiran Ibnu Abbas ini pus menetapkan adanya alam kubur.
Ahli tafsir yang terpengaruh permikiran muโtazilah pun membantah bahwa ayat ini membicarakan adzab kubur semisal Az Zamakhsyari (Al Kasyaf, 6/118) dan Fakhruddin ArRazi (Mafatihul Ghaib, 13/342), dengan sebatas bantahan logika semata. Maka, -insya Allah-
penafsiran yang tepat adalah yang kami sebutkan di awal karena
bersesuaian dengan dalil lain dari Al Qurโan dan Hadits yang akan kami
sebutkan nanti. Karena antara dalil itu saling menafsirkan dan tidak
mungkin saling bertentangan.
Dalil 2
{ูููููู ุชูุฑูู ุฅูุฐู ุงูุธููุงููู
ูููู ููู
ุบูู
ูุฑูุงุชู ุงููู
ูููุชู ููุงููู
ูููุงุฆูููุฉู ุจูุงุณูุทูู ุฃูููุฏููููู
ู ุฃูุฎูุฑูุฌููุง
ุฃูููููุณูููู
ู ุงููููููู
ู ุชูุฌูุฒููููู ุนูุฐูุงุจู ุงููููููู ุจูู
ูุง ููููุชูู
ู
ุชููููููููู ุนูููู ุงูููููู ุบูููุฑู ุงููุญูููู ููููููุชูู
ู ุนููู ุขูููุงุชููู
ุชูุณูุชูููุจูุฑูููู
โAlangkah dahsyatnya sekiranya kamu melihat di waktu orang-orang yang zalim (berada) dalam tekanan-tekanan sakaratul maut, sedang para malaikat memukul dengan tangannya, (sambil berkata): โKeluarkanlah nyawamuโ. Di hari ini kamu dibalas dengan siksaan yang sangat menghinakan, karena kamu selalu mengatakan terhadap Allah (perkataan) yang tidak benar dan (karena) kamu selalu menyombongkan diri terhadap ayat-ayat-Nya.โ (QS. Al Anโam: 93)
Al Imam Al Bukhari rahimahullah, dalam Shahih-nya
membuat judul bab ุจุงุจ ู
ูุง ุฌูุงุกู ููู ุนูุฐูุงุจู ุงููููุจูุฑู (Bab dalil-dalil
tentang adzab kubur) lalu beliau menyebutkan ayat di atas.
Seorang pakar tafsir di zaman ini, Syaikh Abdurrahman As Saโdi -rahimahullah-
menjelaskan, โAyat ini adalah dalil adanya adzab dan nikmat kubur.
Karena dari konteks kalimat, adzab yang ditujukan kepada orang-orang
kafir tersebut dirasakan ketika sakaratul maut, ketika dicabut nyawa dan
setelahnyaโ (Taisiir Kariim Ar Rahman, 264)
Dalil 3
ููููุง ุชูููููููุง ููู
ููู ููููุชููู ููู ุณูุจูููู ุงูููููู ุฃูู
ูููุงุชู ุจููู ุฃูุญูููุงุกู ูููููููู ููุง ุชูุดูุนูุฑูููู
โDan janganlah kamu mengatakan terhadap orang-orang yang gugur di jalan Allah, (bahwa mereka itu) mati; bahkan (sebenarnya) mereka itu hidup, tetapi kamu tidak menyadarinya.โ (QS. Al Baqarah: 154)
Al Hafidz Ibnu Katsir memaparkan, โAllah Taโala mengabarkan bahwa para syuhada itu hidup di alam barzakh dalam
keadaan senantiasa diberi rizki oleh Allah, sebagaimana dalam hadits
yang terdapat pada Shahih Muslimโฆ.(lalu beliau menyebutkan haditsnya)โ (Tafsir Al Qurโan Azhim,
1/446). Mengenai keadaan para syuhada yang setelah wafat mendapat
kenikmatan di sisi Allah di alam barzakh adalah pendapat jumhur mufassirin, di antaranya Mujahid, Qatadah, Abu Jaโfar, โIkrimah (Lihat Tafsir Ath Thabari, 3/214), Jalalain (160), Al Baghawi (Maโalim At Tanzil, 168), Al Alusi (Ruuhul Maโani, 2/64), dll. Mereka hanya berbeda pendapat tentang bagaimana bentuk rizki atau kesenangan tersebut.
Ayat ini sejalan dengan ayat 45-46 pada
surat Ghafir (surat Al Muโmin) yang disebutkan di atas. Sebagaimana
penjelasan dari Al Hasan Al Bashri, โPara syuhada itu hidup di sisi
Allah, mereka dihadapkan kepada surga sehingga mereka pun merasakan
kesenangan dan kebahagiaan. Sebagaimana arwah Firโaun dan kaumnya yang
dihadapkan ke neraka setiap pagi dan sore hari sehingga mereka merasakan
kesengsaraanโ (dinukil dari Maโalim At Tanzil, 168). Artinya,
para syuhada merasakan kebahagiaan dan kesenangan di alam barzakh
sebagaimana Firโaun merasakan kesengsaraan juga di alam barzakh.
Dan masih banyak lagi dalil dari Al
Qurโan Al Kariim yang menetapkan adzab kubur sekiranya kita mau merujuk
pada penjelasan para ulama.
DALIL AS SUNNAH
Dalil 4
ููููููุง ุฃููู ููุง ุชูุฏูุงูููููุง ููุฏูุนูููุชู ุงูููููู ุนูุฒูู ููุฌูููู ุฃููู ููุณูู
ูุนูููู
ู ู
ู ุนูุฐูุงุจู ุงููููุจูุฑู ู
ุง ุฃุณู
ุนูู
โSeandainya kalian tidak akan saling menguburkan, tentulah aku akan berdoa kepada Allah agar memperdengarkan kepada kalian siksa kubur yang aku dengar.โ (HR. Muslim 7393, Ahmad 12026, dari sahabat Anas bin Malik radhilallahuโanhu)โ
Dalam Silsilah Ahadits Shahihah pada hadits nomor 158-159, Syaikh Muhammad Nashiruddin Al Albani -rahimahullah- menjelaskan bahwa hadits ini memiliki beberapa syawahid,
yaitu dari jalan Zaid bin Tsabit (HR. Muslim 7392) dan dari jalan Jabir
bin Abdillah (HR. Ahmad 14185, Al Albani berkata: โShahih muttashil sesuai persyaratan Imam Muslimโ).
Setelah itu beliau memberikan penjelasan penting, beliau berkata:
โDari beberapa hadits di atas terdapat banyak faidah, yang paling penting diantaranya:
Pertama, menetapkan adanya adzab kubur, dan hadits-hadits tentang hal ini mutawatir. Maka tidak ada lagi kerancuan bila ada yang meng-klaim bahwa hadits-hadits tentang hal ini adalah hadits Ahad.
Pun andaikata memang benar
hadits-haditsnya adalah Ahad, tetap wajib mengimaninya karena Al Qurโan
telah menunjukkan kebenarannya. (Kemudian Syaikh membawakan surat Ghafir
ayat 45-46).
Pun andaikata memang benar bahwa
permasalahan adzab kubur tidak ada dalam Al Qurโan, hadits-hadits shahih
yang ada sudah cukup untuk menetapakan akidah tentang adzab kubur ini.
Klaim bahwa perkara aqidah tidak bisa ditetapkan dengan hadits Ahad yang
shahih adalah klaim yang batil yang diselipkan ke dalam ajaran Islam.
Tidak ada imam yang mengatakan pendapat demikian, tidak tidak katakan
oleh imam madzhab yang empat atau semisal mereka. Pendapat ini hanya
dikemukakan oleh ulama ahli kalam yang sama sekali tidak didasari oleh
dalilโ (Silsilah Ahadits Shahihah,1/244)
Beliau juga mengatakan, โAdanya
pertanyaan dua Malaikat di alam kubur adalah benar adanya. Wajib untuk
mengimaninya. Hadits tentang hal ini punmutawatir.โ (Silsilah Ahadits Shahihah, 1/244)
Dalil 5
ุนููู ุนูุงุฆูุดูุฉู ููุงููุชู ุฏูุฎูููุชู ุนูููููู
ุนูุฌููุฒูุงูู ู
ููู ุนูุฌูุฒู ูููููุฏู ุงููู
ูุฏููููุฉู ููููุงููุชูุง ููู ุฅูููู ุฃููููู
ุงููููุจููุฑู ููุนูุฐููุจูููู ููู ููุจููุฑูููู
ู ุ ููููุฐููุจูุชูููู
ูุง ุ ููููู
ู
ุฃูููุนูู
ู ุฃููู ุฃูุตูุฏููููููู
ูุง ุ ููุฎูุฑูุฌูุชูุง ููุฏูุฎููู ุนูููููู ุงููููุจูููู โ
ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู
โ ููููููุชู ูููู ููุง ุฑูุณูููู ุงูููููู ุฅูููู
ุนูุฌููุฒููููู ููุฐูููุฑูุชู ูููู ุ ููููุงูู ยซ ุตูุฏูููุชูุง ุ ุฅููููููู
ู
ููุนูุฐููุจูููู ุนูุฐูุงุจูุง ุชูุณูู
ูุนููู ุงููุจูููุงุฆูู
ู ูููููููุง ยป . ููู
ูุง
ุฑูุฃูููุชููู ุจูุนูุฏู ููู ุตููุงูุฉู ุฅููุงูู ุชูุนููููุฐู ู
ููู ุนูุฐูุงุจู ุงููููุจูุฑู
โDari Aisyah Radhiallahu โanha, ia berkata: Suatu ketika ada dua orang tua dari kalangan Yahudi di Madinah datang kepadaku. Mereka berdua berkata kepadaku bahwa orang yang sudah mati diadzab di dalam kubur mereka. Aku pun mengingkarinya dan tidak mempercayainya. Kemudian mereka berdua keluar. Lalu Nabi shallallahuโalaihi wa sallam datang menemuiku. Maka aku pun menceritakan apa yang dikatakan dua orang Yahudi tadi kepada beliau. Beliau lalu bersabda: โMereka berdua benar, orang yang sudah mati akan diadzab dan semua binatang ternak dapat mendengar suara adzab tersebutโ. Dan aku pun melihat beliau senantiasa berlindung dari adzab kubur setiap selesai shalatโ (HR. Bukhari 6005)
Hadits ini juga menunjukkan bahwa โAisyah Radhiallahuโanha meyakini adanya adzab kubur setelah diberitahu oleh Rasulullah shallallahuโalaihi wa sallam.
Dalil 6
Rasulullah shallallahuโalaihi wa sallam bersabda:
ุฅูุฐูุง ุฃูููุนูุฏู ุงููู
ูุคูู
ููู ููู ููุจูุฑููู
ุฃูุชููู ุ ุซูู
ูู ุดูููุฏู ุฃููู ูุงู ุฅููููู ุฅููุงูู ุงูููููู ุ ููุฃูููู
ู
ูุญูู
ููุฏูุง ุฑูุณูููู ุงูููููู ุ ููุฐููููู ูููููููู ( ููุซูุจููุชู ุงูููููู
ุงูููุฐูููู ุขู
ููููุง ุจูุงูููููููู ุงูุซููุงุจูุชู )
โJika seorang muโmin telah didudukkan di dalam kuburnya, ia kemudian didatangi (oleh dua malaikat lalu bertanya kepadanya), maka dia akan menjawab dengan mengucapkan:โLaa ilaaha illallah wa anna muhammadan rasuulullahโ. Itulah yang dimaksud al qauluts tsabit dalam firman Allah Taโala (yang artinya): โAllah meneguhkan orang-orang yang beriman dengan al qauluts tsabitโ (QS. Ibrahim: 27)โ (HR. Bukhari 1369, Muslim 7398)
Ini adalah dalil Al Qurโan sekaligus As
Sunnah. Karena merupakan bukti bahwa surat Ibrahim ayat 27 berbicara
tentang adzab kubur dan Rasulullahshallallahu โalaihi wa sallam sendiri yang menafsirkan demikian.
Dalil 7
ุนููู ุงุจููู ุนูุจููุงุณู ููุงูู ู
ูุฑูู
ุงููููุจูููู โ ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู
โ ุจูุญูุงุฆูุทู ู
ููู ุญููุทูุงูู ุงููู
ูุฏููููุฉู
ุฃููู ู
ููููุฉู ุ ููุณูู
ูุนู ุตูููุชู ุฅูููุณูุงูููููู ููุนูุฐููุจูุงูู ููู
ููุจููุฑูููู
ูุง ุ ููููุงูู ุงููููุจูููู โ ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู
โ ยซ ููุนูุฐููุจูุงูู ุ
ููู
ูุง ููุนูุฐููุจูุงูู ููู ููุจููุฑู ยป ุ ุซูู
ูู ููุงูู ยซ ุจูููู ุ ููุงูู
ุฃูุญูุฏูููู
ูุง ูุงู ููุณูุชูุชูุฑู ู
ููู ุจููููููู ุ ููููุงูู ุงูุขุฎูุฑู ููู
ูุดูู
ุจูุงููููู
ููู
ูุฉู ยป
โDari Ibnu โAbbas, ia berkata: Nabi shallallaahu โalaihi wa sallam pernah keluar dari sebagian pekuburan di Madinah atau Makkah. Lalu beliau mendengar suara dua orang manusia yang sedang diadzab di kuburnya. Beliau bersabda, โKeduanya sedang diadzab. Tidaklah keduanya diadzab karena dosa besar (menurut mereka bedua)โ, lalu Nabi bersabda: โPadahal itu merupakan dosa besar. Salah satu di antara keduanya diadzab karena tidak membersihkankan bekas kencingnya, dan yang lain karena selalu melakukan namiimah (adu domba)โ (HR. Bukhari 6055, Muslim 703)
Dan masih banyak lagi dalil dari
hadits-hadits yang shahih mengenai adzab kubur, artikel ini tentu bisa
berpuluh-puluh halaman jika kami bawakan semua.
IJMA SAHABAT
Dalil 8
Utsman bin Affan Radhiallahuโanhu berkata:
ุณู
ุนุช ุฑุณูู ุงููู ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู
ูููู :
ยซ ุฅู ุงููุจุฑ ุฃูู ู
ูุงุฒู ุงูุขุฎุฑุฉ ูู
ู ูุฌุง ู
ูู ูู
ุง ุจุนุฏู ุฃูุณุฑ ู
ูู ุ ูู
ู ูู
ููุฌ
ู
ูู ูู
ุง ุจุนุฏู ุฃุดุฏ ู
ูู ยป ูุงู : ููุงู ุนุซู
ุงู ุฑุถู ุงููู ุนูู : ู
ุง ุฑุฃูุช ู
ูุธุฑุง ูุท
ุฅูุง ูุงููุจุฑ ุฃูุธุน ู
ูู
โAku mendengar Rasulullah shallallahu โalaihi wa sallam bersabda, โAlam kubur adalah awal perjalanan akhirat, barang siapa yang berhasil di alam kubur, maka setelahnya lebih mudah. Barang siapa yang tidak berhasil, maka setelahnya lebih beratโ
Utsman Radhiallahuโanhu berkata, โAku tidak pernah memandang sesuatu yang lebih mengerikan dari kuburanโโ (HR. Tirmidzi 2308, ia berkata: โHasan Gharibโ, dihasankan oleh Ibnu Hajar dalam Futuhat Rabbaniyyah, 4/192)
Juga sebagaimana telah lewat, โAisyah, Ibnu Abbas, Zaid bin Tsabit, Saโid Al Khudriy, Jabir bin Abdillah radhiallahum jamiiโan, mereka semua mengimani adanya adzab kubur. Imam Abul Hasan Ali bin Ismaโil Al Asyโari -rahimahullah- berkata:
ูุฃููุฑูุง ุดูุงุนุฉ ุฑุณูู ุงููู ุตูู ุงููู ุนููู
ูุณูู
ููู
ุฐูุจูู ูุฏูุนูุง ุงูุฑูุงูุงุช ูู ุฐูู ุนู ุงูุณูู ุงูู
ุชูุฏู
ูู ูุฌุญุฏูุง ุนุฐุงุจ
ุงููุจุฑ ูุฃู ุงูููุงุฑ ูู ูุจูุฑูู
ูุนุฐุจูู ููุฏ ุฃุฌู
ุน ุนูู ุฐูู ุงูุตุญุงุจุฉ ูุงูุชุงุจุนูู ุฑุถู
ุงููู ุนููู
ุฃุฌู
ุนูู
โPara ahlul bidโah (yaitu muโtazilah dan qadariyah), mengingkari syafaโat Rasulullah shallallahu โalaihi wa sallam terhadap orang-orang yang memiliki dosa. Mereka menolak riwayat-riwayat dari generasi salaf terdahulu. Mereka juga menolak kebenaran akan adanya adzab kubur dan bahwa orang kafir diadzab di dalam kubur mereka. Padahal para sahabat dan tabiโin radhiallahuโanhum ajmaโiin telah bersepakat tentang hal ini.โ (Al Ibanah, 4)
Wassalam.
0 komentar:
Post a Comment
Terima Kasih Telah Berkunjung di khazanahislamku.blogspot.com
Berikan Komentar dengan Penuh ETIKA untuk kita Diskusikan bersama